Halaman Depan / Pertamanan / Cara Perbanyakan Tanaman Begonia Ini Mudah Untuk Dilakukan

Cara Perbanyakan Tanaman Begonia Ini Mudah Untuk Dilakukan

Tanaman begonia adalah salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari keluarga Begoniaceae. Spesies tanaman hias ini diperkirakan mempunyai 1500 jenis dan sudah tersebar merata ke seluruh pelosok dunia. Spesies begonia dikelompokkan menjadi dua yaitu begonia alam dan begonia eksotik. Untuk tanaman begonia alam dapat diartikan sebagai tanaman dengan penampilan yang biasa – biasa saja. Sementara untuk begonia eksotik adalah jenis tanaman hias yang mempunyai penampilan yang menawan dengan bentuk, corak, ukuran dan warna daun yang beragam. Eksotik dan cantik. Dua kata inilah yang seolah menggambarkan keindahan dari sosok tanaman begonia.

Untuk memperbanyak tanaman begonia ini, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan stek irisan daun. Kelebihan dari stek irisan daun ini adalah dari satu daun mampu menghasilkan beberapa tunas baru. Berikut kami akan berikan langkah – langkah cara memperbanyak begonia dengan stek irisan daun.

Melakukan Sterilisasi Media

Langkah pertama adalah mensterilkan media tanam. Gunakan pasir steril sebagai media stek daun begonia. Mungkin Anda akan bertanya, apa itu pasir steril? Pasir steril sebenarnya hanya pasir biasa yang telah disterilkan. Bagaimana mensterilkannya? Caranya sangatlah mudah. Tampung pasir di dalam wadah, kemudian tuangkah air mendidih ke dalam wadah yang telah berisi pasir tadi. Tutup wadah dan diamkan selama kurang lebih satu hari. Hal ini dilakukan untuk mematikan bakteri dan sumber penyakit yang ada di pasir. Setelah sehari buanglah air dan keringkan pasir sampai dingin dan pasir siap untuk Anda gunakan.

Memilih Daun Dan Cara Penanaman Pada Pembibitan

Langkah kedua adalah dengan mempersiapkan daun untuk stek begonia. Pilihlah daun dari tanaman indukan yang sehat dan pertumbuhannya baik. Daun yang Anda jadikan bahan stek harus terbebas dari berbagai penyakit. Ciri daun yang sehat adalah bersih, mulus, tidak cacat dan segar. Gunakan daun yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Daun ini bisa Anda dapatkan pada bagian atas daun terbawah pada tanaman begonia.

Cucilah daun dengan bersih kemudian tiriskan. Kemudian potong daun dengan membentuk segitiga. Tulang daun harus ada di setiap irisan daun. Siapkanlah media tanam dengan memasukkan pasir yang telah disterilkan ke dalam pot. Kemudian tanam irisan daun. Cara penanamannya sangatlah mudah untuk Anda lakukan. Cukup dengan menancapkan irisan daun ke dalam media dengan bagian irisan daun yang runcing ditancapkan. Tancapkan dengan sudut kemiringan sekitar 45% dan separuh dari irisan daun menancap pada media tanam.

tanaman begonia
Memotong daun tanaman begonia-emashijaunusantara

Setelah irisan daun tanaman begonia tertanam dengan sempurna maka tutuplah pot dengan menggunakan plastik transparan. Kerudungi tanaman dengan sempurna. Tujuan digunakannya plastik transparan adalah agar Anda dapat memantau perkembangan stek setiap saat. Pengkerudungan juga mempunyai fungsi untuk menjaga kelembaban yang ada pada media tanam. Air yang menguap akan terperangkap di dalam plastik dan akan tumbuh lagi ke dalam media. Letakkan pot pada tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Perawatan Stek Daun Pada Begonia

Dalam waktu sebulan biasanya akar akan mulai tumbuh dan akan diiringi dengan tumbuhnya tunas baru dari masing – masing irisan daun begonia. Pada saat kondisi tanaman seperti itu maka Anda sudah dapat membuka kerudung pada stek. Biarkan selama kurang lebih satu minggu pada tempat yang sama. Jangan memindahkan tanaman ke tempat yang terkena matahari langsung. Selama itu Anda dapat melakukan penyiraman. Penyiraman yang dilakukan cukup dengan memercikkan air tipis – tipis sehari sekali saja. Tambahkan juga sedikit pupuk cair pada media tanam stek agar ketersediaan nutrisi terjaga.

Pasca dua minggu setelah kerudung stek Anda buka maka tunas sudah siap untuk Anda pindahkan. Cabut dengan perlahan dan hati – hati irisan daun yang telah ditumbuhi tunas. Usahakan agar akar yang terbentuk tidak terluka. Penggunaan pasir adalah salah satu strategi agar memudahkan Anda untuk melakukan pencabutan. Setelah stek tercabut dengan sempurna, pindahkanlah tanaman begonia ke dalam pot individu. Untuk media tanam pada pot individu, Anda bisa menggunakan campuran tanah, sekam / pasir, dan pupuk kompos. Gunakan perbandingan 1 : 1 : 1 untuk media tanam pada pot individu.

Tanaman begonia akan tumbuh dengan baik dan maksimal jika tidak mendapatkan cahaya matahari secara langsung. Oleh sebab itu Anda bisa menempatkan tanaman hias ini pada teras – teras rumah maupun di dalam rumah Anda. Tanaman begonia adalah salah satu jenis tanaman yang dapat Anda pilih sebagai tanaman hias di dalam ruangan. Jenis tanaman dalam ruangan lainnya yang bisa Anda jadikan referensi bisa di baca pada artikel berikut ini. Klik di sini

tanaman begonia
Tunas tumbuh pada stek tanaman begonia-emashijaunusantara

Demikian tips perbanyakan tanaman begonia dengan menggunakan stek irisan daun. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menanam begonia di rumah. Selamat mencoba dan terima kasih.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara merawat bunga krisan

3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Agar Tetap Segar

Cara merawat bunga krisan – Sebagaimana diketahui bahwa bisnis budidaya bunga krisan ini adalah bisnis …

Cara Perbanyakan Tanaman Begonia Ini Mudah Untuk Dilakukan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Perbanyakan Tanaman Begonia Ini Mudah Untuk Dilakukan