Halaman Depan / Perkebunan / 9 Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Anda

9 Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Anda

Manfaat buah jeruk nipis – Jeruk nipis tidak hanya mempunyai rasa yang menyegarkan, tetapi buah ini juga mempunyai banyak manfaat di dalamnya. Kandungan jeruk nipis yang dominan adalah vitamin C dan cenderung memiliki rasa yang masam. Selain kandungan vitamin C, jeruk nipis juga mempunyai kandungan lain seperti flavonoid, asam folat, potasium dan berbagai nutrisi penting lainnya yang berguna dalam meregenerasi sel dengan sangat baik.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, buah jeruk nipis sangat baik jika dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Selain untuk diet, masih banyak lagi manfaat buah jeruk nipis yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya atau menggunakannya secara teratur. Misalnya saja untuk memelihara keindahan rambut, mengatasi masalah jerawat dan untuk mengencangkan kulit Anda. Adapun manfaat buah jeruk nipis untuk kesehatan akan kami ulas berikut ini :

Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Sebagai Obat Batuk

Sebelum Anda memutuskan untuk meminum obat batuk dari apotek, cobalah terlebih dahulu untuk mengobatinya dengan menggunakan jeruk nipis. Sedari dulu manfaat buah jeruk nipis sebagai obat batuk telah dibuktikan oleh banyak orang. Caranya adalah dengan membuat obat herbal jeruk nipis dari campuran satu gelas air, satu sendok teh kecap manis dan air perasan buah jeruk nipis. Aduk secara merata dan minum sampai habis. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali sehari hingga batuk Anda sembuh.

Detoksifikasi Alami

Jika Anda sering melakukan detoks dengan menggunakan obat kimia, cobalah untuk sekarang beralih kepada cara yang aman yaitu dengan memakai bahan alami berupa buah jeruk nipis. Berbagai kandungan yang ada di dalam buah jeruk nipis dapat membantu menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Manfaat buah jeruk nipis lainnya adalah adanya antioksidan di dalam buah ini sehingga bisa sebagai penangkal radikal bebas. Untuk membuat detok alami dari buah jeruk nipis caranya adalah dengan membuat infused water.

manfaat buah jeruk nipis
Infused water-manfaat buah jeruk nipis

Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jangan anggap remeh buah kecil nan masam ini, karena manfaat buah jeruk nipis yang bisa Anda dapatkan adalah daya tahan tubuh bisa meningkat secara alami jika mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur. Kandungan vitamin C nya yang tinggi dapat menjaga sistem imunitas tubuh Anda. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh Anda maka badan akan selalu fit, segar dan terbebas dari berbagai serangan penyakit.

Membantu Melancarkan Pencernaan

Pada saat melakukan program penurunan berat badan, maka tentunya Anda akan mengurangi jumlah asupan makanan di setiap harinya. Dengan sedikitnya jumlah makanan yang masuk ke tubuh Anda maka akan membuat energi tubuh juga akan berkurang. Untuk itu sangat disarankan untuk memilih jeruk nipis sebagai alternatifnya.

Manfaat buah jeruk nipis bisa membantu melancarkan pencernaan dan akan membantu tubuh Anda dalam proses penyerapan nutrisi. Sehingga tubuh Anda tidak akan cepat merasa capek atau lelah. Jeruk nipis juga kaya akan kandungan serat yang berguna untuk melancarkan buang air besar dan mengobati sembelit.

Mengatasi Gangguan Buang Air Kecil

Manfaat buah jeruk nipis lainnya adalah mampu mengatasi masalah gangguan buang air kecil. Zat beracun dan berbagai macam endapan kotoran pada organ ginjal Anda jika tidak dibersihkan maka akan mempunyai dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah jeruk nipis secara teratur maka zat kalium yang ada di buah ini akan membantu menghilangkan serta membersihkan kotoran pada ginjal, sehingga Anda akan terbebas dari gangguan penyakit batu ginjal.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan asam sitrat yang ada di buah jeruk nipis ini mempunyai manfaat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme lemak kemudian merubahnya menjadi energi yang bisa digunakan oleh tubuh. Jika Anda mengkonsumsi buah ini secara teratur, maka akan membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Cobalah mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dicampur dengan dua gelas air dan jangan lupa untuk berolahraga agar penurunan berat badan Anda dapat berjalan maksimal.

Sebagai Pengendali Kadar Gula

Manfaat buah jeruk nipis lainnya adalah dapat mengontrol kadar gula di dalam darah. Disaat kadar gula darah Anda berlebihan maka akan mengakibatkan munculnya diabetes. Jeruk nipis dapat mengurangi penyerapan gula dari makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Dengan demikian maka dapat memberikan efek yang baik karena dapat mengurangi rasa lapar dan Anda akan sukses dalam menjalani diet dalam menurunkan berat badan.

Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata adalah manfaat buah jeruk nipis lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya secara teratur. Meskipun tidak terdapat kandungan vitamin A di dalamnya, akan tetapi jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan zat antioksidan yang berguna untuk merawat dan menjaga kesehatan mata Anda.

Mencegah Kanker Dan Serangan Jantung

Kandungan flavonoid pada buah jeruk nipis mampu memberikan perlindungan dari penyakit kronis seperti kanker dan serangan jantung. Flavonoid banyak terkandung pada bagian diantara kulit dan bagian daging buahnya. Bentuknya seperti spons dan benang berwarna putih.

manfaat buah jeruk nipis
Jus jeruk nipis untuk kesehatan

Untuk penderita asam lambung disarankan untuk tidak mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan. Jika Anda ingin menanam jeruk nipis, baca artikel kami berikut ini. Klik di sini. Cara menanam jeruk nipis hasil buah maksimal. 

sumber gambar: stylecraze. lifeprovidr, revistacorrientes

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam jeruk nipis

Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Hasil Buah Maksimal

Cara menanam jeruk nipis – Jeruk nipis atau Citrus aurantifolia adalah sejenis tanaman perdu yang …

Satu komentar

  1. Terima kasih infonya bermanfaat dan menambah wawasan

9 Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Anda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Anda