Halaman Depan / Pertamanan / 5 Tips Cara Merawat Tanaman Anggrek Hitam Papua

5 Tips Cara Merawat Tanaman Anggrek Hitam Papua

Jika Anda seorang pecinta tanaman hias tentunya tidak asing lagi dengan tanaman anggrek. Jenis tumbuhan bunga ini adalah salah satu tanaman yang biasa dijadikan tanaman hias. Anggrek biasanya diletakkan pada teras ataupun halaman rumah. Di Indonesia ada banyak berbagai jenis macam anggrek yang hidup. Salah satunya yang paling terkenal adalah anggrek hitam papua.

anggrek hitam papua
Tanaman anggrek hitam-boboid

Anggrek hitam papua adalah jenis tanaman hias langkah yang tumbuh dan berkembang di habitat aslinya yaitu daerah Papua Indonesia. Selain di Papua, anggrek hitam juga dapat Anda temui di kepulauan Kalimantan dan sekitarnya. Anggrek hitam tersebut telah menjadi maskot untuk masing – masing daerahnya, Papua dan Kalimantan. Hal ini karena tanaman anggrek hitam papua dan anggrek hitam borneo hanya dapat Anda temui pada daerah tersebut. Pedoman praktis cara menanam bunga anggrek, baca di sini

Salah satu daya tarik dari anggrek hitam papua adalah keeksotikan dari bunga anggrek yang dihasilkannya. Untuk merawat bunga anggrek ini, sangat dibutuhkan kejelian dan perawatan yang khusus agar tanaman dapat hidup dan berkembang dengan maksimal. Kali ini kami akan mencoba memberikan tips sederhana bagaimana cara merawat anggrek hitam papua, berikut caranya:

Cara Merawat Anggrek Hitam Papua

Letakkan Anggrek Hitam Papua Pada Tempat Yang Cukup Sinar Matahari

Langkah pertama dalam merawat anggrek hitam papua adalah Anda cukup meletakkan tanaman anggrek pada tempat yang mudah terkena paparan sinar matahari yang cukup. Hal ini dikarenakan sinar matahari mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses fotosintesis tanaman, khususnya pada tanaman anggrek hitam papua.

Sinar matahari yang dibutuhkan tanaman anggrek hitam ini juga tidak boleh berlebihan. Selain akan menyebabkan tanaman anggrek mudah menjadi layu, akibat lainnya adalah tanaman akan menghasilkan warna daun yang cenderung lebih gelap.

Meletakkan Anggrek Hitam Papua Di Dalam Ruangan

Apabila Anda khawatir anggrek hitam kesayangan menjadi rusak jika diletakkan pada halaman atau pekarangan rumah, Anda dapat meletakkan tanaman ini di dalam rumah. Berikanlah pencahayaan yang cukup agar proses fotosintesis daun bisa berjalan dengan normal. Jangan lupa untuk sekali – kali mengeluarkan tanaman anggrek kesayangan Anda ke luar ruangan. Tempatkan tanaman pada tempat yang teduh dengan mendapatkan pencahayaan matahari yang cukup. Hal ini dilakukan agar proses regenerasi sel – sel batang,daun dan akar dapat maksimal karena adanya sinar matahari langsung.

Dalam penempatan tanaman di dalam ruangan sebaiknya Anda memilih di sudut – sudut atau tempat yang masih terkena sinar matahari tidak langsung.

Menambahkan Pupuk Sebagai Asupan Nutrisi

Penambahan pupuk sebagai asupan nutrisi bermanfaat sebagai tambahan nutrisi bagi tanaman anggrek hitam papua. Apabila Anda tidak memberikan pupuk sebagai asupan nutrisi tambahan maka tanaman anggrek hitam akan “merana” karena kekurangan zat yang diperlukan untuk tumbuh dengan maksimal. Jenis pupuk yang bisa Anda gunakan adalah pupuk daun dengan kandungan unsur N dan pupuk bunga untuk merangsang pertumbuhan bunga pada anggrek.

Untuk membeli pupuk khusus yang digunakan pada tanaman tropis ini Anda dapat membelinya di toko – toko pertanian atau pada toko khusus pupuk bagi tanaman anggrek.

Memilih Media Tanam Untuk Anggrek Hitam

Memilih media tanam adalah hal penting yang perlu Anda perhatikan. Jenis media tanam yang sering digunakan sebagai media tanam Anggrek adalah potongan pakis, sabut kelapa dan sekam padi dicampur dengan serbuk gergaji. Media yang terbaik bagi tanaman anggrek hitam adalah media yang cukup mengandung pori dan dapat mengikat air sehingga kelembaban media selalu terjaga. Jika Anda berniat untuk melakukan pergantian media tanam, selalu tambahkan fungisida pada perakaran agar anggrek terhindari dari serangan jamur.

Jaga Media Agar Tetap Lembab

Tanaman anggrek hitam papua adalah salah satu jenis tanaman tropis. Tidak hanya membutuhkan sinar matahari yang cukup saja tetapi juga membutuhkan kelembaban yang cukup. Untuk mendapatkan media yang lembab, lakukan penyiraman secara rutin setiap 1 kali perharinya.

Jika tanaman anggrek papua Anda masih berumur muda maka penyiraman dapat dilakukan dengan dosis 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Untuk penyiraman Anda dapat menggunakan air biasa atau air bekas cucian beras. Kenapa menggunakan air cucian beras? Air cucian beras mengandung mineral dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman anggrek.

anggrek hitam papua
Bunga anggrek hitam-pinterest

Demikian tips perawatan tanaman anggrek hitam papua dari kami. Cara di atas adalah cara yang sangat sederhana. Sebagai catatan tambahan, bunga anggrek papua hitam dapat Anda nikmati kecantikannya ketika memasuki bulan oktober sampai dengan bulan desember. Pada saat itulah semua hasil kerja keras Anda dalam merawat anggrek hitam kesayangan Anda akan terbayar dengan lunas, karena bunga yang dihasilkan sangat indah dikala mekar. Selain cara merawat anggrek hitam, berikut cara merawat anggrek bulan. Klik di sini

sumber gambar: sigambar

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara merawat bunga krisan

3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Agar Tetap Segar

Cara merawat bunga krisan – Sebagaimana diketahui bahwa bisnis budidaya bunga krisan ini adalah bisnis …

Satu komentar

  1. Informasi yang bagus dan bermanfaat. Sukses selalu.

5 Tips Cara Merawat Tanaman Anggrek Hitam Papua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Tips Cara Merawat Tanaman Anggrek Hitam Papua