Halaman Depan / Peternakan / Tips Memelihara Kura Kura Air Tawar Dapat Anda Baca Di Sini

Tips Memelihara Kura Kura Air Tawar Dapat Anda Baca Di Sini

Ada banyak sekali alasan mengapa orang – orang menyukai untuk memelihara kura kura air tawar. Salah satunya adalah bahwa kura kura merupakan hewan yang sangat unik karena perilaku tubuhnya yang mampu disembunyikan di dalam cangkangnya. Selain itu hewan ini mempunyai bentuk seperti hewan purba yang hidup di jaman dahulu.

kura kura air tawar
Kandang kura kura-google

Penampilan yang unik seperti inilah yang disinyalir sebagi pendorong maraknya para penghobi kura kura di Indonesia. Beberapa jenis kura kura air tawar yang sering menghiasi aquarium atau sering dijadikan hewan peliharaan adalah kura kura kepala babi, kura kura aligator, kura kura mata mata dan kura kura galapagos.

Jika Anda berminat ingin memelihara atau mungkin membudidayakan kura kura air tawar, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Membuat Perlengkapan Dan Kandang Kura Kura

Kandang yang baik bagi kura kura air tawar peliharaan Anda adalah berbentuk sangkar. Dengan bentuknya yang bisa Anda buat sedemikian rupa untuk memastikan keamanannya dan harus Anda lengkapi dengan kolam. Pastikan juga bahwa bahan untuk membuat kandang bersifat aman bagi kura kura dan tidak mengandung racun. Haluskan permukaan kandang yang Anda gunakan agar kura kura air tawar tidak gampang terluka.

Ukuran kandang kura kura dapat Anda sesuaikan dengan jumlah, jenis atau bentuk postur kura kura yang ingin Anda pelihara. Bagilah kandang menjadi dua, yaitu sepertiga bagian daratan dan duapertiga untuk bagian perairan. Untuk bagian daratan Anda bisa mengisinya dengan bebatuan, pasir dan tanaman. Sedangkan untuk bagian kolam Anda dapat mengisinya dengan air bersih dan tambahan ornamen kayu untuk mainan kura kura.  

Untuk anakan kura kura yang masih berumur kurang dari seminggu alangkah lebih baiknya jika Anda rawat terlebih dahulu di dalam aquarium hingga kondisinya stabil. Air yang Anda gunakan untuk bak ataupun aquarium wajib diperhatikan kebersihannya. Volume air yang Anda pakai minimal setinggi ukuran panjan dari kura kura. Sebelum air Anda gunakan, sebaiknya air perlu didiamkan selama kurang lebih 24 jam agar kotoran – kotoran yang terkandung di dalamnya dapat mengendap.

Sinar UV yang ada di dalam kandungan sinar matahari sangat dibutuhkan oleh kura kura air tawar untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh sebab itu, apabila kandang terletak di dalam ruangan maka usahakanlah melengkapi kandang kura kura air tawar dengan lampu UV artifisial. Dalam satu hari lampu perlu Anda nyalakan selama kurang lebih 10 – 12 jam pada saat cuaca cerah dan kurang lebih 12 – 14 jams elama cuaca sedang mendung.

Pakan Yang Baik

Keunikan dari kura kura air tawar terlihat dari pemberian pakannya. Saat berumur muda kura kura sangat suka dengan daging dan aneka makanan tumbuhan. Namun ketika kura kura memasuki usia 2 tahun maka pakan yang digemari adalah daging, ikan dan cacing. Sebagai pakan tambahannya Anda bisa menggunakan pelet. Pelet dikenal mempunyai kandungan kalsium, vitamin D dan fosfor yang dikenal baik untuk pertumbuhan dan perkembangan kura kura.

Porsi makanan yang diberikan perlu Anda variasikan dan disesuaikan dengan postur dan usia dari kura kura air tawar. Kura kura yang berumur kurang dari dua tahun cukup Anda berikan pakan sekali sehari saja. Sedangkan untuk kura kura berumur dua tahun lebih dapat Anda berikan pakan dengan frekuensi 2 – 3 kali per minggunya.

Anda dapat memberikan pakan untuk kura kura berupa pakan untuk kucing dan anjing. Pasalnya pakan – pakan tersebut sudah diracik oleh pabrik sehingga kandungan gizinya sudah lengkap dan seimbang. Keunggulan dari pakan pabrikan ini adalah tidak berbau, awet, lebih bersih dan nantinya akan berpengaruh terhadap bau urin yang dihasilkan oleh kura kura air tawar.

Tahap Perawatan Dan Pemeliharaan Kura Kura

Air yang baik untuk digunakan sebagai habitait kura kura yaitu mempunyai tingkat keasaman sekitar 6 – 6,5. Air untuk pemeliharaan perlu Anda ganti sebulan sekali dan lingkungan di sekitar bak wajib Anda bersihkan setiap tiga bulan sekali. Agar air terbebas dari mikroorganisme yang berbahaya, sangat disarankan untuk menambahkan garam non yodium dan cuka dengan takaran yang cukup.

kura kura air tawar
Pemberian pakan kura kura-lukmanreptile

Usahakan kondisi di lingkungan kandang dibuat semirip mungkin sesuai dengan habitat alami kura kura air tawar. Suhu yang cocok untuk mendukung kehidupan kura kura adalah berkisar antara 22 – 27 derajat celcius. Jika suhu lebih rendah dari suhu diatas maka kura kura yang Anda pelihara akan kehilangan nafsu makannya serta akan malas untuk bergerak. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menambahkan lampu listrik atau tambahan alat pemanas untuk menaikkan suhu di sekitar kandang. Tips membangun bisnis usaha ikan hias dapat Anda baca di sini. Klik di sini

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

itik alabio

Budidaya Itik Alabio Dapat Anda Lakukan Dengan 3 Cara Ini

Itik alabio adalah jenis itik yang mendiami atau hidup pada daerah rawa – rawa. Itik …

Tips Memelihara Kura Kura Air Tawar Dapat Anda Baca Di Sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Memelihara Kura Kura Air Tawar Dapat Anda Baca Di Sini