Halaman Depan / Pertanian / 5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Tinggi Nilai Ekonomisnya

5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Tinggi Nilai Ekonomisnya

Jenis tanaman hidroponik – Tingginya harga kebutuhan makanan pokok seperti buah – buahan dan sayuran tentunya merupakan peluang bisnis yang dapat memberikan dampak positif bagi seluruh usaha pada bidang pertanian. Dengan menghasilkan hasil panen yang mempunyai nilai jual yang tinggi maka akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Untuk mendapatkan hasil panen dengan cepat dan jumlah yang banyak dalam menghasilkan tanaman buah berkualitas, Anda dapat menggunakan teknik hidroponik.

Peluang usaha hidroponik ini sangat menjanjikan. Hasil panen dengan menggunakan teknik hidroponik dapat menghasilkan buah dengan kualias terbaik dan jumlahnya juga banyak. Apalagi jika Anda melakukan budidaya hidroponik dengan menggunakan jenis  tanaman hidroponik yang mempunyai harga jual tinggi. Tentunya keuntungan usaha tanaman hidroponik yang didapatkan pun bisa menambah pundi – pundi rupiah pada kantung Anda. Kisah sukses peluang usaha hidroponik bisa Anda baca pada artikel kami berikut ini, baca di sini

Berikut beberapa jenis tanaman hidroponik yang perlu Anda ketahui baik itu tanamana sayur ataupun tanaman buah yang mempunyai nilai jual tinggi dan cepat dalam proses pertumbuhan dan pemanenannya.

Tanaman Selada

Jenis tanaman hidroponik sayuran ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Penyebarannya juga telah tersebar luas ke seluruh pelosok negeri. Sayuran selada ini tersebar pada luas lahan sekitar 300.000 hektar dengan hasil produksi yang dihasilkan sekitar 3 juta ton ditiap tahunnya. Sayuran selada banyak digunakan oleh para konsumen sebagai sayuran lalapan untuk aneka masakan atau makanan nusantara. Misalnya saja seperti menu ayam goreng, menu pecel lele dan lain sebagainya.

Dengan tingginya permintaan akan jenis tanaman hidroponik ini maka dapat dikatakan menanam selada adalah bisnis usaha tanaman hidroponik yang sangat menggiurkan. Harga selada jika Anda budidayakan dengan menggunakan hidroponik tentunya akan berbeda jika Anda menanamnya dengan cara konvensional. Selain itu dengan mengkonsumsi selada secara rutin maka tentu saja banyak manfaat positif yang bisa didapatkan bagi kesehatan tubuh Anda.

Jenis Tanaman Hidroponik Seledri

Sayuran yang satu ini dapat Anda budidayakan dengan sistem hidroponik dan caranya pun sangatlah mudah. Dengan menggunakan sisitem yang paling sederhana seperti sistem sumbu atau wick system maka Anda sudah dapat memulai bisnis menanam selada dengan hidroponik. Tidak hanya dengan menggunakan sistem sumbu saja, jenis tanaman hidroponik ini juga bisa Anda tanam dengan sistem hidroponik lainnya seperti sistem rakit apung atau water culture. Dengan menggunakan sistem rakit apung tentunya skala bisnis yang Anda bidik bukan lagi skala rumahan melainkan skala industri.

jenis tanaman hidroponik
Tanaman seledri dengan budidaya hidroponik

Dengan menanam memakai sistem hidroponik, seledri mempunyai harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan menanam hidroponik secara konvensional.  Tentunya itu adalah suatu peluang usaha hidroponik yang sangat menjanjikan bukan?.  Selain itu dengan mengkonsumsi seledri secara teratur maka ada manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh Anda.

Terong Jepang

Jenis tanaman hidroponik yang satu ini mempunyai bentuk yang bervarisai. Mulai dari bentuknya yang panjang, bulat dan ada juga yang berbentuk pendek. Terong jepang merupakan jenis sayuran yang berasal dari negeri Jepang. Tanaman sayuran ini sering dijadikan sebagai bahan untuk pendamping tempura ataupun digunakan sebagai campuran salad. Jenis tanaman hdiroponik ini mengandung banyak senyawa antioksidan dan kandungan vitamin B yang tinggi. Jika Anda rajin mengkonsumsi terong jepang maka kandungan serat yang ada di dalamnya mengandung zat yang dapat mencegah terjadinya kanker usus. Permintaan akan jenis tanaman hidroponik ini semakin hari semakin meningkat sehingga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai sumber penghasilan.

Tanaman Strawberry

Jenis tanaman hidroponik lainnya adalah strawberry. Buah ini sangat terkenal di seluruh belahan dunia. Anda akan sangat mudah menjumpai tanaman ini pada daerah dataran tinggi dan bersuhu dingin seperti di daerah pegungungan. Saat ini buah strawberry banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jenis makanan seperti produk minuman, produk selai dan aneka produk pemanis. Penggunaan buah strawberry yang bisa untuk beraneka jenis bahan olahan ini membuat jenis tanaman hidroponik yang satu ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Anda bisa membudidayakan tanaman strawberry ini dengan menggunakan teknik hidroponik. Sudah banyak perkebunan – perkebunan yang beralih untuk menanam strawberry dengan sistem hidroponik dibandingkan dengan cara konvensional. Untuk jenis tanaman hidroponik ini Anda bisa menggunakan sistem tetes sebagai cara penanamannya. Sistem tetes  pada hidroponik lebih mudah penggunaanya dan praktis dalam perawatannya.

Tanaman Semangka

Buah ini dikenal akan manfaat yang sangat baik bagi tubuh Anda. Mengkonsumsi semangka secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan dan menjaga metabolisme tubuh. Kandungan airnya yang tinggi dapat digunakan sebagai pelepas dahaga di saat cuaca sedang panas. Tanaman semangka adalah salah sau jenis tanaman hidroponik yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

jenis tanaman hidroponik
Tanaman semangka dengan sistem hidroponik

Dalam melakukan budidaya hidroponik untuk tanaman semangka Anda dapat menggunakan sistem hidroponik. Untuk lebih jelasnya tentang budidaya semangka menggunakan hidroponik, Anda bisa membacanya pada artikel kami berikut ini, klik di sini.

sumber gambar: hmongscreen, labstatunews, kaieteurnewsonline

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman kacang merah

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menanam Tanaman Kacang Merah

Tanaman kacang merah adalah salah satu tanaman yang sangat terkenal di Indonesia. Kacang merah termasuk …

5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Tinggi Nilai Ekonomisnya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =


5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Tinggi Nilai Ekonomisnya