Halaman Depan / Pertamanan / 5 Jenis Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Alami, Apa Saja?

5 Jenis Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Alami, Apa Saja?

Nyamuk adalah hewan yang mungkin sangat menjengkelkan bagi Anda, terutama bila musim penghujan telah tiba. Kenapa bisa demikian? Karena nyamuk adalah pembawa berbagai macam jenis penyakit, misalnya seperti malaria, demam berdarah dan lain sebagainya. Ada beraneka macam cara agar Anda dapat menyingkirkan gangguan nyamuk dari rumah. Salah satunya adalah dengan menggunakan tanaman hias pengusir nyamuk.

Tanaman hias yang dimana fungsinya hanya sebagai pemanis atau penghias saja ternyata mampu digunakan sebagai pengusir hewan kecil ini. Ada berbagai macam tanaman hias pengusir nyamuk yang dapat Anda jadikan pilihan. Tanaman hias pengusir nyamuk ini sudah sering digunakan oleh kakek nenek Anda sejak jaman dahulu pada saat belum mengenal obat pengendali nyamuk. Caranya adalah dengan menanamnya di sekitaran rumah ataupun menggosokkan daunnya ke tubuh secara langsung.

Penggunaan tanaman hias pengusir nyamuk dinilai jauh lebih aman dan sehat dibandingkan dengan penggunaan obat nyamuk bakar ataupun obat nyamuk semprot yang mempunyai banyak kandungan kimia yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Apa saja sih jenis tanaman hias pengusir nyamuk? Berikut 5 contoh tanamannya.

Tanaman Geranium

Tanaman hias pengusir nyamuk yang pertama adalah tanaman geranium. Pada beberapa daerah, tanaman ini mempunyai nama lain yaitu tapak dara. Tanaman geranium ini dipercaya bisa mengusir nyamuk karena kandungan zat sitronelol dan zat geraniol. Kedua zat ini sangat mudah terbawa angin dan membuat aroma semerbak di wilayah sekitarnya.

tanaman hias pengusir nyamuk
Tanaman geranium

Tanaman geranium dapat Anda letakkan di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk. Aroma yang dihasilkan akan sangat cepat memenuhi ruangan Anda. Jangan lupa untuk meletakkan tanaman ini dekat dengan jendela atau dekat dengan tempat yang mudah terkena angin. Hal ini dikarenakan agar aroma tanaman geranium dapat menyebar dengan cepat.

Tanaman Zodia

Tanaman yang terkenal di Papua ini mempunyai khasiat sebagai tanaman hias pengusir nyamuk. Tanaman ini digunakan dengan cara diambil daunnya kemudian digosokkan ke tubuh. Zodia banyak digunakan oleh orang papua sebelum pergi berburu ke hutan untuk menghindari gigitan nyamuk. Aroma dari daun zodia terbukti ampuh melindungi dari gigitan serangga dan nyamuk.

Daun zodia mempunyai kandungan Evodiamine dan Rutaecarpine yang ampuh dalam mengusir nyamuk. Keduanya adalah zat yang tidak disukai oleh serangga dan nyamuk. Selain dapat di gosokkan pada tubuh, tanaman asli Indonesia ini juga dapat Anda tanam di dalam pot untuk digunakan sebagai tanaman hias pengusir nyamuk di sekitar rumah Anda.  

Tanaman Lavender

Tanaman yang sudah tidak asing ini memang banyak menghiasi iklan di layar televisi Anda sebagai tanaman pengusir nyamuk yang ampuh. Maka tidak mengherankan jika bunga lavender selalu identik dengan tanaman hias pengusir nyamuk.

Tanaman hias bunga lavender ini berasal dari pegunungan Alpen Swiss. Bunga lavender mempunyai kandungan lynalyl acetate dan linalool yang aromanya sangat dibenci oleh nyamuk. Jika ada nyamuk yang mencium aroma bunga lavender maka akan langsung pergi karena aromanya dapat membuat nyamuk menjadi pusing.

Bunga lavender dapat digunakan sebagai lotion anti nyamuk. Caranya adalah dengan menyulingnya terlebih dahulu. Anda juga dapat menggunakannya langsung. caranya yaitu dengan menggosokkan bunga lavender ke area kulit tubuh Anda

Untuk mengusir nyamuk di sekitar rumah Anda maka cukup dengan menanam tanaman lavender di dalam pot saja. Selain menghasilkan aroma bunga yang wangi, warna bunga yang dihasilkan tanaman lavender juga dapat memperindah tampilang pekarangan rumah yang Anda huni.

Tanaman Citrosa Mosquito

Dari namanya saja sudah menjelaskan bahwa tanaman hias pengusir nyamuk ini ada sangkut pautnya dengan hewan kecil ini. Tanaman citrosa mosquito ini adalah salah satu tanaman pengusir nyamuk yang terbaik karena mampu menghasilkan aroma lemon yang kuat. Tidak hanya nyamuk saja, tetapi berbagai jenis serangga juga tidak menyukai aroma yang dikeluarkan oleh tanaman hias ini.

Tanaman ini berasal dai negara Belanda. Untuk menumbuhkan tanaman hias ini sangatlah mudah, Anda cukup menyiraminya dengan air dan memberikan sinar matahari secara teratur.

Tanaman Rosemary

Tanaman hias pengusir nyamuk ini mempunyai aroma seperti minyak kayu putih atau minyak telon. Dimana kedua minyak tersebut sering kali dioleskan pada bayi karena aromanya mencegah dari gigitan nyamuk atau serangga. Dengan aroma yang dimiliki oleh tanaman rosemary tersebut maka tanaman ini ampuh untuk mengusir nyamuk jauh – jauh dari Anda.

tanaman hias pengusir nyamuk
Tanaman Rosemary

Untuk mendapatkan khasiat dari tanaman rosemary maka Anda dapat menanamnya langsung di tanah atau di dalam pot. Pastikan agar tanaman ini selalu mendapatkan sinar matahari serta lakukan penyiraman secara teratur agar pertumbuhan tanaman bisa maksimal. Selain bunganya, daun rosemary dapat menghindarkan Anda dari gigitan serangga dengan cara menggosokkan daun ke kulit Anda. Akan tetapi tumbuhan ini masih sangat jarang ada di Indonesia. Ingin membuka usaha bisnis tanaman hias? baca dulu artikel kami berikut ini. Klik di sini

sumber gambar: mosquitonatural, pinterest, homedepot

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara merawat bunga krisan

3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Agar Tetap Segar

Cara merawat bunga krisan – Sebagaimana diketahui bahwa bisnis budidaya bunga krisan ini adalah bisnis …

5 Jenis Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Alami, Apa Saja?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Jenis Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Alami, Apa Saja?