Halaman Depan / Perkebunan / Cara Menanam Kentang Di Polybag Dengan Mudah – Baca Di sini

Cara Menanam Kentang Di Polybag Dengan Mudah – Baca Di sini

Cara menanam kentang di polybag – Siapa sih yang tidak mengenal tanaman kentang? Tanaman yang satu ini adalah tanaman yang bisa dikatakan sangat menguntungkan para petani di Indonesia. Mengapa dikatakan demikian? Karena tanaman kentang ini adalah salah satu tanaman ekspor andalan yang banyak dikirim ke berbagai negara di luar Indonesia. Kentang dikenal mampu bertahan lama dan tidak mudah busuk setelah proses pemanenan. Kentang adalah sumber protein, kalori dan vitamin yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

cara menanam kentang di polybag
Tanaman kentang-cara menanam kentang di polybag-nimtoon

Bagi Anda yang ingin melakukan budidaya kentang, akan tetapi lahan yang tersedia tidaklah luas maka Anda bisa mencoba menanamnya di dalam polybag. Dengan menanam kentang dalam polybag Anda akan bisa menikmati hasil panen dengan keluarga tanpa harus membeli kentang di pasar atau toko – toko modern. Seperti apa proses cara menanam kentang di polybag? Anda dapat membacanya diartikel kami berikut ini:

Syarat Tumbuh Tanaman Kentang

Cara menanam kentang di polybag hendaknya memperhatikan syarat tumbuh dari tanaman ini. Sehingga nantinya diharapkan Anda akan memperoleh pertumbuhan tanaman kentang yang maksimal. Tanaman kentang sangat cocok sekali di tanam pada dataran tinggi. Lakukan penanaman pada saat musim penghujan. Hal ini karena tanaman kentang sangat membutuhkan air yang cukup dan intensitas cahaya yang cukup pula.

Pemilihan Lahan Tanaman Kentang

Gunakan tanah yang gembur untuk digunakan dalam menanam tanaman kentang. Selain itu usahakan dalam cara menanam kentang di polybag sumber air untuk menyiram dekat dengan tanaman agar Anda tidak kepayahan dalam melakukan perawatan tanaman. Sumber air yang dekat akan mempermudah Anda yang melakukan cara menanam kentang di polybag pada musim kemarau untuk memenuhi kebutuhan air bagi tanaman kentang .

Tips Menanam Kentang Di Rumah

Siapkanlah polybag dengan ukurang 50 x 80 cm. kemudian buatlah lubang sebanyak 3 – 4 buah pada bagian bawah di sekeliling polybag untuk saluran drainase. Walaupun kentang membutuhkan kadar air yang tinggi untuk pertumbuhannya akan tetapi media tanam yang terlalu becek akan membuat umbi kentang menjadi mudah busuk.

Untuk media tanam, Anda dapat menggunakan media tanah humus atau media yang telah dicampur dengan pupuk kompos. Isilah polybag dengan media tanam tersebut sebanyak 2/3 dari volume polybag. Kemudian sisa dari polybag dapat Anda lipat sedikit keluar dengan rapi.

Siapkan bibit kentang yang akan Anda tanam. Untuk pembibitan Anda dapat mengisi polybag dengan media setinggi 20 – 30 cm. Kemudian tanam benih kentang yang mempunyai banyak mata. Letakkan di atas media tanam. Setelah tunas – tunas mulai bermunculan sepanjang kurang lebih 2 cm maka tunas dapat Anda pilih yang tumbuhnya paling baik. sementara tunas lainnya bisa Anda potong.

Dalam satu polybag dapat Anda tanami 3 – 4 bibit kentang. Tanam bibit dengan kedalaman 7 cm ke dalam media tanam. Siram tanaman setiap hari agar kelembaban tanah tetap terjaga. Selama melakukan penyiraman sebaiknya Anda sering – sering untuk mengecek drainase pada polybag. Sepuluh hari setelah tanam biasanya pertumbuhan tanaman kentang akan merata.

Perawatan Tanaman Kentang

Cara menanam kentang di polybag selanjutnya adalah melakukan perawatan. Ketika tanaman telah berumur satu bulan, maka tambahkan media tanam sedikit demi sedikit untuk mengikuti tinggi tanaman. Penambahan ini juga bertujuan untuk mencegah umbi terkena sinar matahari langsung. Jika umbi terpapar sinar matahari langsung dapat menyebakan umbi berubah menjadi hijau dan beracun.

Tambahkan pupuk urea dan TSP dengan menggunakan perbandingan 1 : 1 sebanyak 16 gram atau dengan takaran 1 sendok makan pertanamannya. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara diberikan pada kiri dan kanan tanaman kentang. Cara menanam kentang di polybag selanjutnya adalah melakukan penyiraman setelah selesai pemberian pupuk. Hal ini dilakukan agar pupuk cepat larut dan dapat segera diserap oleh tanaman kentang.  

Proses Pemanenan Tanaman Kentang

Cara menanam kentang di polybag yang terakhir adalah melakukan panen. Tanaman kentang dapat Anda panen pada saat berumur 3 – 4 bulan. Panen kentang sebaiknya Anda lakukan satu minggu setelah tanaman mati. Hal ini ditandai dengan ujung daun dan ujung batang yang kering serta kulit umbinya kuat.

Jika batang dan ujung daun belum kering dan mati maka kualitas umbi kentan akan rendah dan kulit kentang akan menjadi lebih mudah lecet. Proses pemanenan dalam cara menanam kentang di polybag dapat Anda lakukan dengan cara menyobek plastik polybag. Penyobekan dimulai dari bagian atas sampai dengan bagian bawah dengan menggunakan pisau yang tajam. Lakukan penyobekan secara perlahan dan hati – hati agar umbi kentang tidak ikut tersobek atau terpotong.

cara menanam kentang di polybag
Kentang di polybag-indonesiabertanam

Demikian cara menanam kentang di polybag. Semoga bisa memberikan inspirasi kepada Anda yang ingin memulai menanam kentang di pekarangan rumah. Tips cara menanam kentang hasil panen berlimpah, baca di sini

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya jagung manis

Budidaya Jagung Manis Organik Sederhana Hasil Melimpah

Budidaya jagung manis – Saat ini budidaya dengan cara organik menjadi pilihan banyak masyarakat. Sayuran …

Satu komentar

  1. Terima kasih atas ilmunya sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *