Halaman Depan / Peternakan / Inilah 5 Langkah Terbaik Ternak Lovebird Bagi Pemula

Inilah 5 Langkah Terbaik Ternak Lovebird Bagi Pemula

Ternak lovebird sebenarnya susah – susah gampang. Beternak lovebird pada dasarnya dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya adalah faktor cuaca, lingkungan, pakan, suhu, dan perawatan. Potensi bisnis ternak lovebird untuk saat ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan.

ternak lovebird
Ternak Lovebird

Burung lovebird adalah burung yang terkenal dengan keindahan warnanya dan juga kicauannya. Saat ini burung lovebird sangat digemari para pecinta burung hias. Para pecinta burung hias jatuh cinta dengan keanggunan warna – warni dari lovebird dan suara kicauannya yang merdu. Sehingga lovebird sangat cocok untuk dijadikan burung koleksi.

Artikel terkait burung kicau: 10 Hal Penting Dalam Merawat Burung Kenari Yang Wajib Anda Perhatikan

Untuk Anda yang tertarik atau ingin melakukan ternak lovebird, kami dari infoagribisnis.com akan membagikan sedikit tips yang mungkin bisa Anda jadikan panduan untuk ternak lovebird Anda.

Memililih Indukan

Dalam memillih indukan, pilihlah indukan yang sehat. Anakan lovebird akan terpengaruh dari gen bawaan indukannya. Pemilihan indukan adalah langkah awal dalam ternak lovebird. Jika Anda ingin menternakkan lovebird dengan suara merdu dan bagus maka indukan yang Anda pilih tentunya yang memiliki suara merdu pula.Begitu pula jika Anda ingin ternak lovebird dengan warna – warni yang indah, maka calon indukan juga harus mempunyai warna yang indah. Anda juga bisa mengkombinasikan keduanya. Warna yang cantik dan suara yang merdu. Tentunya dengan satu indukan yang terdapat kombinasi keduanya.

ternak lovebird
Indukan Lovebird

Ciri indukan lovebird yang bisa Anda gunakan sebagai indukan adalah sebagai berikut:

  • Usia lovebird sekitar 8 bulan bagi indukan jantan dan 1 tahun bagi indukan betina..
  • Tidak terserang penyakit apapun ( dalam kondisi sehat ).
  • Pergerakannya lincah.
  • Mempunyai bulu lebat.
  • Tidak terdapat cacat apapun pada tubuh indukan lovebird.

Tahap Perjodohan

Tahap perjodohan adalah langkah yang mungkin sedikit sulit. Akan tetapi dengan ketelatenan, Anda pasti dapat menjodohkan burung lovebird kesayangan Anda. Pastikan benar – benar burung lovebird Anda berjodoh sebelum melakukan proses perkawinan dalam satu kandang. Langkah awal menjodohkan lovebird adalah dengan menjajarkan kandang jantan dan kandang betina. Semakin hari dekatkan jarak antar kandang betina dan jantan. Lihat tingkah laku keduanya, jika sudah ada tanda – tanda untuk disatukan maka lovebird berjodoh. Jika yang terjadi adalah sikap cuek, tidak akrab maka burung lovebird tersebut belum berjodoh. Jika tanda – tanda perjodohan sudah didapat maka satukanlah burung pada kandang yang telah Anda siapkan.

Artikel terkai burung: Cara menjodohkan Kacer Bagi Peternak Pemula

Membuat Sangkar Perjodohan / Kandang ternak

Sangkar ternak lovebird umumya terbuat dari bahan kawat. Kawat bisa Anda cat dengan warna kesayangan Anda. Fungsi cat adalah menghindarkan burung dari racun logam dan karat. Sangkar ternak bisa Anda buat dengan ukuran 50 x 100 x 50. Ukuran ini adalah ukuran untuk satu indukan. Jika Anda ingin beternak dengan jumlah indukan yang banyak, maka Anda bisa membuat kandang yang lebih besar lagi dengan jumlah indukan yang banyak pula.

