Halaman Depan / Peluang Usaha / Peluang Bisnis Yang Menggiurkan Dari Tanaman Kenanga

Peluang Bisnis Yang Menggiurkan Dari Tanaman Kenanga

Tanaman kenanga atau nama latinnya Cananga Odorata adalah sejenis tanaman yang banyak diambil bunganya. Tanaman ini banyak ditanam untuk digunakan sebagai tanaman hias di halaman rumah. Tanaman kenanga dapat tumbuh dengan cepat hingga mencapai ketinggian lebih dari 5 meter pertahunnya. Ciri tanaman ini adalah batangnya lurus dengan kayu keras dan cocok digunakan sebagai peredam suara.

tanaman kenanga
Bibit tanaman bunga kenanga-bukalapak

Daunnya panjang, berkilau dan halus. Bunga yang dihasilkan berwarna hijau kekuningan, menggelantung membentuk seperti bintang laut dan banyak mengandung minyak biang yang wangi. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh atau sebagian. Tanah yang cocok untuk budidaya kenanga adalah tanah yang memiliki kandungan asam, seperti habitat aslinya yaitu di dalam hutan tadah hujan.

Tanaman kenanga merupakan tanaman asli Indonesia. Di Indonesia, bunga tanaman kenanga banyak digunakan untuk berbagai upacara – upacara khusus seperti pada upacara pernikahan. Ada dua jenis kenanga yang terkenal di Indonesia yaitu Cananga Latifolia dan Cananga Odorate.

Perbanyakan Tanaman Kenanga

Dengan Cara Stek

Untuk memperbanyak tanaman kenanga caranya sangatlah sederhana. Cara mudah untuk mendapatkan bibit tanaman kenanga adalah dengan melakukan stek. Pilih cabang yang tidak terlalu tua dan jangan pula terlalu muda. Potonglah cabang tersebut kemudian potong lagi sepanjang kurang lebih 10 cm untuk setiap batang stek. Irislah miring pangkal batang dengan menggunakan alat potong yang tajam. Tujuan pangkal batang diiris miring adalah agar permukaannya lebih luas sehingga diharapkan akan banyak akar yang terbentuk nantinya.

Kurangi daun pada batang yang digunakan. Kemudian tancapkan batang stek ke dalam media tanam. Untuk media tanam Anda dapat menggunakan campuran tanah subur dan pasir. Tancapkan batang stek sedalam 3 – 4 cm. Untuk perawatan lakukan penyiraman di pagi dan sore hari. Jika batang stek sudah mulai tumbuh daun sekitar 10 – 12 helai maka bibit stek sudah siap untuk dipindah tanam.

Dengan Cara Cangkok

Cara selanjutnya untuk memperbanyak tanaman kenanga adalah dengan cara mencangkok. Caranya adalah pilihlah cabang yang sehat kemudian kerat cabang denga melingkar sepanjang 3 cm. setelah tampak bagian kayunya maka segera hilangkan lapisan kambiumnya. Setelah itu tutup bagian yang terluka tersebut dengan menggunakan campuran tanah basah dan pupuk kandang.

Setelah itu balut cangkokan dengan menggunakan sabut kelapa atau plastik transparan. Rawatlah cangkokan selama 1 – 2 bulan. Biasanya pada waktu tersebut akar akan mulai tampak tumbuh dan itu berarti bibit siap untuk dipindah tanamkan. Berdasarkan pengalaman jika Anda melakukan pemisahan bibit cangkokan ketika induknya sedang berbunga lebat maka bibit juga akan cepat untuk berbunga.

Tips Menanam Tanaman Kenanga Dalam Pot

Tanaman kenanga yang telah siap tanam dapat Anda tanam di dalam pot. Berikut caranya:

  • Isilah pot yang akan Anda gunakan dengan arang kayu, pecahan genting dan campuran tanah serta pupuk kandang. Campuran tanah dan pupuk kandang dapat menggunakan perbandingan 2 : 1. Isi pot sebanyak sepertiga bagian dari pot.
  • Kemudian tanam bibit dengan posisi tegak pada bagian tengah pot.
  • Tambahkan media tanam dan sisakan kurang lebih sekitar 5 cm dari permukaan pot.
  • Lakukan penyiraman sampai air keluar dari bagian bawah pot tanaman kenanga.
  • Untuk penguat, Anda dapat menggunakan ajir.
  • Untuk pemupukan susulan, Anda dapat menggunakan pupuk NPK pada umur tiga bulan setelah pindah tanam. Berikan sebanyak setengah sendok teh per potnya. Ulangi kembali pemupukan susulan ini pada saat tanaman berumur enam bulan dan dosisnya Anda naikkan sebanyak satu sendok teh per pot tanaman. Ulangi setiap 2 – 3 bulan sekali.
  • Jika perawatan yang Anda lakukan baik, maka tanaman kenanga dalam pot Anda akan rajin berbunga.

Peluang Bisnis Bunga Kenanga

Sebagai tanaman asli Indonesia, bunga kenanga sangatlah terkenal sebagai bunga yang dapat menghasilkan wewangian alami. Maka sangat tidak mengherankan jika banyak yang mencari bunga kenanga ini. Bunga kenanga segar dapat Anda langsung jual kepada pengepul dengan kisaran harga Rp 5.000 – Rp 7.000 per kilogramnya. Apabila bunga kenanga telah Anda suling menjadi minyak atsiri maka harganya akan melonjak mencapai Rp 500.000 – Rp 800.000 per kilogramnya.

Minyak atsiri dari bunga tanaman kenanga banyak dicari untuk digunakan sebagai bahan baku utama macam – macam jenis parfum, digunakan juga untuk industri kosmetik, farmasi dan sebagai flavor atau aroma pada produk makanan. Sehingga peluang untuk ekspor pun sangatlah terbuka lebar. Hanya dengan menerapkan teknologi yang sederhana dan peralatan penyulingan yang memadai maka Anda dapat menghasilkan pendapatan hingga ratusan juta perbulannya.

Dengan peluang pasar minyak kenanga yang sangat menggiurkan ini maka Anda yang mungkin tadinya hanya menjadikan usaha tanaman kenanga ini sebagai bisnis sampingan dapat ditingkatkan menjadi pengusaha penyulingan minyak bunga kenanga.

tanaman kenanga
Salah satu produk dari minyak kenanga-orami

Hebatnya dari tanaman kenanga ini adalah tidak terlalu membutuhkan perawatan yang intens namun bunganya dapat Anda petik setiap hari. Tanaman kenanga ini mampu berbunga setiap hari tanpa mengenal musim. Selain minyak dari bunga kenanga, ada juga minyak yang bermanfaat lainnya. Yaitu minyak zaitun, baca di sini tentang minyak zaitun. 

sumber gambar: carabimbingan

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

usaha pemancingan

Raih Keuntungan Besar Dari Peluang Usaha Pemancingan

Usaha pemancingan, ya secara umum siapa yang tidak tahu tempat pemancingan. Memancing memang merupakan salah …

Peluang Bisnis Yang Menggiurkan Dari Tanaman Kenanga


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peluang Bisnis Yang Menggiurkan Dari Tanaman Kenanga