Halaman Depan / Pertamanan / 7 Jenis Tanaman Vertical Garden Ini Patut Anda Coba

7 Jenis Tanaman Vertical Garden Ini Patut Anda Coba

Tanaman vertical garden – Pada artikel kali ini kami akan membahas jenis tanaman vertical garden. Apa itu vertical garden? Vertical garden atau taman vertikal adalah sebuah konsep dalam menanam tanaman yang saat ini di Indonesia sudah mulai banyak yang melakukannya. Vertical garden sangat cocok di lakukan di kota – kota besar dengan keterbatasan lahan akan tetapi ingin melakukan kegiatan berkebun. Jika menanam pada tanah di sebut dengan horizontal garden maka vertical garden yaitu Anda menanam bisa dengan menggunakan dinding tembok rumah sebagai medianya.  

Baca juga artikel kami, 10 jenis bibit bunga hias yang dapat Anda jadikan bisnis sampingan, baca di sini. 

Tanaman apa saja yang cocok untuk ditanam pada kebun vertikal? Pemilihan tanaman vertical garden memegang peranan penting dalam sebuah fungsi dan desain dari vertical garden. Dalam membuat vertical gardeng tentunya Anda menginginkan tanaman vertical garden Anda tumbuh dengan baik bukan? Akan tetapi tidak semua tanaman mampu beradaptasi jika Anda tanam secara vertikal. Tanaman yang mampu hidup pada kebun vertikal adalah tanaman yang memiliki karakteristik tertentu untuk tumbuh dan berkembang pada taman vertikal.

Pada artikel ini kami akan berikan beberapa variasi jenis tanaman vertical garden yang biasanya digunakan pada teknik berkebun vertikal.

Tanaman Paku – Pakuan Atau Pakis

Tanaman vertical garden yang pertama adalah jenis paku – pakuan atau pakis. Tanaman ini banyak dipilih karena memiliki daya adaptasi dan juga tahan terhadap kelembaban tinggi. Tanaman pakis sangat mudah untuh tumbuh dan tanaman ini mampu menutupi satu area dengan sangat cepat. Tanaman pakis ini pada umumnya tumbuh dengan mengarah ke bawah. Sehingga jika Anda ingin menanam pakis pada kebun vertikal maka disarankan untuk menanam tanaman penutup lainnya selain tanaman pakis. Adapun jenis pakis yang bisa Anda gunakan sebagai tanaman vertical garden adalah pakis sarang burung, pakis keriting, dan pakis pedang.

tanaman vertical garden
Tanaman pakuan pada vertical garden

Tanaman Bromeliads

Apa itu tanaman bromeliads? Bromeliads adalah tanaman yang mampu hidup tanpa media tanam dan tidak perlu Anda siram. Tanaman ini hanya menyerap air sangat sedikit melalui akar – akarnya. Tanaman vertical garden bromeliads ini termasuk dalam jenis tanaman yang tahan banting. Untuk kebun vertikal, Anda bisa memilih bromeliads dengan ukuran yang tidak terlalu lebar sehingga tidak memakan banyak tempat. Jika telah berbunga, bunganya akan mekar dan sangat bagus untuk menghiasi verical garden Anda. Jenis tanaman bromeliads yang bisa Anda gunakan yaitu spanish moss.

Tanaman Begonia

Jika letak kebun vertikal Anda berada pada tempat yang terkena sinar matahari dengan durasi sekitar 2 jam dalam sehari, maka begonia sangat cocok untuk di tanam sebagai tanaman vertical garden Anda. Begonia terkenal karena keunikannya yang terdapat pada corak daunnya. Misalnya pada tanaman begonia iron cross. Selain iron cross tanaman begonia lain yang baik digunakan sebagai tanaman vertical garden adalah summer rainbow.

Tanaman Hosta

Di luar Indonesia tanaman hosta atau funkia sangat laris dijadikan tanaman untuk vertical garden. Keunggulan tanaman ini adalah daunnya yang indah. Tanaman hosta sangat cocok di tanam pada kebun vertikal yang tidak terlalu banyak mendapatkan sinar matahari. Hosta adalah jenis tanaman yang evergreen atau tidak parennial.

Tanaman Lipstik

Tanaman lipstik sering digunakan sebagai tanaman gantung. Tanaman ini bisa ditumbuhkan di dalam ruangan. Karakteristik tanaman lipstik tidak membutuhkan tanah yang dalam sehingga membuat lipstik sangat cocok dijadikan tanaman untuk vertical garden.

Tanaman Sukulen

Tanaman sukulen ini sangat cocok di tanam pada kebun vertikal atau vertical garden karena memiliki daya adaptasi yang luar biasa dan sangat tahan dengan fluktuasi cuaca dan temperatur. Tanaman sekulen yang bisa Anda tanam pada vertical garden adalah crassula ( Crassula ovata ), sedum ( donkey tail dan bunny tail ) dan Echeveria ( bentuknya seperti teratai ). Jenis tanaman sukulen di atas sangat layak untuk Anda masukkan pada daftar tanaman yang layak untuk di tanam pada vertical garden.

Tanaman Udara Atau Air Plants

Semua jenis tanaman udara atau tanaman air plants dalam pertumbuhan dan perkembangannya tidak membutuhkan tanah untuk bertahan hidup. Tanaman udara biasanya tumbuh dan berkembang secara alami pada tanaman lainnya, sehingga membuatnya sempurna untuk Anda jadikan tanaman vertical garden. Contoh tanaman udara yang bisa Anda tanam pada kebun vertikal adalah Tilandsia, vriesea dan aechmea.

tanaman vertical garden
Tanaman udara-air plants

Demikian beberapa tanaman yang bisa Anda tanam pada kebun vertikal. Sebenarnya masih banyak lagi jenis tanaman yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik kebun vertikal Anda. Selamat berkebun dan terima kasih. Untuk jenis tanaman hias yang bisa Anda gunakan sebagai pengusir nyamuk, baca di sini

sumber gambar: livspace, terbit-tanam, tokopedia

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara merawat bunga krisan

3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Agar Tetap Segar

Cara merawat bunga krisan – Sebagaimana diketahui bahwa bisnis budidaya bunga krisan ini adalah bisnis …

7 Jenis Tanaman Vertical Garden Ini Patut Anda Coba


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 Jenis Tanaman Vertical Garden Ini Patut Anda Coba