Halaman Depan / Pertanian / Ini Dia Manfaat Buah Ceri, Sebagai Terapi Tidur Alami

Ini Dia Manfaat Buah Ceri, Sebagai Terapi Tidur Alami

gambar manfaat buah ceri image
gambar manfaat buah ceri

Topik khasiat buah kali ini, yaitu manfaat buah ceri. Buah Ceri adalah salah satu buah mungil yang memiliki rasa dengan perpaduan manis dan asam. Buah ini tentu sering Anda jumpai sebagai penghias makanan, salah satunya kue tart, bronis, es krim,maupun kue ulang tahun.

Jika berbicara buah maka tak lepas dari pohonnya. Pohon ceri (Prunus avium) adala tanaman yang banyak tumbuh di dataran Eropa, menyebar hingga wilayah timur tengah. Manfaat buah ceri salah satunya merupakan buah eksport dunia. Dimana penghasil eksport buah ceri terbesar adalah Negara Amerika Serikat.

Buah ceri memiliki ciri – ciri umum yaitu berukuran kecil, berdiameter kurang lebih 2 cm, memiliki biji yang sangat kecil, berdaging tebal, dan berwarna merah menyala serta terlihat mengkilap pada sisi kulitnya yang tipis. Berikut ini kami akan mengupas lebih jauh manfaat buah ceri, yang didapat dari berbagai narasumber.

Inilah 8 manfaat buah ceri bagi kesehatan

  1. Mengontrol Asam Urat

Manfaat buah ceri yang pertama adalah mampu mngontrol dan menurunkan kadar asam urat berlebih di dalam tubuh Anda. Kandungan anthocyanin yang terdapat di dalam buah ceri juga dapat berfungsi sebagai anti radang serta anti nyeri yang biasanya dirasakan oleh orang yang kelebihan asam urat.

Bahkan di dalam sebuah penelitian di sebuah Univrsitas terkemuka di California, Amerika Serikat mengungkapkan bahawa mengkonsumsi buah ceri dapat menurunkan asam urat didalam darah hingga 15% hanya dalam waktu semalam.

  1. Mengurangi Nyeri Otot

Manfaat buah ceri selanjutnya adalah mampu memulihkan serta mengurangi nyeri otot. Hal ini dikarenakan didalam setiap buah ceri terdapat kandungan senyawa anti inflamasi yang berfungsi untuk mengurangi nyeri yang terjadi dalam otot Anda.

Jika Anda seorang atlet, cobalah untuk mengkonsumsi jus ceri sebelum Anda melakukan aktivitas olahraga. Ternyata manfaat buah ceri dapat membuat Anda lebih sedikit resiko terkena nyeri otot saat olahraga dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi buah ceri.

  1. Terapi Tidur Alami

Jika Anda kerap mengalami ganguan susah tidur, cobalah untuk mengkonsumsi buah ceri sebelum tidur. Manfaat buah ceri dengan kandungan senyawa melatoninnya mampu membuat otak Anda rileks, memberikan efek mengantuk, serta mengatasi jetlag yang kerap terjadi setelah perjalanan lintas waktu dengan pesawat terbang.

  1. Membantu Meningkatkan Libido

Bagi Anda pasangan suami istri yang merindukan masa – masa bulan madun pada awal pernikahan, cobalah untuk mengkonsumsi buah ceri bersama pasangan Anda setelah makan malam romantis dibelakang rumah yang dipenuhi lilin yang cantik.

gambar manfaat buah ceri image
gambar manfaat buah ceri

Manfaat buah ceri ternyata mampu meningkatkan hormon testosterone pada pria dan hormone estrogen pada wanita dimana kedua hormone tersebut merupakan hormon yang berfungsi untuk meningkatkan gairah Anda dan juga pasangan.

  1. Nutrisi Penting Bagi Kulit

Buah ceri memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, serta vitamin E dosis tinggi sehingga sangat baik untuk menutrisi dan menjaga vitalitas kulit Anda. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Michigan, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa meminum jus ceri setiap hari dapat mengurangi resiko penuaan dini pada kulit.

  1. Antioksidan Alami tubuh

Manfaat buah ceri selanjutnya yang tidak kalah penting bagi tubuh Anda adalah sebagai antioksidan alami untuk menangkal berbagai macam radikal bebas serta zat asing berbahaya yang masuk kedalam tubuh Anda.

Didalam buah ceri terdapat senyawa aktif seperti flavonoid serta polifenol yang diketahui mampu bertugas sebagai zat antosianin di dalam tubuh, dimana fungsi dari zat ini adalah sebagai tameng yang tangguh bagi pertahanan tubuh terhadap radikal bebas berbahaya yang semakin banyak di era melenium ini.

  1. Kaya Kalium

Buah ceri juga diketahui kaya akan mineral penting terutama kalium yang sangat baik bagi nutrisi tulang, persendian, serta menjaga jantung Anda agar dapat bekerja optimal. Dengan demikian, manfaat buah ceri dapat menjaga tulang Anda dari kekurangan kalium sehingga terbebas dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Kalium di dalam tubuh selain berfungsi sebagai nutrisi tulang dan persendian, ia juga dapat berperan untuk mencegah penyumbatan darah yang kerap terjadi akibat lemak jenuh di dalam darah. Mencegah penyumbatan aliran darah berarti sama saja dengan menjaga kerja organ jantung Anda agar tetap optimal dan terbebas dari gangguan penyakit jantung yang mematikan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa buah dengan warna merah menyala, adalah salah satu bukti bahwa buah tersebut memiliki kandungan Vitamin A dan juga betakaroten yang cukup tinggi. Vitamin A dan juga betakaroten adalah nutrisi penting bagi kesehatan mata dan juga kulit Anda.

Minumlah jus buah ceri setiap hari untuk mendapatkan manfaat buah ceri agar organ mata Anda terbebas dari berbagai macam gangguan akibat kekurangan vitamin A dan betakaroten. Beberapa penyakit mata yang dapat dicegah dengan manfaat buah ceri adalah katarak, rabun senja, mata minus, hingga glaucoma.

Itulah manfaat buah ceri. Ternyata dibalik bentuknya yang mungil serta rasanya yang asam manis, terdapat khasiat yang begitu besar bagi kesehatan.

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman kacang merah

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menanam Tanaman Kacang Merah

Tanaman kacang merah adalah salah satu tanaman yang sangat terkenal di Indonesia. Kacang merah termasuk …

Ini Dia Manfaat Buah Ceri, Sebagai Terapi Tidur Alami


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 5 =


Ini Dia Manfaat Buah Ceri, Sebagai Terapi Tidur Alami