Halaman Depan / Perkebunan / Cara Menanam Jeruk Lebih Mudah dengan 3 Cara Ini

Cara Menanam Jeruk Lebih Mudah dengan 3 Cara Ini

Kita ketahui bersama bahwa Indonesia adalah negara yang beriklim tropis, dengan tingkat kesuburan yang sangat tinggi, dibading negara-negara yang lain. Berbagai potensi alam tersedia berlimpah ruah, terutama di bidang pertanian, perikanan, kehutanan dan kelautan.

Keaneka ragaman hayati yang begitu luar bisa ini, seharusnya menjadikan Indonesia sebagai negara Adijaya yang mampu menguasai pasar dunia di sektor agribisnis. Akan tetapi kenyataanya sektor agribisnis belum mampu digarap secara optimal. 

Pentingnya teknologi dan informasi sangat dibutuhkan bagi para pelaku agribisnis, agar produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan produk impor, terutama buah impor.

gambar cara menanam jeruk image
gambar cara menanam jeruk

Dalam kesempatan ini kami akan memberikan 2 tips jitu cara menanam buah jeruk untuk Anda. Cara menanam jeruk ini adalah langkah dasar yang wajib dilakukan dalam budidaya jeruk.

Selain itu untuk Anda yang ingin mengetahui cara menanam jeruk dan berniat untuk menjadikannya sebagai usaha baru, maka pokok-pokok penting ini harus Anda benar-benar pahami. Berikut ini rangkuman tahapan cara menanam jeruk :

Penentuan lokasi budidaya jeruk

Jika lokasi budidaya Anda kurang tepat, maka perkembangan tanaman jeruk Anda akan kurang optimal. Sebagai contoh, Tanaman jeruk yang ditanam pada lahan dengan kecepatan angin melebihi 50 %, maka justru akan membuat bunga bakal buah rontok dan gagal panen.

Cara menanam jeruk juga harus menimbang faktor curah hujan di lokasi Anda menanam. Meskipun setiap varietas membutuhkan curah hujan yang berbeda-beda, tetapi yang menjadi patokan dasar yaitu berkisar diantara 5 hingga 9 bulan musim penghujan agar kebutuhan tanaman akan pasokan air terpenuhi dengan baik.

Seperti halnya cara menanam pepaya California, Anda harus memilih lahan yang tidak tertutupi oleh pepohonan yaang dapat menghalangi masuknya sinar matahari menuju tanaman jeruk. Cara menanam jeruk akan lebih sempurna jika Anda menanamnya di lahan bekas sawah maupun tegalan yang tidak ternaungi pohon besar apapun.

Sementara untuk media tanam yang baik dalam budidaya jeruk adalah pada jenis tanah latosol atau andosol, yaitu tanah lempung berpasir yang kaya akan kandungan humus. Jika tanah tersebut bersifat terlalu asam, sebaiknya lakukan pemberian kapur dolomite untuk menetralkan  PH tanah. PH tanah yang baik berkisar antara 5 hingga 6 untuk mencapai hasil yang bagus.

Faktor ketinggian lahan sebagai lokasi budidaya. Beberapa varietas dari jeruk yang berbeda, menghendaki ketinggian lahan yang berbeda pula. Pada budidaya jeruk nipis misalnya, menghendaki ketinggian tanah antara 700 hingga 1.200. Sementara untuk jeruk Besar yang ada di daerah Madiun dan Bali justru optimal ditanam pada kisaran ketinggian 1 sampai 700 meter diatas permukaan laut.

Penentuan bibit jeruk

Beberapa ciri bibit jeruk yang baik jika Anda membeli bibit dipenjual bibit tanaman, sebagai berikut :

  • Bibit jeruk harus benar-benar terbebas dari penyakit maupun hama tanaman
  • Bibit jeruk sebisa mungkin memiliki tingkat kemiripan hingga 95% dengan induknya
  • Memiliki serabut akar yang banyak, sedangkan akar tunggang berukuran sedang
  • Memiliki pertumbuahan yang subur, dengan daun lebat, batang kuat dan tidak goyan saat diangkat. 
  • Akan lebih bagus jika Anda mendapatkan bibit jeruk yang mempunyai sertifikasi dari penangkaran bibit.

