Halaman Depan / Peternakan / Berikut 5 Langkah Mudah Cara Ternak Parkit Bagi Pemula

Berikut 5 Langkah Mudah Cara Ternak Parkit Bagi Pemula

Cara ternak parkit – Burung parkit adalah salah satu jenis burung yang banyak diternakkan untuk dijadikan hewan peliharaan ataupun untuk dijual kembali. Ciri dari burung kicau ini mempunyai paruh yang bengkok. Keunggulan dari burung parkit kicau ini adalah mempunyai gerak yang lincah, cerdas dan bulunya sangat indah. Jenis burung parkit ini masih termasuk dalam keluarga burung nuri. Di habitat liar, burung parkit biasanya hidup di dalam lubang – lubang pepohonan. Burung parkit hidup dan berkembang di dalam koloni. Burung parkit dikenal suka mengkonsumsi sayuran dan aneka biji – bijian.

cara ternak parkit
Induk parkit-cara ternak parkit

Bagi sebagian orang cara ternak parkit bisa terbilang cukup rumit. Namun ada juga beberapa yang beranggapan bahwa untuk mengelakukan ternak parkit sangatlah mudah. Terlepas dari hal tersebut, beternak burung parkit adalah sebuah peluang usaha yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Ternak parkit terbilang sangat menguntungkan. Burung parkit ini mempunyai kicauan yang terbilang indah serta dilengkapi dengan bulu warna yang sangat bagus.

Untuk mendapatkan warna warni parkit yang menarik, terkadang para peternak melakukan perkawinan silang untuk mendapatkan warna yang terbilang unik dan indah. Anda tertarik untuk melakukan ternak parkit? Sebelum melakukannya, alangkah baiknya jika Anda membaca artikel kami berikut ini. Sehingga nantinya ada benar – benar bisa dalam melakukan cara ternak parkit yang baik dan benar. Berikut tipsnya:

Pemilihan Indukan Parkit

Langkah pertama cara ternak parkit yang harus Anda lakukan adalah pemilihan indukan. Sebagai peternak Anda diharuskan untuk bisa membedakan indukan jantan dan indukan betina. Adapun ciri indukan jantan dan betina adalah sebagai berikut:

Indukan jantan

  • Mempunyai cere ( daerah sekitar paruh ) berwarna biru muda atau biru tua
  • Jika tiba waktu kawin, cere akan terlihat lebih mengkilap
  • Usia ideal indukan jantan yaitu harus lebih dari 5 bulan

Indukan betina

  • Mempunyai ciri cere yang berwarna ungu atau kecoklatan
  • Saat tiba masa kawin, cere akan berwarna putih
  • Usia indukan ideal adalah sekitar lebih dari 5 bulan

Anda bisa menggunakan indukan dengan dua warna bulu yang berbeda antara jantan dan betina. Sehingga anakan yang dihasilkan akan mempunyai warna yang unik.

Membuat Kandang

Cara ternak parkit selanjutnya adalah membuat kandang. Ada beberapa jenis tipe kandang yang dapat Anda gunakan, yaitu kandang untuk parkit sepasang, kandang sedang dan kandang besar. Bagi Anda yang pemula kami sarankan untuk mencobanya dengan kandang sepasang terlebih dahulu. Dengan menggunakan kandang yang sederhana maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan perawatannya.

Memilih Pakan Yang Pas

Pakan parkit yang baik adalah biji – bijian. Di sini Anda dapat menggunakan biji jagung muda dan millet putih. Anda juga dapat memberikan variasi pakan dengan memberikan sayuran hijau seperti tauge dan kangkung. Air minum hendaknya harus Anda sediakan selalu, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Kebutuhan air untuk parkit dapat tercukupi dari sayuran dan buah – buahan yang dikonsumsi oleh parkit.

Untuk meningkatkan daya tetas, kualitas telur dan kualitas piyik yang nantinya akan menetas. Maka kedua indukan dapat Anda berikan asupan gizi tambahan. Terutama nutrisi yang berkaitan dengan aspek reproduksi seperti protein, vitamin E dan vitamin K. Untuk memenuhi nutrisi tersebut Anda dapat menggunakan bird mature. Bird mature adalah suplemen khusus untuk burung tangkaran yang dapat dikonsumsi oleh indukan jantan dan indukan betina.

Tambahkan juga tempat bertelur bagi burung parkit dari serabut kelapa. Jika tidak ada sabut kelapa Anda bisa membuatnya dari dedaunan kering. Parkit akan bertelur kurang lebih 3 bulan setelah proses perkawinan dan dalam waktu 1 bulan Anda sudah bisa menikmati hasilnya.

Merawat Burung Parkit

Cara ternak parkit selanjutnya adalah merawat burung parkit. Perawatan ini sangat penting agar burung parkit dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu perawatan rutin yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kebersihan kandang. Kandang yang kotor atau kurang bersih dapat memudahkan burung parkit menjadi stres dan akan berpengaruh kepada kesehatan burung. Sediakan pakan dan air minum sesuai dengan jumlah indukan yang Anda pelihara.

Tips Agar Burung Parkit Anda Jinak

Dengan cara ternak parkit yang bebenar, Anda bisa menjinakkan parkit tanpa perlu susah payah. Adapun cara menjinakkan burung parkit yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Mandikanlah burung parkit Anda. Mandikan dengan cara mengusap air ke seluruh tubuh parkit dengan menggunakan tangan dan usap secara lembut dan perlahan.
  • Kemudian letakkan parkit yang telah dimandikan pada jari telunjuk Anda
  • Berikan pakan secara langsung pada saat parkit bertengger di jari Anda. Lakukan secara rutin maka lama kelamaan burung parkit Anda akan terbiasa dan menjadi jinak.
cara ternak parkit
Parkit yang telah jinak-cara ternak parkit

Demikian cara ternak parkit dari kami. Semoga bisa membantu Anda dalam melakukan budidaya parkit dan menernakkan  burung kicau yang indah ini. Tips cara merawat burung kicau lainnya dapat Anda baca di sini. Cara merawat burung kenari, klik di sini.

 

 

 

 

 

 


Tentang Wahyu Sumprabowo

Cek Artikel Ini Juga :

pakan ternak lovebird

Berikut Cara Membuat Pakan Ternak Lovebird Sederhana

Milet adalah pakan burung yang sangat digemari oleh burung – burung pemakan biji seperti burung …