Halaman Depan / Perikanan / 5 Cara Tepat Dan Aman Dalam Mengolah Ikan Beku

5 Cara Tepat Dan Aman Dalam Mengolah Ikan Beku

Ikan beku – Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan pastilah tidak terlepas dari bahan makanan yang dibekukan. Ditambah lagi dengan gaya hidup masyarakat kota atau masyarakat urban yang lebih banyak menghabiskan waktunya berbelanja di supermarket ketimbang berbelanja ke pasar – pasar tradisional. Terlebih Anda yang masih hidup sendiri pastilah bahan – bahan makanan beku di rumah dirasa lebih praktis dan lebih menghemat waktu dalam penyajian. 

Salah satu jenis makanan yang sering Anda jumpai dalam bentuk beku adalah ikan. Lalu bagaimana cara mengolah ikan beku agar tetap segar setelah di olah? Anda tidak perlu risau, jika ikan dibekukan dengan menggunakan teknik yang tepat maka ikan akan memiliki ketahanan yang lama jika dimasukkan ke dalam freezer. Kesegaran, rasa dan teksturnya tidaklah jauh berbeda dengan ketika pertama kali Anda membeli ikan segar. Ikan beku dapat Anda masak tanpa terlebih dahulu dicairkan. Ada beberapa teknik atau cara yang perlu Anda pahami sebelum menggoreng atau memanggang ikan .

Adapun teknik yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:

Pindahkan Ikan Beku Dari Freezer Ke Chiller

Simpanlah ikan beku ke dalam chiller atau ke bagian bawah freezer selama semalam jika Anda ingin mengolah ikan keesokan harinya. Dengan Anda menyimpan ikan beku pada chiller maka ikan akan mencair secara perlahan – lahan dan ikan akan tetap terjaga dalam suhu yang stabil sehingga rasa dan tekstur ikan akan terjaga dengan baik.

Mencairkan Dengan Menggunakan Air Mengalir

Untuk mencairkan ikan beku Anda bisa mengaliri ikan di bawah air dingin yang mengalir. Usahakan aliran air stabil dan tidak terlalu deras. Hal ini akan membuat ikan beku cepat mencair. Untuk mengetahui apakah ikan sudah mencair maka Anda bisa menekan – nekan tubuh ikan dengan jari. Pastikan bagian dalam ikan juga sudah mencair sepenuhnya.

ikan beku
Menggunakan air mengalir

Alternatif lainnya adalah Anda bisa memasukkan ikan ke dalam kantong plastik rapat. Lalu letakkanlah ikan ke dalam panci air dingin dan biarkan ikan tetap dalam kondisi terendam di dalam air dingin selama satu jam. Usahakan untuk menghindari penggunaan air panas dalam mencairan ikan beku. Memang penggunaan air panas dapat mencairkan dengan cepat akan tetapi proses mencair tidak akan merata dan akan merusak bagian luar ikan. Bagian luar ikan yang tersiram air panas akan sangat mudah terkontaminasi bakteri sebelum bagian di dalam ikan telah selesai mencair.

Menggunakan Microwafe

Menggunakan microwafe sebagai alat untuk membantu mencairkan ikan beku sangat dianjurkan jika setelah mencairkan Anda segera mengolah ikan tersebut. Anda perlu memperhatikan dan sering mengecek ketika mencairkan ikan beku di dalam microwafe. Hal ini dilakukan agar tekstur ikan dan rasa ikan tidak berubah. Jika disaat melakukan pengecekan tekstur ikan sudah terasa lunak namun masih dalam kondisi dingin maka pencairan harus segera Anda hentikan.

ikan beku
Mencairkan ikan dalam microwafe

Mengukus Ikan 

Jika Anda tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mencairkan ikan beku dengan metode – metode sebelumnya maka Anda bisa melakukan dengan mengukus ikan tersebut. Kukus ikan dengan menambahkan 5 cm air kaldu dan kukus ikan secara perlahan – lahan. Keuntungan dari metode kukus ini adalah daging dan rasa ikan tidak akan mengalami perubahan yang signifikan. Ikan akan menjadi lezat dan sehat dengan kualitas daging ikan yang lembut.

Memanggang Ikan

Ikan beku dapat diolah langsung dengan cara dipanggang. Dimana sebelum dipanggang Anda sudah mengolesi ikan dengan minyak zaitun dan kemudian diletakkan pada pemanggang dengan permukaan yang datar. Pangganglah ikan sampai kondisi dagingnya mudah lepas dan warna tidak lagi keruh. Anda bisa menggunakan alumunium foil dengan sebelumnya mengoleskan minyak dan ditambahi bumbu – bumbu kesukaan Anda untuk menambah cita rasa dari ikan beku. Bungkuslah ikan dengan menggunakan alumunium foil dan panggang ikan menggunakan pemanggang datar yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Ikan matang ditandai dengan adanya asap yang keluar dari dalam bungkusan alumunium foil. Soal rasa jangan diragukan lagi terlebih Anda sudah menambahkan bumbu rahasia favorit Anda.  

Yang perlu Anda ingat, hindari melakukan untuk menyimpan kembali ikan ke dalam freezer setelah di cairkan. Karena selain tekstur dagingnya yang telah rusak, hal ini juga dari segi keamanan pangan sangat berbahaya. Alasannya karena mikroorganisme dan bakteri telah berkembang biak pesat pada ikan yang telah dicairkan dan besar kemungkinannya dapat terjadi keracunan makanan atau alergi bagi yang menyantap hasil olahannya.

Tips terakhir cara mencairkan ikan beku adalah jangan mencoba untuk menekuk ikan pada saat proses pencairan, karena hal itu bisa menjadikan ikan mudah terputus dan tidak utuh. Kesalahan kecil saja dalam mengolah ikan beku dapat mempengaruhi kualitas dari ikan yang Anda beli.  

Demikian ragam berbagai cara yang bisa kami berikan dalam mengolah ikan beku. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika Anda sedang mencari alternatif peluang usaha olahan ikan laut, Anda bisa membacanya pada artikel kami berikut ini, klik di sini.

Kisah sukses yang bisa memberikan inspirasi tentang seorang pengusaha yang berhasil terjun dalam bisnis olahan dari ikan bisa Anda baca di sini

sumber gambar: novagrid, wikihow

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

ternak ikan cupang

Usaha Sampingan Ternak Ikan Cupang Yang Menguntungkan

Ternak ikan cupang – Ikan cupang? Siapa sih yang tidak mengenal ikan hias satu ini? …

5 Cara Tepat Dan Aman Dalam Mengolah Ikan Beku


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Cara Tepat Dan Aman Dalam Mengolah Ikan Beku