Disamping menentukan bibit jeruk unggulan, memilih varietas jeruk yang sesuai dengan permintaan pasar juga penting dilakukan. Pilihlah varietas jeruk yang memiliki harga jual stabil dan banyak diminati oleh konsumen. Salah satunya adalah jeruk manis dan jeruk limau.

Cara menanam Jeruk

Setelah bibit unggulan diperoleh, langkah berikutnya yang Anda lakukan adalah cara menanam jeruk, sebagai berikut :

  • Lakukan penanaman bibit jeruk diawal musim penghujan (Oktober-desember)
  • Buat lubang tanam dengan ukuran ideal (30×30 cm)
  • Gunakan jarak tanam 5×5 m
  • Sebelum bibit ditanaman tambahkan pupuk kandang hingga 1/4 lumbang tanam, tambahkan pula pupuk NPK +- segenggam tangan, aduk dengan pupuk kandang yang telah dicampur tanah
  • Cara menanam jeruk dengan cara masukan bibit kedalam lubang tanam, dengan posisi tegak berdiri.
  • Kemudian urug dengan tanah dan berikan tekanan pada setiap sudut hingga bibit tidak goyang.
  • Lakukan penyiraman jika kondisi tanah kering.
  • Selanjutnya Anda lakukan adalah lakukan pengontrolan tanaman secara rutin.

Demikianlah rangkuman penting cara menanam jeruk yang bisa Anda gunakan sebagai pendoman. Sebagai tambahan informasi untuk Anda, Kami berikan sedikit tips cara pembibitan jeruk dari biji (generative) dibawah ini.

 

Cara Pembibibitan Jeruk Dari Biji
Sementara jika Anda hendak menyemai benih jeruk dengan cara generative atau langsung dari biji, lakukanlah cara penyemaian seperti di bawah ini :

cara pembibitan jeruk image
cara pembibitan jeruk
  1. Peras buah jeruk yang teah dipotong untuk diambil bijinya
  2. Diamkan biji jeruk dalam wadah terbuka dan tempatkan di lokasi yang tidak terkena sinar matahari langsung selama 3 hari hingga lendirnya mongering
  3. Sembari menunggu, siapkan area persemaian benih dengan mengolah tanah sedalam 30 cm dan buatlah petakan berukuran 1 m x 1 m .
  4. Tambahkan pupuk kandang untuk menambah kesuburan area persemaian
  5. Tanamlah biji jeruk yang sudah kering tersebut kedalam area persemaian dengan jarak tanam 2 cm, tutup kembali dengan tanah kemudia disiram dengan air secukupnya.
  6. Berikan atap peneduh untuk menghindari benih jeruk dari terpaan sinar matahari langsung.
  7. Setelah benih berusia 3 – 5 bulan, dengan tinggi kurang lebih 20 cm, pindahkan benih jeruk kedalam polibag berukuran 15 x 35 cm yang berisi campuran sekam pasir halus, dan pupuk kandang dengan komposisi 1 : 1 : 1.

Itulah beberapa poin penting tentang cara menanam jeruk yang benar agar mendapatkan hasil panen yang memuaskan. Untuk saling berbagi informasi setelah Anda membaca artikel kami, silahkan berikan komentar atau Atensi Anda pada kolom dibawah ini. Terima kasih kami tunggu..

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman bintaro

Tanaman Bintaro, Tanaman Racun Yang Bermanfaat

Tanaman bintaro digolongkan pada kelompok tanaman peneduh. Tanaman ini bisa digunakan untuk kegiatan penghijauan lingkungan. …

4 komentar

  1. terima kasih atas informasi yang sangat bermutu, praktis namun tidak meninggalkan sisi penting cara menanam dan merawat…salam sukses

  2. Sy mau tanya, kalo biji jeruk itu muncul tumbuhannya berapa lama ya?

Cara Menanam Jeruk Lebih Mudah dengan 3 Cara Ini 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =


Cara Menanam Jeruk Lebih Mudah dengan 3 Cara Ini