Halaman Depan / Pertanian / Perhatikan Hal Ini Sebelum Menanam Tanaman Kacang Merah

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menanam Tanaman Kacang Merah

Tanaman kacang merah adalah salah satu tanaman yang sangat terkenal di Indonesia. Kacang merah termasuk jenis tanaman yang mudah untuk Anda budidayakan. Selain itu kandungan gizi dan karbohidrat pada kacang merah sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena alasan itulah banyak masyarakat di Indonesia yang memilih untuk mengkonsumsi kacang merah.

Tips budidaya kacang panjang dapat Anda baca pada artikel berikut ini, klik di sini

tanaman kacang merah
Pohon kacang merah-bukalapak

Menanam tanaman kacang merah adalah sebuah prospek yang sangat cerah, karena permintaan akan tanaman ini terbilang sangatlah tinggi. Sehingga Anda tak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis menanam kacang merah. Ada banyak cara budidaya kacang merah yang bisa Anda lakukan. Adapun langkah – langkah dalam melakukan budidaya kacang merah adalah sebagai berikut:

Faktor Lingkungan

Iklim yang paling baik untuk melakukan bercocok tanam tanaman kacang merah adalah iklim basah sampai iklim kering. Jadi bisa disimpulkan bahwa daerah di dataran tinggi Indonesia sangat cocok untuk menanam kacang merah. Daerah yang paling ideal untuk tumbuh maksimalnya tanaman kacang merah adalah daerah yang mempunyai curah hujan cukup tinggi, yaitu sekitar 1.500 mm sampai dengan 2.500 mm pertahunnya.

Tanaman kacang merah dapat tumbuh dengan baik jika Anda menggunakan cara budidaya yang tepat. Bila Anda menanam kacang merah dengan kondisi suhu 20 – 25 derajat celcius maka tanaman akan tumbuh dengan maksimal dan bila Anda menanamnya pada suhu di bawah 20 derajat celcius maka proses fotosintesis kacang merah tidak akan maksimal. Sedangkan jika Anda menanam pada suhu di atas 25 derajat celcius maka akan banyak terdapat biji kacang yang hampa atau tidak menghasilkan apa – apa. Hal ini dikarenakan tanaman banyak menghasilkan tenaga hanya untuk melakukan respirasi.

Media Tanam

Tanah yang paling tepat untuk menanam tanaman kacang merah adalah jenis tanah androsol dan tanah regosol. Tanah androsol mempunyai ciri warna hitam, kandungan organik yang tinggi, sifatnya lempung dan gembur serta permeabilitasnya sedang. Sedangkan ciri tanah regosol adalah warnanya kelabu dan mempunyai tekstur seperti pasir. Tanah yang Anda gunakan juga hendaknya memiliki tingkah pH yang sesuai yaitu antara 5,5 sampai 6.

Pemupukan Dan Penyiraman

Untuk pemupukan  pada tanaman kacang merah, dapat Anda lakukan sekali pada saat menanamdi awal dan dua minggu sekali saat bibit kacang merah mulai tumbuh menjadi tunas muda. Pupuk yang bisa Anda gunakan adalah jenis pupuk kandang atau pupuk kompos. Dengan melakukan pemupukan yang teratur diharapkan hasil yang didapatkan dari budidaya tanaman kacang merah dapat maksimal dan aman untuk dikonsumsi.

Untuk penyiraman sendiri, dapat Anda lakukan setiap hari sebanyak dua kali sehari. Hindari melakukan penyiraman yang membuat tanah di sekitar media penanaman kacang merah. Hal ini dilakukan untuk mencegah pembusukan pada sekitar akar dan tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Penanggulangan Hama Tanaman

Tanaman kacang merah juga tidak luput dari serangan hama dan penyakit. Hama yang kerap menyerang tumbuhan ini adalah jenis hama kumbang daun. Untuk membasmi hama ini Anda dapat menggunakan sistem mekanis atau membunuh hama dengan tangan Anda atau juga dengan bantuan menggunakan bantuan pestisida organik. Untuk pestisida organik, Anda dapat menggunakan bawang putih, jahe, cabe rawit, sambiloto dan jeruk.

Selain hama kumbang daun, hama lainnya yang kerap menyerang tanaman kacang merah adalah hama ulat penggerek. Untuk mengatasi jenis hama ini, Anda dapat menggunakan cara yang sama dalam membasmi hama kumbang daun.

Panen Kacang Merah

Panen pada tumbuhan kacang merah, dapat dilakukan pada saat umur tanaman 60 hst. Ciri tanaman kacang merah siap panen adalah biji pohon kacang merah belum terlihat menonjol , warna polongnya lebih suram, permukaan kulit kasar, dan akan ada suara meletup saat anda mematahkan polong. Bila ciri tersebut telah terlihat pada tumbuhan kacang merah maka tumbuhan sudah siap untuk Anda panen.

Untuk cara memanennya hindari menggunakan alat potong seperti pisau atau cutter, karena apabila biji polong terluka karena alat potong tersebut maka bakteri akan masuk dan merusak kacang merah yang ada di dalamnya. Lakukan panen dengan menggunakan tangan secara hati – hati dan perlahan pada pangkal biji polong tanaman kacang merah. Proses panen dapat Anda lakukan setiap 2 – 3 hari dan Anda dapat menghentikan pemanenan saat tanaman kacang merah beumur 80 hari.

Kacang merah ini sangat menguntungkan jika Anda budidayakan. Karena permintaan tanaman sayur ini selalu stabil dan tidak pernah ada penurunan permintaan. Selain itu tanaman ini sangat mudah untuk Anda budidayakan.

tanaman kacang merah
Biji kacang merah-bakhabarkissan

Demikian tips dalam budidaya kacang merah yang kami berikan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih. Tips cara menanam kacang hijau bisa Anda baca pada artikel berikut ini, klik di sini

sumber gambar: morgenbardati

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menanam Tanaman Kacang Merah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menanam Tanaman Kacang Merah