 Menyediakan Media Bertelur dan Mengeram

Ada yang unik dari lovebird, lovebird membutuhkan media semacam glodok untuk tempat mengerami telurnya. Glodok dapat Anda buat dengan menggunakan media kayu senokeling atau kayu jati. Sebaiknya siapkan serutan kayu – kayu halus di dalam kandang. Karena naluri lovebir untuk membangun sarang untuk bertelur maka kayu halus tersebut akan digunakan oleh indukan lovebird untuk membuat sangkar di dalam glodok.

ternak lovebird
Kandang Lovebird

Lovebird yang dalam kondisi subur akan menghasilkan telur lebih dari 3 butir. Akan tetapi kebanyakan lovebird bertelur tak lebih dari 3 butir. Proses pengeraman biasanya memakan waktu sekitar 21 – 25 hari. Jika telur telah menetas maka lovebird membutuhkan waktu seharian untuk memastikan telur benar – benar menetas dan anak keluar dari cangkang telurnya. Pada proses pengeraman pisahkan indukan jantan agar tidak mengganggu proses pengeraman telur oleh indukan betina. Anda bisa juga  menjodohkan indukan jantan denga betina lainnya yang mungkin telah Anda siapkan. Lakukan tahapan perjodohan sama seperti indukan betina yang pertama.

Artikel terkait lovebird : Peluang bisnis dan analisis usaha lovebird, Baca Di sini…

Untuk indukan betina yang pertama kali bertelur ada kemungkinan telur yang dihasilkan tidak akan menetas. Anda tidak perlu khawatir itu adalah hal yang wajar. Hal ini bisa terjadi dikarenakan usia yang belum mapan, gangguan dari faktor lingkungan, dan faktor pakan. Pecinta burung menyebut hal ini sebagai telur dara. Lovebirbd betina akan memperoduksi telur yang sempurna pada masa bertelur selanjutnya.

Meloloh Pakan Pada Anakan

Meloloh adalah memberi makan anakan lovebird. Memberi makan dilakukan oleh Anda sendiri tanpa bantuan sang induk. Fungsi melolohkan pakan pada anakan nantinya bisa membuat lovebird menjadi jinak. Pisahkanlah anakan dengan indukan pada usia 10 hari – 2 mingguan. Siapkanlah kandang khusus anakan, Anda bisa menggunakan kotak kayu yang telah diberi alas kain dan lampu 5 watt. Fungsinya agar kondisi kandang selalu hangat.

Cara meloloh anakan lovebird sangat mudah dilakukan. Anda bisa memberikan makanan bayi. Seduh makanan bayi menggunakan air hangat. Usahakan jangan terlalu panas dan terlalu dingin. Untuk melolohkan Anda bisa menggunakan jarum suntik dengan ukuran besar. Pada ujung suntikan tancapkan selang dengant tekstur lembut atau elastis. Seperti karet bening.

Berikan pakan pada anakan dengan kisaran waktu 4 jam sekali. Pelolohan Anda lakukan sampai anakan bisa makan dengan sendirinya dan tidak tergantung lagi dengan Anda.Tips dari kami, jika Anakan sudah berumur muda sebaiknya Anda sering – sering untuk memperhatikan anakan lovebird dengan mengajak bermain diluar kandang sambil mengajarkan terbang. Hal ini akan membuat lovebird Anda menjadi jinak.

Rawat lovebird Anda sampai dewasa, memiliki suara gacor dan menjadi juara pada lomba burung. Anda pasti akan merasa sangat bangga karena lovebird tersebut hasil dari breeding Anda senidiri.

Beternak burung kicauan: Cara Beternak Murai Batu Sederhana

 

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

peluang usaha ternak kambing

6 Peluang Usaha Ternak Kambing Ini Bisa Anda Jadikan Bisnis Usaha

Ternak kambing merupakan salah satu peluang bisnis yang hingga saat ini masih sangat diminati banyak …

Inilah 5 Langkah Terbaik Ternak Lovebird Bagi Pemula


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inilah 5 Langkah Terbaik Ternak Lovebird Bagi Pemula