Halaman Depan / Pertanian / Cara Menanam Kemangi Itu Mudah Loh – Baca Di sini

Cara Menanam Kemangi Itu Mudah Loh – Baca Di sini

Cara menanam kemangi – Kemangi atau daun kemangi adalah salah satu jenis sayuran yang biasanya digunakan sebagai pelengkap dalam beberapa jenis hidangan kuliner nusantara. Misalnya saja pada jenis kuliner ayam bakar, sayur sop dan aneka ragam jenis kuliner lezat lainnya. Daun kemangi mempunyai aroma yang sangat khas dan aroma tersebut diyakini dapat menambah cita rasa pada makanan.

Selain itu, daun kemangi juga ternyata mempunyai beraneka macam manfaat bagi tubuh. Selain kemangi, berikut 7 tanaman obat lainnya yang ampuh menjaga kesehatan. Baca di sini. Banyaknya keuntungan tersebut menjadikan tanaman kemangi banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Baik itu untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk skala bisnis.

Tanaman kemangi adalah tanaman terna yang daunnya dapat Anda makan sebagai lalapan. Ciri tanaman ini adalah bentuk daunnya yang khas dan aromanya kuat dan lembut dengan sentuhan aroma limau. Di Thailand kemangi dikenal dengan nama mangklak dan juga sering digunakan sebagai pelengkan makanan di negara tersebut.

Untuk Anda yang ingin mencoba menanam kemangi sendiri, berikut tips sederhana dari kami bagaimana cara menanam kemangi yang baik dan benar. Berikut tipsnya:

Memilih Benih Yang Baik

Agar Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal dari budidaya kemangi yang diusahakan, maka hendaknya Anda memilih benih yang baik untuk langkah awalnya. Cara menanam kemangi yang baik memang membutuhkan bibit yang berkualitas unggul. Pilihlah benih kemangi dari tanaman yang unggul atau jika Anda bingung maka dapat menggunakan benih yang banyak dijual pada toko – toko pertanian.

Biji – biji kemangi dapat Anda peroleh dari tanaman yang telah tua dan diperoleh dari bunga kemangi yang telah matang dari pohonnya. Biji kemangi yang telah siap untuk digunakan mempunyai ciri yaitu warnanya hitam, kering dan benih berasal dari tanaman yang tua.

cara menanam kemangi
Benih tanaman kemangi-cara menanam kemangi-dkwekblog

Mempersiapkan Lahan Yang Akan Digunakan

Cara menanam kemangi selanjutnya yang harus Anda persiapkan adalah mempersiapkan lahan. Agar benih kemangi bisa tumbuh dengan baik maka Anda diharuskan mempersiapkan lahan yang baik juga untuk menanam kemangi. Adapun syarat – syarat lahan yang baik untuk menanam kemangi adalah tanahnya subur dan gembur.

Setelah Anda menentukan lahan yang akan digunakan dalam cara menanam kemangi, maka selanjutnya adalah Anda bisa menambahkan pupuk kandang pada lahan tersebut. Jika tanah yang digunakan lengket maka Anda bisa menambahkan sedikit pasir. Pastikan juga lahan yang akan Anda gunakan untuk budidaya kemangi dekat dengan sumber air, sehingga ke depannya Anda tidak akan kesulitan jika akan melakukan penyiraman untuk perawatan tanaman kemangi Anda.

Proses Menanam Tanaman Kemangi

Proses cara menanam tanaman kemangi pada cara menanam kemangi sangatlah mudah. Anda dapat melakukannya dengan cara menabur benih – benih kemangi pada lahan tanam budidaya Anda. Setelah proses penaburan biji benih kemangi selesai, maka taburkanlah tanah tipis – tipis di atas benih. Tunggulah beberapa hari hingga benih tumbuh.

Jika dalam beberapa hari Anda menjumpai ada tanaman yang jaraknya saling berdekatan atau jaraknya terlalu rapat maka Anda bisa segera memindahkan beberapa tanaman agar jarak tanam yang dihasilkan seragam dan tumbuhnya dapat berjalan secara optimal.

Perawatan Tanaman Kemangi

Perawatan tanaman sangat dibutuhkan dalam cara menanam kemangi yang baik dan benar. Perawatan yang benar akan menghasilkan tanaman yang tumbuh dengan baik dan menghasilkan daun kemangi yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan disaat panen nanti.

Proses perawatan tanaman kemangi yang bisa Anda lakukan meliputi antara lain mengecek tanaman – tanaman kemangi muda apakah dapat tumbuh dengan baik atau tidak. Jika ada tanaman yang mati bisa segera Anda ganti. Sehingga nantinya proses pertumbuhannya akan seragam. Jika Anda merasa pertumbuhan tanaman muda kurang maksimal maka bisa segera menambahkan pupuk kandang pada lahan yang digunakan.

Lakukan penyiangan pada rumput – rumput atau tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman kemangi Anda. Penyiangan pada cara menanam kemangi ini dapat Anda lakukan dengan mencabut langsung tanaman – tanaman pengganggu tersebut. Jika Anda tidak melakukan penyiangan maka ditakutkan tanaman kemangi Anda akan bersaing dalam memperebutkan unsur hara pada tanah dan tanaman dapat tumbuh dengan tidak optimal.

Lakukan juga pemangkasan pada bunga – bunga kemangi yang tumbuh pada tumbuhan kemangi. Dengan melakukan pemangkasan setiap seminggu sekali maka diharapkan pertumbuhan pucuk kemangi dapat tumbuh dengan maksimal.

Panen Pada Tanaman Kemangi.

Langkah terakhir dalam cara menanam kemangi yang baik dan benar adalah proses pemanenan. Tanaman kemangi sudah dapat Anda nikmati hasilnya setelah tanaman berumur kurang lebih 30 hari. Cara memanen kemangi ini sangatlah mudah. Anda cukup memetiknya atau memotong daun kemangi dengan menggunakan alat potong yang tajam. Di sini Anda bisa menggunakan pisau atau cutter.

cara menanam kemangi
Panen kemangi pada lahan-gobekasi

Demikian tips sederhana cara menanam kemangi dari kami. Cara diatas tergolong sangatlah mudah. Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas, maka Anda dapat menggunakan pot atau polybag sebagai media tanamnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

sumber gambar: viralkan

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

Cara Menanam Kemangi Itu Mudah Loh - Baca Di sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Kemangi Itu Mudah Loh - Baca Di sini