Halaman Depan / Pertanian / Budidaya Kembang Kol Lengkap Bagi Pemula – Baca Di Sini

Budidaya Kembang Kol Lengkap Bagi Pemula – Baca Di Sini

Budidaya kembang kol – Kembang kol adalah salah satu jenis sayuran yang termasuk dalam famili Brassicaceae atau jenis kol dengan bunga putih kecil. Di Indonesia sendiri tanaman ini biasa disebut dengan kubis bunga atau blum kol. Tanaman kembang kol ini berasal dari kawasan Mediterania yang mempunyai iklim subtropis dan telah banyak dikembangkan oleh seorang ahli benih yang berasal dari Amerika di tahun 1866. Tanaman sayuran ini masuk ke Indonesia sekitar abad 19 yang dibawa oleh pedagang atau orang – orang dari India.

budidaya kembang kol
Menanam kembang kol di lahan-budidaya kembang kol-homeguide

Untuk melakukan budidaya kembang kol, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan lokasi. Pada awalnya tanaman ini hanya mampu hidup pada daerah yang mempunyai temperatur minimal 180 derajat celcius dan maksimum 240 derajat celcius. Kelembaban optimum antara 80 – 90%. Akan tetapi saat ini telah ditemukan jenis kultivar baru yang dapat hidup terhadap temperatur tinggi dan dataran rendah serta dataran menengah.

Budidaya bunga kol akan menghasilkan lebih maksimal jika ditanam pada tanah lempung. Akan tetapi tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang berpasir atau liat berpasir. Usahakan tanah untuk menanam harus subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik. Jika bahan organik atau unsur hara mikro pada tanah kurang maka dapat dicukupi dengan melakukan pemupukan.

Untuk melakukan budidaya kembang kol dengan baik dan hasil yang diperoleh maksimal maka berikut kami berikan beberapa langkah cara budidaya kembang kol untuk Anda.

Melakukan Persemaian

Untuk persemaian pada budidaya kembang kol ini, Anda dapat menggunakan polybag dengan ukuran 7 x 10 cm. Media persemaian yang dapat Anda pakai adalah campuran tanah halus dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Sebelum Anda menggunakan, media hendaknya disterilkan terlebih dahulu dengan cara mengukus meda semai selama 30 – 60 menit atau dengan cara menyiramkan larutan formalin 40% kemudian ditutup plastik selama kurang lebih 24 jam dan kemudian dianginkan.

Perawatan dalam persemaian pada bibit kembang kol yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan penyiraman dua kali sehari, membuka naungan persemaian setiap pagi dan sore hari, melakukan penyiangan dan memberikan larutan pupuk urea dengan konsentrasi sekitar 0,5 gr per liternya. Serta lakukan penyemprotan pestisida setengah dari dosis yang dianjurkan.

Mempersiapkan Lahan Tanam

Buatlah lahan tanam membentuk bedengan dengan ukuran 80 – 100 cm dengan tinggi 35 cm dan jarak antar bedengan sekitar 40 cm. Sebelum membuat bedengan bersihkanlah lahan terlebih dahulu lahan dari tanaman – tanaman liar. Jika pH pada tanah lebih rendah dari 5,5 maka Anda dapat melakukan pengapuran. Dosis pengapuran antara 1 – 2 ton/ha yang digunakan dalam bentuk dolomit atau kalsit.

Selama pembuatan bedengan untuk budidaya kembang kol, Anda dapat juga melakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang dengan dosis 12 – 17 ton/ha, pupuk ZA, Urea, SP-36 dan KCL dengan dosis masing – masing kurang lebih 250 kg. Pemupukan dilakukan dengan menyebar pupuk secara merata pada bedengan.

Proses Penanaman

Proses penanaman pada budidaya kembang kol dapat Anda lakukan pada pagi dan sore hari. Sementara untuk bibit kembang kol yang sudah dapat Anda pindah tanam yaitu bibit yang mempunyai 4 helai daun dan telah berumur 1 bulan. Untuk jarak tanam, Anda bisa menyesuaikan dengan kultivar yang digunakan. Untuk kultivar dengan tajuk lebar Anda bisa menggunakan jarak tanam 50 x 50 cm dan jarak tanam 45 x 65 untuk kultivar kembang kol dengan tajuk tegak. Cara menanam kembang kol harus dilakukan dengan hati – hati karena akar dan daun bibit akan mudah rusak.

Proses Pemeliharaan Tanaman

Selama proses pemeliharaan tanaman bunga kol, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Yang pertama adalah penyulaman. Untuk tanaman kol yang tidak sehat atau mati harus segera diganti dengan tanaman baru. Penyulaman dapat dilakukan sampai tanaman berumur 2 minggu setelah tanam. Langkah perawatan lainnya adalah penyiangan. Peyiangan dilakukan secara hati – hati agar tidak merusak akar tanaman. Hentikan penyiangan pada akhir fase vegetatif.

Perempelan adalah perawatan tanaman pada budidaya kembang kol yang sedini mungkin dilakukan, karena akan berpengaruh  pada kualitas dan ukuran massa bunga. Selain itu bunga dapat terbentuk dengan maksimal. Setelah bunga kol telah terbentuk maka Anda dapat menaungi bunga dari sinar matahari. Caranya adalah dengan mengikat daun – daun tua. Fungsi penaungan adalah agar warna bunga tetap putih.

Pemberian pupuk susulan dapat dilakukan sebanyak tiga kali. Yang pertama dapat Anda berikan pada saat tanaman kembang kol berumur 7 – 10 hari setelah tanam. Anda bisa menggunakan pupuk SP-36, Urea, Za dan KCL. Pemupukan kedua dapat dilakukan pada saat tanaman berumur 20 HST dan pemupukan yang ketiga dapat dilakukan pada saat bunga kol berumur 30 – 35 HST. Lakukan juga penyiraman secara rutin di pagi dan sore hari.

Untuk pengendalian serangan hama dan penyakit pada budidaya kembang kol dapat dilakukan dengan cara rotasi tanaman. Sedangkan untuk pengendalian biologis dapat menggunakan organisme yang menjadi musuh alami serta Anda dapat mengaplikasikan pestisida biologis atau kimiawi jika serangan telah berat.

Tahan Panen Tanaman Kembang Kol

Tanaman pada budidaya kembang kol Anda sudah dapat dipanen pada saat tanaman berumur 50 – 100 hari setelah masa tanam. Tergantung juga dari kultivar jenis apa yang Anda tanam. Panen baiknya dilakukan pada pagi dan sore hari. Setelah proses pemanenan selesai maka lakukannya penyortiran dan penyimpanan dengan baik.

budidaya kembang kol
Panen bunga kol-budidaya kembang kol-aliexpress

Demikian tips budidaya kembang kol dari kami, semoga dapat memberikan inspirasi kepada Anda. Selain kembang kol, tanaman lain dari famili jenis kol yang dapat Anda budidayakan adalah brokoli. Berikut cara menanam brokoli secara hidroponik. Klik di sini.

sumber gambar: agrifarming

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

menanam cabe dalam polybag

Menanam Cabe Dalam Polybag Dengan Cara Yang Mudah

Menanam cabe dalam polybag – Tanaman cabe merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai harga …

Satu komentar

  1. Boleh kah kirim kan video nya, cara sebelum bawang merah di tanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *