Halaman Depan / Peternakan / Inilah Keuntungan Yang Di Dapatkan Dari Usaha Ternak Puyuh

Inilah Keuntungan Yang Di Dapatkan Dari Usaha Ternak Puyuh

Budidaya burung puyuh dapat Anda jadikan sebagai alternatif usaha yang sangat tepat untuk menambah pendapatan rumah tangga. Peluang usaha ternak puyuh ini bisa dikatakan sangat menggiurkan, karena permintaan telur puyuh dari hari ke hari mengalami peningkatan yang terbilang stabil.

usaha ternak puyuh
Kandang untuk ternak puyuh-industrialmagazine

Burung puyuh termasuk dalam jenis burung pendek dengan badan gemuk dan berisi. Burung ini dapat lari dan terbang dengan cepat tetapi jarak jangkauannya sangatlah pendek. Burung puyuh banyak dijumpai diantara rerumputan atau semak – semak. Salah satu jenis burung puyuh yang banyak diternakkan adalah jenis puyuh jepang. Hewan ternak ini terkenal akan telurnya yang mempunyai rasa yang lezat sehingga patut untuk Anda coba untuk diternakkan.

Bermunculannya aneka usaha makanan yang menyajikan menu puyuh sebagai hidangan utamanya membuat permintaan telur dan daging puyuh semakin meningkat. Oleh karena itu, jika Anda jeli dalam menangkap peluang tersebut tentunya Anda akan segera mencoba untuk terjun ke dalam bisnis ini. Sudah banyak contoh peternak puyuh yang sukses menjadikan usaha ini sebagai bisnis menambah pendapatan untuk rumah tangganya. Untuk lebih meyakinkan Anda berikut beberapa ulasan tentang usaha ternak puyuh yang kami rangkum:

Kelebihan Usaha Ternak Puyuh

Sebelum Anda terjun dalam suatu bisnis, sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu kelebihan dari bisnis tersebut. Dalam usaha ternak puyuh sangat banyak sekali kelebihannya. Kelebihan tersebut antara lain yaitu kegunaan puyuh itu sendiri. Pada burung puyuh, Anda dapat memanfaatkan dagingnya, telur serta kotoran puyuh tersebut. Tidak hanya sampai disitu saja, permintaan akan daging afkiran dari burung puyuh juga terus meningkat dari hari ke harinya. Hal ini dikarenakan para penggeliat bisnis kuliner membutuhkan pasokan daging yang terbilang cukup besar.

Tips Menjalankan Usaha Ternak Puyuh

Sama seperti jenis ternak hewan lainnya, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan dari bibit burung puyuh yang digunakan. Pilihlah bibit puyuh yang baik, sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah kandang puyuh. Gunakanlah kandang yang steril dan bersih agar burung puyuh tidak gampang terserang penyakit. Aturlah posisi dari burung puyuh, jangan biarkan terlalu berdesakan sehingga nantinya burung puyuh akan mengalami kematian. Perhatikan juga pemberian pakan. Berilah pakan yang sesuai dengan umur puyuh dan beri pakan dengan dosis secukupnya saja. Tips pembuatan pakan puyuh ini dapat menghemat biaya produksi Anda, klik di sini

Burung puyuh pertama kali mulai diternakkan oleh masyarakat di Amerika Serikat pada abad ke 19. Dalam menuju perkembangannya, usaha ternak burung puyuh mulai berkembang ke seluruh penjuru dunia. Di Amerika, burung puyuh dikenal dengan naman Quail. Sedangkan di daerah Jawa burung ini dikenal dengan naman gemak. Burung puyuh pertama kali diternakkan di Indonesia sekitar tahun 1979 dan sampai saat usaha ternak puyuh di Indonesia terus berkembang. Terbilang sangat banyak sekali yang menaruh minat pada bisnis ternak puyuh ini. Hal ini tidak lepas dari beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari burung puyuh itu sendiri. Adapun beberapa keuntungan tersebut adalah sebagai berikut:

Telur Burung Puyuh

Telur burung puyuh dikenal mempunyai kandungan gizi yang baik. Diataranya adalah kandungan mineralnya, vitamin dan tidak mengandung lemak dan protein jahat. Selain itu rasa dari telur puyuh ini terkenal sangat lezat. Untuk harga telur burung puyuh biasanya diberi harga Rp 150 – Rp 300 per butirnya. Rata – rata peternak puyuh dapat menghasilkan jumlah telur sekitar 2.000 – 2.500. Sehingga dalam sebulan omzet usaha ternak puyuh yang Anda dapatkan bisa menyentuh angka Rp 10 juta per bulannya. Analisis bisnis ternak puyuh petelur skala rumah tangga dapat Anda baca di sini. Klik di sini

Bulu Burung Puyuh

Bulu burung puyuh juga dapat menghasilkan pundi – pundi rupiah untuk Anda. Bulu hewan ini banyak digunakan untuk dijadikan bahan baku kerajinan tangan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Kotoran Burung Puyuh

Kotoran burung puyuh dapat memberikan tambahan ekonomi yang lumayan untuk usaha ternak puyuh Anda. Selain telur dan bulunya, kotoran puyuh juga sangat menguntungkan karena dapat Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan. Kotoran tersebut dapat Anda jadikan pupuk organik ataupun sebagai pakan ikan.

Daging Afkir

Daging burung puyuh sangat banyak digemari oleh para pecinta kuliner. Saat ini sudah banyak restoran yang menyediakan berbagai menu dengan bahan dasar daging puyuh. Biasanya burung puyuh yang dijual untuk digunakan dagingnya adalah jenis burung puyuh afkir. Burung puyuh afkiran biasanya dijual karena sudah tidak baik lagi untuk bertelur. Sehingga kemudian dapat diolah menjadi menu masakan pada beberapa restoran dan warung makan. Untuk omzet usaha ternak puyuh afkir biasanya mencapai keuntungan sebesar Rp 2 juta – Rp 3 juta perbulannya.

usaha ternak puyuh
Panen telur puyuh-thechangetrend-usaha ternak puyuh

Demikian beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan usaha ternak puyuh. Lakukan bisnis ini dengan telaten dan sabar maka keuntungan pun akan datang kepada Anda. Selamat mencoba.

sumber gambar: agrifarming

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

itik alabio

Budidaya Itik Alabio Dapat Anda Lakukan Dengan 3 Cara Ini

Itik alabio adalah jenis itik yang mendiami atau hidup pada daerah rawa – rawa. Itik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *