Halaman Depan / Pertanian / Menanam Cabe Dalam Polybag Dengan Cara Yang Mudah

Menanam Cabe Dalam Polybag Dengan Cara Yang Mudah

Menanam cabe dalam polybag – Tanaman cabe merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai harga jual yang cukup tinggi. Meskipun harganya bisa dibilang sangat fluktuatif. Harga bumbu masakan yang satu ini bisa tiba – tiba dapat melonjak dengan sangat tinggi, terurama mendekati hari – hari besar tertentu. Faktor di atas menjadi salah satu alasan yang menyebabkan saat ini banyak masyarakat yang mulai menanam cabe sendiri. Baik itu untuk digunakan secara pribadi atau untuk dijual kembali.

menanam cabe dalam polybag
Cabe polybag

Jika Anda tinggal di wilayah perkotaan dengan ketersediaan lahan yang sempit maka menanam cabe adalah hal mustahil. Untuk menyiasati hal tersebut, tanaman cabe dapat Anda tanam menggunakan pot ataupun polybag dan untuk mendapat hasil panen yang maksimal dalam menanam cabe dalam polybag tentunya Anda harus memperhatikan kondisi lingkungan. Selain menanam dalam polybag, untuk mengatasi lahan sempit Anda dapat menanam cabe dengan cara hidroponik. Berikut tips cara tanam cabe hidroponik. Klik di sini.

Berikut tips cara menanam cabe dalam polybag yang baik dan benar.

Syarat Tumbuh Tanaman Cabe

Tanaman cabe termasuk dalam family Solanaceae, dengan bentuk perdu dan tergolong dalam tanaman semusim. Tinggi tanaman cabe bisa mencapai 50 – 120 cm dengan banyak cabang. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik pada kondisi tanah yang asam dengan pH sekitar 4 – 5 ataupun pada tanah basa yaitu pH 8.

Untuk menanam cabe dalam polybag Anda harus memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tanaman cabe. Antara lain yaitu faktor iklim, sinar matahari, curah hujan, suhu udara, kelembaban, dan penguapan. Tanaman sayur ini membutuhkan sinar matahari. Kekurangan sinar matahari pada tahap awal pertumbuhan akan menyebabkan tanaman cabe mengalami etiolasi. Jumlah cabang pada cabe sebanding dengan buah yang dihasilkan. Semakin banyak cabang yang terbentuk pada tanaman maka semakin banyak buah yang dapat Anda panen.

Tanaman cabe tidak tahan pada kondisi iklim dengan curah hujan yang tinggi. Kecuali tanaman cabe rawit. Curah hujan dapat mempengaruhi hasil panen karena buah muda yang tumbuh akan rontok dengan mudahnya. Solusinya adalah penanaman harus Anda lakukan pada musim yang tepat. Misalnya pada akhir musim penghujan. Jika Anda ingin menanam cabe di musim penghujan, berikut tipsnya. Baca di sini

Menanam cabe dalam polybag juga hendaknya memperhatikan suhu di sekitar lingkungan Anda. Suhu yang tinggi akan menyebabkan kematian tanaman. Kematian ditandai dengan gejala daun yang terbakar kemudian diikuti dengan kematian jaringan pada daun. Tanaman akan kehilangan cairan karena penguapan dan lambat laun akan menyebabkan daun berguguran dan tanaman menjadi terhambat pertumbuhannya. Pada suhu yang rendah tanaman akan menjadi kerdil dan berbuah kecil serta menghasilkan benih yang jelek. Suhu ideal untuk menanam cabe dalam polybag berkisar antara 18 – 30 derajat celcius.

Menanam Cabe Dalam Polybag

Menyemaikan Bibit

Sebelum menanam cabe dalam polybag lebih baik benih disemaikan terlebih dahulu. Penyemaian berfungsi untuk mengurangi kematian akibat tanaman belum siap dengan kondisi lapangan. Untuk wadah persemaian, Anda dapat menggunakan polybag kecil, tray ataupun daun pisang. Media untuk semai yang baik adalah tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kandang. Ayaklah terlebih dahulu media yang akan digunakan.

Menyiapkan Media Tanam

Menanam cabe dalam polybag membutuhkan media yang baik untuk pertumbuhannya. Media yang baik tersebut dapat menggunakan komposisi tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Buatlah tanah sehalus mungkin untuk mempermudah pertumbuhan akar. Anda dapat melapisi bagian dalam polybag dengan menggunakan genteng atau sabut kelapa untuk mencegah media tanam longsor pada saat penyiraman.

Memindahkan Bibit Tanaman Cabe

Benih yang telah tumbuh pada persemaian dapat Anda pindah tanamapabila telah memiliki daun sebanyak 4 lembar. Lakukan pemindahan pada pagi hari. Lakukan proses pindah tanam ini secara hati – hati agar tidak merusak perakaran tanaman cabe. Tanam tanaman cabe pada lubang tanam dengan ukuran 5 – 7 cm di dalam polybag.

Perawatan Tanaman

Menanam cabe dalam polybag membutuhkan perawatan yang intensif. Pemupukan adalah salah satu langkah perawatan awal yang dapat Anda berikan. Semprotkan pupuk organik untuk menutrisi pertumbuhan daun dan buah. Pada saat tanaman akan berbuah tambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos. Lakukan juga penyiraman sebanyak 3 hari sekali atau pada setiap kali cuaca panas terik. Agar tanaman tetap berdiri tegak, maka Anda dapat berikan penopang atau ajir dari bambu. Hilangkan tunas muda pada bagian ketiak daun setelah umur tanaman 20 hst. Lakukan perawatan sampai terbentuk cabang. Jika Anda serangan hama, gunakan insektisida alami untuk mengatasinya.

Lakukan pemberantasan hama dan penyakit dengan cepat bila sudah terdapat gejala serangan pada budidaya cabe polybag Anda. Bila ada daun tanaman cabe yang terinfeksi, segera pisahkan tanaman yang terserang tersebut. Di saat musim kemarau daun tanaman dapat Anda siram untuk menghindari serangan hama kutu dan pada musim penghujan hidari tanaman untuk tumbuh terlalu rimbun.

menanam cabe dalam polybag
Perawatan cabe dalam polybag- menanam cabe dalam polybag

Panen Tanaman Cabe

Panen pada menanam cabe dalam polybag dapat Anda lakukan pada saat buah belum sepenuhnya berwarna merah. Lakukan panen pada waktu pagi hari. Hindari melakukan panen cabe polybag pada saat siang hari dan malam hari.

sumber gambar: budidayacabeptnasa, caramenanamterbaru, evanovia

 

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Satu komentar

  1. Apa tips menanam cabe di areal gambut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *