Halaman Depan / Peternakan / Berikut Cara Membuat Pakan Ternak Lovebird Sederhana

Berikut Cara Membuat Pakan Ternak Lovebird Sederhana

Milet adalah pakan burung yang sangat digemari oleh burung – burung pemakan biji seperti burung finch, parkit, kenari dan lovebird. Milet dikenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, yang dibutuhkan oleh burung peliharaan Anda untuk tumbuh dan berkembang. Milet sebagai pakan ternak lovebird dapat Anda sajikan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan cara dicampur dengan bahan pakan lain. Racikan bernutrisi tinggi ini dapat membuat burung Anda lebih sehat, rajin mengeluarkan bunyi, lebih aktif dan mengeluarkan suara yang merdu.

Pakan yang berupa milet racikan ini sudah banyak digunakan oleh para penggemar burung di dalam negeri. Pakan ternak lovebird racikan berupa racikan milet dipercaya mampu menjaga kondisi dari burung yang sedang diternakkan. Tips membuat kandang ternak lovebird lengkap, baca di sini

Berikut adalah beberapa macam resep pakan ternak lovebird dan cara meraciknya. Kandungan milet ini mempunyai kandungan yang kaya akan protein dan nutrisi lainnya. Cara ini terhitung mudah dan bagi Anda yang seorang pemula dalam ternak lovebird jangan khawatir, Anda pun dapat membuat pakan lovebird sendiri ini di rumah masing – masing. Berikut tipsnya:

Membuat Milet Racikan Sendiri

Sebelum membuat milet racikan sendiri ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut bahan yang perlu disiapkan:

  • Untuk takarannya Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah ternak lovebird Anda.
  • Beberapa butir telur ayam.
  • Tulang sotong.
pakan ternak lovebird
Bahan pakan ternak lovebird-udjalaksuren

Cara pembuatan pakan ternak lovebird dari milet:

  • Sebelum Anda menggunakan milet, sebaiknya keringkan terlebih dahulu agar kulitnya yang keras dapat menyerap bahan – bahan dari pakan lainnya dan mampu meresap masuk ke dalam biji milet. Untuk mengeringkan biji milet Anda dapat menggunakan cara yaitu dijemur langsung di bawah sinar matahari selama beberapa jam atau Anda dapat menggunakan oven listrik dengan suhu yang digunakan berkisar 150 derajat celcius. Panggang selama kurang lebih 3 – 5 menit.
  • Setelah kulit milet kering maka milet akan mudah untuk menyerap bahan pakan yang nanti akan dicampurkan bersamanya. Simpan milet yang telah kering ke mangkok atau piring. Selanjutnya adalah mengolah bahan campuran lainnya.
  • Cuci telur dengan menggunakan air yang bersih. Kemudian telur dipecah dan isinya dikumpulkan dalam satu wadah atau mangkok. Aduk telur sampai semua bercampur dengan merata.
  • Kulit telur atau cangkang telur yang telah Anda gunakan jangan dibuang. Kumpulkan kembali dan keringkan dengan cara di oven selama beberapa menit.
  • Setelah kulit telur kering maka langkah selanjutnya dalam membuat pakan ternak lovebird adalah memblender kulit telur hingga menjadi tepung.
  • Siapkan tulang sotong lalu ambillah bagian tengahnya yang berwarna putih kemudian blender hingga menjadi tepung. Adapun kulit tulang sotong yang keras bisa Anda buang.
  • Kemudian campurkan semua bahan tadi ke dalam adonan telur yang sebelumnya telah Anda siapkan. Aduk sampai semua larutan tercampur secara merata.

Selain menggunakan milet, untuk membuat pakan ternak lovebird Anda dapat menggunakan bahan yaitu fumayin. Lalu, bagaimana cara meramu fumayin untuk burung kesayangan Anda? Berikut beberapa cara meramu fumayin:

Bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • 250 gram jagung.
  • 500 gram kacang.
  • 500 gram kedelai.
  • 250 gram tepung bekatul.
  • 50 gram tepung biji fumayin.
  • 1 gram bird mineral.

Cara meramu racikan pakan ternak lovebird dengan menggunakan tepung fumayin:

Tumbuh kedelai, jagung dan kacang hijau hingga menjadi tepung. Kemudian sangrai tepung bekatul dan campur hingga merata tepung – tepung tersebut. Perbandingan yang digunakan dalam mencampur tepung tersebut adalah tepung jagung  1 bagian, tepung kacang hijau 2 bagian, tepung kedelai 2 bagian dan tepung bekatul 1 bagian.

Setelah campuran tepung rata maka Anda bisa menambahkan tepung fumayin dan bird mineral.

Cara lain menggunakan fumayin sebagai pakan ternak lovebird

  • Campurkan tepung fumayin di dalam pakan voer atau pakan jadi dari pabrikan dengan menggunakan perbandingan 5 gram tepung fumayin untuk setiap 2,5 ons pakan voer pabrikan. Aduk secara perlahan campuran tersebut hingga rata. Lakukan perlahan agar pakan voer tidak hancur.
  • Siapkan tepung fumayin dengan takaran 1 gram. Kemudian tambahkan air mendidih kurang lebih 20 ml atau sekitar 5 sendok makan. Aduk sampai rata kemudian dinginkan. Setelah dingin airnya dapat Anda gunakan sebagai air minum burung sedangkan endapannya dapat Anda oleskan ke buah yang akan digunakan sebagai pakan. Selain itu Anda juga dapat menggunakan endapan tersebut dengan cara dikeringkan lagi dan bisa digunakan sebagai campuran pakan ternak lovebird Anda.
pangan ternak lovebird
Gambar tepung fumiyam-bukalapak

Demikian tips membuat pakan ternak lovebird sederhana untuk Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih. Tips ternak lovebird untuk pemula dapat Anda baca pada artikel berikut ini. Di dalam artikel ini lengkap membahas bagaimana cara ternak lovebird bagi pemula. Klik di sini. 

sumber gambar: petsid

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tempat minum ayam

Inilah Tips Manajemen Pemilihan Tempat Minum Ayam

Air adalah unsur yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha peternakan bisnis ayam. Jika Anda benar …

Berikut Cara Membuat Pakan Ternak Lovebird Sederhana


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berikut Cara Membuat Pakan Ternak Lovebird Sederhana