Halaman Depan / Pertanian / 12 Manfaat Buah Kelapa Dan Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

12 Manfaat Buah Kelapa Dan Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

gambar manfaat buah kelapa image
gambar manfaat buah kelapa

Saat berlibur ke pantai, menikmati semilir angin, sembari minum air kelapa muda, sungguh nikmat sekali. Disamping kesegaran yang didapat, tahukan Anda ternyata manfaat buah kelapa juga sangat banyak bagi kesehatan tubuh Anda?

Manfaat buah kelapa memang sangat banyak bagi tubuh kita. Sebelum mengupas lebih jauh tentang manfaat buah kelapa, berikut akan kami bahas sedikit tentang klasifikasi krabat tanaman kelapa.

Beberapa kerabat buah kelapa dalam klasifikasi ilmu biologi diantaranya adalah pohon aren, pakis haji, dan juga pohon sagu yang banyak terdapat di wilayah timur Indonesia.

Mendapatkan manfaat buah kelapa tidaklah sulit sebab, Negara Indonesia memang Negara tropis, dan banyak pantai, sehingga komoditi buah kelapa pun tersebar hampir di seluruh wilayah Kepulauan Indonesia.

Saking banyaknya manfaat buah kelapa dan semua bagian pohon kelapa bagi manusia, maka tak salah jika Pramuka Indonesia menjadikan “Tunas Kelapa” sebagai maskot atau logo yang mewakili filosofi Pramuka sebagai pribadi yang berguna bagi Nusa dan Bangsa.

Manfaat buah kelapa di dalam dunia kuliner tentu saja sebagai bahan utama membuat santan, yang sangat dibutuhkan untuk membuat aneka masakan berkuah santan, maupun diparut, dan disangrai untuk dijadikan srundeng yang gurih.

A. Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini manfaat buah kelapa untuk kesehatan, yang kami rangkum dari berbagai sumber :

  1. Sebagai Imunitas Tubuh. Manfaat buah kelapa yang memiliki antivirus, anti jamur, dan bakteri sangat baik dikonsumsi untuk sistem imunitas tubuh Anda.
  2. Mencegah Osteoporosis. Kandungan kalsium, dan juga magnesium yang dimiliki buah kelapa adalah mineral, penting yang dibutuhkan tubuh untuk menguatkan tulang, dan menghindari pengeroposan dini.
  3. Obat Herbal untuk Awet Muda. Minyak dari manfaat buah kelapa adalah antioksidan alami, sebagai penangkal radikal bebas sehingga menghambat proses penuaan dini pada Kulit Anda. Rutin mengkonsumsi minyak kelapa dapat membuat Anda semakin awet muda.
  4. Melancarkan Pencernaan. Manfaat buah kelapa sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan Anda dari gangguan susah buang air besar. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang sangat banyak yang dimiliki oleh buah kelapa.
  5. Mengobati Penyakit Wasir dan Sembelit. Jika Anda menderita penyakit Wasir maupun Sembelit itu adalah tanda tubuh Anda kurang serat.Kandungan serat yang banyak terdapat dalam Buah Kelapa sangat baik untuk memenuhi kebutuhan Serat Anda. Jika Serat Tubuh Anda cukup, sudah tentu penyakit Wasir dan Sembelit Anda dapat sembuh dengan sendirinya.
  6. Memperkuat gigi Anda Kandungan kalsium, dan magnesium yang terdapat dalam buah kelapa itulah kenapa dapat . membuat Gigi Anda semakin kuat dan terbebas dari gigi berlubang.

Untuk lebih jelasnya Anda  bisa lihat gambar manfaat buah kelapa, yang diambil minyaknya.

gambar manfaat buah kelapa - minyak kelapa image
gambar manfaat buah kelapa – minyak kelapa

B. Khasiat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Nah air kelapa yang merupakan bagian dari buah kelapa itu sendiri, yang ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Beberapa khasiat air kelapa adalah :

gambar khasiat air kelapa image
gambar khasiat air kelapa
  1. Kandungan Mineral yang terdapat dalam Air Kelapa diantaranya Natrium, Kalsium, Besi, Magnesium, dan juga Kalium sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti Kolera, Cacar, Gangguan Usus, Campak, dan beberapa penyakit kulit lainnya.
  2. Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil diantaranya menjaga kesehatan janin di dalam perut sang Ibu, dan mencegah Ibu Hamil dari rasa mual ataupun muntah – muntah disaat masa nyidam.
  3. Air Kelapa dimanfaatkan sebagai bahan dasar Minuman Isotonik, hal ini dikarenakan Air Kelapa memiliki Kandungan Elektrolit yang seimbang.
  4. Sebagai Bahan utama untuk membuat Nata de coco
  5. Air Kelapa juga dapat difungsikan sebagai pengganti infuse jika dalam keadaan darurat seperti di hutan atau ditempat yang jauh dari rumah sakit. Biasanya para tentara sangat paham cara menggunakan air kelapa sebagai pengganti infuse.
  6. Air Kelapa Hijau juga diketahui sebagai terapi untuk penderita Diabetes Mellitus yaitu penyakit yang disebabkan oleh kelebihan kadar gula di dalam tubuh. Kandungan Mineral yang terdapat dalam Air Kelapa sangat baik untuk mengontrol gula di dalam darah Anda.

Selain manfaat buah kelapa untuk kesehatan seperti tersebut diatas, beberapa manfaat dari bagian buah kelapa itu sendiri juga tidak kalah banyak bagi kehidupan manusia dalm kehidupan sehari – hari.

Diantaranya yaitu tempurung, yang membungkus buah kelapa. Sangat berguna dalam kehidupan manusia diantaranya, sebagai bahan bakar pengganti kayu, maupun banyak dimanfaatkan untuk wadah getah karet pada saat menderes pohon karet.

Bagian dari Buah Kelapa yang lain, yaitu sabut kelapa juga banyak dipakai oleh para seniman dan pengrajin kreatif sebagai bahan untuk membuat aneka kerajinan khas dengan bahan dasar sabut dari Buah Kelapa.

Demikianlah beberapa manfaat buah kelapa yang sangat banyak bagi kesehatan dan kehidupan sehari – hari Anda, maka bahagialah Anda jika ternyata kebun Anda banyak ditumbuhi pohon kelapa. Manfaatkan buah kelapa sangat penting untuk kesehatan keluarga.

Sumber gambar : http:/www.purecocco.cz

Baca Artikel lainnya di www.Infoagribisnis.com. Salah satunya Manfaat lidah buaya untuk rambut, wujudkan kemilau mahkota Anda dengan tips-tips meracik lidah buaya.

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman kacang merah

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menanam Tanaman Kacang Merah

Tanaman kacang merah adalah salah satu tanaman yang sangat terkenal di Indonesia. Kacang merah termasuk …

12 Manfaat Buah Kelapa Dan Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + fifteen =


12 Manfaat Buah Kelapa Dan Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh