Halaman Depan / Pertanian / Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. Pupuk adalah bahan material atau bahan organik yang sering ditambahkan pada tanaman. Fungsi dari pupuk itu sendiri adalah untuk memenuhi kebutuhan zat hara yang digunakan tanaman untuk tumbuh dengan baik. Pupuk memegang peranan penting bagi pertumbuhan tanaman yang Anda budidayakan.

kelebihan pupuk organik
Ilustrasi bahan dasar pupuk organik-kelebihan pupuk organik-organiclovetoknow

Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa fungsi utama dari pupuk adalah sebagai penyubur tanaman. Dengan memberikan pupuk secara teratur maka tanaman akan tumbuh dan mampu berproduksi dengan baik. Untuk melakukan pemupukan, dibutuhkan takaran yang pas. Jika Anda memberikan pupuk tidak sesuai dosis maka akan menghambat pertumbuhan tanaman.

Berdasarkan bahannnya, pupuk dapat Anda bedakan menjadi dua yaitu pupuk buatan dan pupuk alami. Pupuk buatan atau pupuk kimia adalah pupuk yang terbuat dari bahan kimia. Bahan tersebut antara lain bahan – bahan mineral seperti fosfor, nitrogen dan kalium. Sedangkan pupuk alami atau pupuk organik adalah pupuk yang bahannya terbuat dari bahan alami. Pupuk alami terbuat dari sisa metabolisme, kotoran hewan atau tumbuh – tumbuhan. Pupuk organik adalah pupuk yang ramah lingkungan jika Anda bandingkan dengan pupuk buatan atau pupuk kimia.  

Saat ini penggunaan pupuk organik lebih disukai jika dibandingkan dengan penggunaan pupuk kimia. Apalagi saat ini sering Anda dengar tentang digalakkannya budidaya bahan pakan organik. Pupuk organik sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis. Macam pupuk organik antara lain yaitu:

Pupuk Kandang

Pupuk organik yang satu ini bahannya berasal dari kotoran hewan. Kotoran hewan yang dapat Anda gunakan adalah kotoran dari jenis hewan ternak. Seperti kambing, sapi dan ayam. Selain dari kotoran, pupuk kandang juga dapat berasal dari air kencing / urin hewan ternak. Tips cara membuat pupuk organik cair dari bahan dasar urin ternak dapat Anda baca di sini. Klik di sini

Pupuk Hijau

Pupuk hijau bahannya berasal dari tumbuhan atau sisa – sisa hasil panen. Jenis tumbuhan yang sering dijadikan pupuk hijau adalah tumbuhan yang berasal dari jenis Legume. Jenis tumbuhan ini baik digunakan sebagai pupuk organik karena kandungan unsur haranya yang terbilang cukup tinggi.

Pupuk Kompos

Jenis pupuk organik ini terbuat dari campuran tanaman, hewan dan limbah organik yang telah melalui proses olahan fermentasi. Bahan pupuk kompos yang bisa Anda gunakan seperti pisang, jerami, sabut kelapa, sekam padi, urin sapi, dan eceng gondok. Cara pembuatan pupuk kompos cair dapat Anda baca pada artikel kami berikut ini. Baca di sini

Pupuk organik banyak dipilih dan dipakai khususnya oleh para petani yang melakukan budidaya bahan pakan organik. Kelebihan pupuk organik jika Anda bandingkan dengan pupuk kimia adalah bahan dari pupuk organik yang sehat dan tidak mengandung bahan kimia. Maka tidak mengherankan jika saat ini perkembangan bahan pakan organik di Indonesia semakin berkembang dan semakin bervariasi.

