Halaman Depan / Pertanian / Tips Mudah Cara Membuat Gula Merah Dari Tanaman Aren

Tips Mudah Cara Membuat Gula Merah Dari Tanaman Aren

Cara membuat gula merah – Gula merah biasanya dibuat dari tanaman aren. Nira yang dihasilkan tanaman aren didapat dari penyadapan tonggol bunga jantan. Jika Anda melakukan penyadapan pada bunga tonggol betina maka nira yang dihasilkan tidak memuaskan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Setiap tongkol bunga jantan dapat Anda sadap selama kurang lebih 3 – 4 bulan sampai tongkolnya habis dan mengering. Budidaya aren lengkap dapat Anda baca pada artikel berikut ini. Klik di sini

cara membuat gula merah
Panen di kebun aren-cara membuat gula merah-cumakita

Nira hasil penyadapan awal pada mulanya akan berjumlah sedikit kemudian perlahan jumlahnya akan meningkat. Kemudian sampai pada pertengahan masa sadap nira yang dihasilkan akan stabil dan akhirnya jumlahnya akan kembali seperti semula. Jika pertumbuhan tanaman aren pertumbuhannya baik maka akan tumbuh beberapa tongkol bunga jantan dan bunga betina. Pohon dengan pertumbuhan maksimal tersebut sangat menguntungkan karena pada satu pohon dapat dilakukan penyadapan beberapa tongkol bunga jantan setiap harinya. Sebanyak 4 – 5 liter nira dapat dihasilkan dari satu tongkol bunga jantan.  

Adapun langkah – langkah dalam penyadapan nira adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pembersihan tandan. Langkah ini dapat Anda lakukan jika kulit bunga jantan belum pecah. Caranya adalah dengan membersihkan ijuk yang ada disekitaran tandan dan sekaligus membuang dua pelepah daun yang berada di atas dan di bawah bunga tandan. Tujuan dari pembersihan ini adalah agar Anda lebih mudah dalam melakukan penyadapan.
  • Setelah tandan bersih, kemudian ayun – ayunkan tandan dan pukul – pukul secara berlahan agar nira keluar melalui pembuluh kapiler. Pemukulan dilakukan dengan kayu secara ringan dan jangan sampai tandan terluka. Proses pengayunan dan pemukulan tersebut dapat Anda lakukan secara berulang – ulang selama kurang lebih tiga minggu dengan rentang waktu dua hari.

Untuk mengetahui apakah bunga jantan yang diberi perlakuan tersebut telah mengeluarkan nira atau belum maka Anda bisa melukai tandan dan kemudian bisa diayun kembali agar nira bisa keluar. Jika torehan telah mengeluarkan nira maka tanaman aren sudah siap disadap.

Cara penyadapan adalah dengan memotong tandan bunga tepat di torehan dengan menggunakan parang atau sabit. Setelah tandan dipotong maka letakkan sebuah bambu khusus yang dibuat untuk menampung nira yang menetes di bawah tandan yang di potong. Agar kondisi bambu kuat, maka ikatlah bambu dengan pangkal tandan dengan kuat.

Penyadapan nira untuk cara membuat gula merah dapat dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada waktu pagi dan sore hari. Nira yang telah Anda panen sejak sore dapat diambil pada pagi hari berikutnya. Setiap pergantian bambu maka tandan tempat keluar nira harus Anda iris agar saluran atau pembuluh kapiler kembali terbuka. Sehingga nira dapat kembali keluar dengan lancar.

Cara Membuat Gula Merah Dari Aren

Gula merah adalah pemanis yang paling sering dan banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Gula merah ini sering juga disebut dengan gula jawa. Gula jawa ini adalah gula yang terbuat dari pohon aren dan mempunyai cita rasa yang khas. Warna gula jawa ini cokelat kehitaman dan rasanya seperti setengah kelapa dan setengah gula.

Jenis gula merah ini banyak digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kecap manis, dodol, sebagai pemanis minuman dan aneka kue – kue. Untuk cara membuat gula merah dari aren adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama dalam cara membuat gula merah adalah mempersiapkan nira yang telah Anda panen. Kemudan saring nira dan selanjutnya masukkan ke dalam panci atau wajan.
  • Masaklah nira dengan menggunakan suhu yang konstan dan stabil. Untuk idealnya Anda bisa menggunakan bahan bakar berupa kayu. Menggunakan kayu sebagai bahan bakar dapat memberikan cita rasa yang khas pada gula merah.
  • Cara membuat gula merah selanjutnya adalah memperhatikan waktu pemasakan. Lama waktu pemasakan tergantung pada seberapa banyak nira yang Anda masak. Jika telah memasuki waktu 15 menit sebelum gula masak, maka berikan tambahan 100 cc santan yang dicampur dengan satu sendok makan minyak goreng. Penambahan ini bertujuan agar proses pengentalan gula menjadi lebih cepat.
  • Aduklah gula merah cair sebelum terjadi pengentalan. Pengadukan pada cara membuat gula merah harus Anda lakukan dengan cepat dan arahnya memutar. Jika gula telah mengental dan warnanya telah berubah menjadi kemerahan maka langkah selanjutnya dalam cara membuat gula merah adalah menuangkan ke dalam cetakan. Waktu yang dibutuhkan agar gula merah dapat menjadi padat adalah sekitar 10 menit.
  • Untuk cetakan, Anda dapat menggunakan bambu ataupun baskom dengan ukuran kecil. Akan tetapi jika Anda ingin lebih praktis, maka dapat menggunakan mesin pencetak gula merah.
  • Setelah gula merah mengeras maka segera keluarkan dari cetakan. Kemudian tempelkan pada gula yang ada ada pada cetakan lainnya agar bentuk yang didapat identik atau sama antara gula yang satu dengan gula lainnya.
  • Agar selama proses penyimpanan gula tidak lengket antara satu dengan lainnya maka diantara gula merah dapat Anda berikan alas berupa daun pisan yang telah tua atau mengering.
cara membuat gula merah
Gula merah dari aren-cara membuat gula merah-makananseru

Demikian cara membuat gula merah mulai dari proses pemanenan nira sampai proses pencetakkan gula. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba terjun ke dalam bisnis gula merah. Terima kasih.

sumber gambar: jualgulamerah

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

Tips Mudah Cara Membuat Gula Merah Dari Tanaman Aren


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Mudah Cara Membuat Gula Merah Dari Tanaman Aren