Pupuk organik dapat berupa pupuk organik cair dan pupuk organik padat. Ada banyak kelebihan pupuk organik yang bisa Anda dapatkan dibandingkan jika menggunakan pupuk kimia. Adapun kelebihan pupuk organik adalah sebagai berikut:

Harga Lebih Murah

Kelebihan pupuk organik yang pertama adalah harganya yang murah jika dibandingkan dengan pupuk kimia. Anda bisa membuat pupuk organik dari bahan – bahan sisa di sekitar lingkungan. Kelebihan pupuk organik lainnya adalah Anda dapat membuatnya dalam jumlah yang besar untuk digunakan pada lahan pertanian. Bandingkan jika Anda membeli pupuk kimia yang harganya dari hari ke hari semakin mahal dan ketersediaannya di pasaran semakin langka.

Bahan Baku Lebih Mudah Didapatkan

Bahan pupuk organik mudah untuk didapatkan. Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar lingkungan. Seperi tumbuhan, sisa organisme atau kotoran hewan ternak Anda. Bahan yang mudah didapatkan ini membuat Anda lebih mudah dalam membuat pupuk organik secara mandiri. Ini adalah kelebihan pupuk organik yang bisa Anda dapatkan.

Pupuk Organik Lebih Aman Dan Sehat

Kelebihan pupuk organik lainnya adalah bahan – bahan yang digunakan lebih ramah lingkungan. Bahan tersebut juga sangat aman bagi tanaman yang Anda budidayakan dan nantinya juga aman untuk dikonsumsi oleh orang banyak. Saat ini masyarakat lebih memilih bahan pakan organik karena bebas dari bahan kimia, lebih aman dan sehat bagi tubuh. Pada pupuk kimia terdapat lebih banyak unsur kimia yang dapat berpengaruh buruk terhadap tubuh Anda.

Meningkatkan Keanekaragaman Hayati

Kelebihan pupuk organik jika diberikan ke tanah maka akan meningkatkan produktivitas tanah dan umur tanah akan lebih panjang. Nutrisi organik pada pupuk organik meningkatkan keanekaragaman hayati dengan menyediakan nutrisi seperti contohnya yaitu mikrozoa.

Kandungan Mikroorganisme Tinggi

Kandungan mikroorganisme pada pupuk organik cukup banyak jika Anda bandingkan dengan pupuk kimia. Keberadaan dari mikroorganisme ini sangat diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Memelihara Unsur Hara Tanah

Unsur hara sangatlah penting untuk menyuburkan tanah. Kelebihan pupuk organik adalah mampu memobilisasi unsur hara untuk membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh akar tanaman. Jika terjadi suplai hara yang berlebihan, maka pupuk organik mampu mengendalikannya.

Meningkatkan Kesuburan Tanah

Kelebihan pupuk organik yang terakhir adalah mampu menyuburkan tanah. Pupuk organik dapat berperan mencegah terjadinya pengikisan lapisan tanah dimana lapisan tersebut mengandung banyak unsur hara. Selain itu kelebihan pupuk organik lainnya adalah mampu meningkatkan struktur tanah dan kelembaban tanah juga akan ikut terjaga jika Anda menggunakan pupuk organik.

Dari sekian banyak penelitian yang dilakukan, pupuk organik mampu meningkatkan produksi pertanian baik itu dari sisi kualitas maupun kuantitas. Dengan menggunakan pupuk organik maka kualitas lahan pertanian akan meningkat secara berkelanjutan dan jika digunakan dalam jangka panjang, pupuk organik bisa mencegah dehidrasi pada lahan Anda.

kelebihan pupuk organik
Alur dari pemberian pupuk organik-milorganite

Dengan mampu membuat pupuk alami, Anda bisa menekan biaya dalam usaha pertanian yang akan dijalankan. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan beragam manfaat yang ada, membuat pupuk alami sangat cocok Anda gunakan untuk tanaman dan tumbuhan yang akan dibudidayakan. Demikian artikel tentang kelebihan pupuk organik. Semoga bisa memberikan manfaat. Terima kasih

sumber gambar: twinagri

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

manfaat buah ciplukan

10 Manfaat Buah Ciplukan Yang Berguna Bagi Tubuh

Manfaat buah ciplukan – Ciplukan atau yang biasa juga disebut ceplukan adalah jenis tanaman liar …

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia