Halaman Depan / Perkebunan / Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif

Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif

Cara menanam srikaya – Tanaman srikaya dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan curah hujan yang merata atau sekitar 1.500 – 3.000 mm/tahun. Srikaya dapat tumbuh pada hampir semua jenis tanah namun media yang paling baik untuk tanaman ini adalah tanah berpasir atau berkapur dengan pH 6 – 6,5. Ketinggian tempat yang ideal untuk pertumbuhan tanaman srikaya yaitu antara 100 – 1000 mdpl, kondisi suhu lingkungan 20 – 25 derajat celcius. Jika suhu diatas dari utu maka akan menyebabkan buah srikaya matang sebelum waktunya.

Buah srikaya tidak hanya terkenal dengan rasanya yang lezat namun buah ini juga mempunyai banyak berbagai khasiat. Buah yang tumbuh pada daerah tropis ini mempunyai khasiat sebagai anti virus, anti diabetes, anti hipertensi dan juga sebagai anti tumor dan kanker. Buah ini bisa sebagai anti kanker karena mempunyai kandungan senyawa acetoginin yaitu muricoreasin, squamatocin dan murihexocin. Ketiga senyawa ini mempunyai sifat sebagai racun bagi sel – sel kanker. Bahkan menurut penelitian, senyawa squamatocin mempunyai kekuatan 100 juta kali lebih kuat sebagai anti kanker.

Tidak hanya kandungan senyawa – senyawa tersebut saja, buah srikaya mempunyai kandungan vitamin C yang mampu menjadi antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Kandungan vitamin C pada buah srikaya sebanyak 44 %. Untuk memperoleh khasiat tersebut diatas, Anda bisa memulai menanam srikaya di pekarangan rumah. Untuk artikel lengkap tentang manfaat tanaman srikaya, baik itu buah, daun dan bijinya bisa Anda baca pada artikel kami berikut ini. Klik di sini

Tips Cara Menanam Srikaya

Cara menanam srikaya bisa Anda mulai dengan menggunakan bijinya langsung. Namun cara ini dapat menghasilkan buah yang kurang manis, meskipun Anda menggunakan benih dari buah yang rasanya manis. Biji buah srikaya mempunyai sifat heterozigot sehingga akan mengalami pemecahan dan kemungkinan akan menghasilkan buah dengan rasa yang kurang manis.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan cara menanam srikaya dengan metode vegetatif yaitu okulasi/sambung pucuk dan cangkok. Salah satu cara untuk menghasilkan bibit yang baik adalah dengan menggunakan perbanyakan vegetatif yaitu sambung pucuk. Sambung pucuk yang dilakukan untuk menghasilkan tanaman srikaya yang baik adalah dengan menggunakan entres dari pohon induk yang unggul dan berbuah lebat.

Langkah pertama cara menanam srikaya dengan metode sambung pucuk adalah dengan memilih cabang dengan daun pucuk yang telah berumur tua dari pohon srikaya yang unggul. Potong cabang entres pada bagian dasar dan beri sedikit sisa sekitar 5 – 15 cm dari titik tumbuh pada ujung cabang. Siapkan tanaman yang akan digunakan sebagai sambungan. Potong batang bawah tersebut dengan ketinggian 10 – 20 cm dan belah batang dengan kedalaman 3 cm dengan menggunakan pisau yang tajam.

cara menanam srikaya
Cara sambung pucuk srikaya-cara menanam srikaya

Cara menanam srikaya dengan sambung pucuk selanjutnya adalah sayat dua bagian sisi yang berhadapan pada cabang entres sepanjang 3 cm sehingga membentuk seperti pahat. Kemudian sisipkan bagian entris ke bagian batang bawah bawah dan tutup tanaman dengan menggunakan plastik bening. Setelah tunas mulai tumbuh pada tanaman srikaya, buka sungkup atau penutupnya. Jagalah kondisi agar selalu lembab agar pertumbuhan pada bekas luka tetap normal.

Sedangkan untuk mengurangi penguapan, Anda bisa mengurangi daun pada batang entres. Letakkan bibit tanaman srikaya pada tempat yang terbuka selama kurang lebih satu minggu agar tanaman mampu beradaptasi dengan kondisi di lingkungan sekitar. Jika bibit telah mencapai ketinggian 70 – 100 cm maka bibit srikaya tersebut sudah siap untuk di pindah tanam.

Selama perawatan tanaman srikaya, pengendalian hama dan penyakit tanaman terutama pada buah sangat penting untuk Anda perhatikan. Hama yang seringkali menyerang pada tanaman srikaya adalah lalat buah dan kutu putih.  Kutu putih biasanya bergerombol pada lapisan kulit buah dan akan mengeluarkan cairan manis sehingga buah akan didatangi oleh semut dan buah akan ditumbuhi cendawan jelaga.

Sedangkan hama lalat buah yang menyerang tanaman srikaya akan membuat buah menjadi busuk dengan banyaknya terdapat larva atau ulat pada bagian daging buah. Buah srikaya yang terserang lalat buah akan jatuh sebelum tua. Untuk mengendalikan kedua hama tersebut Anda dapat menggunakan insektisidan dengan bahan aktif carbaryl. Gunakan insektisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan pada label kemasan.

Salah satu jenis srikaya yang kini banyak digemari adalah jenis srikaya jumbo. Srikaya jenis ini berasal dari Australia. Untuk mendapatkan jenis srikaya jumbo ini, maka teknik penanaman yang harus Anda lakukan tepat dan tidak asal – asalan.

cara menanam srikaya
Srikaya jumbo-cara menanam srikaya

Terdapat dua cara pembibitan yang bisa Anda lakukan untuk cara menanam srikaya jumbo, yaitu dengan penanaman pada area baru dengan memakai bibit muda yang berasal dari perbanyakan vegetatif atau dengan mengganti dari jenis srikaya lokal yang sudah tumbuh dewasa dengan srikaya jumbo melalui cara top working.

sumber gambar: indiamart, warasfarm, bukapalak

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman bintaro

Tanaman Bintaro, Tanaman Racun Yang Bermanfaat

Tanaman bintaro digolongkan pada kelompok tanaman peneduh. Tanaman ini bisa digunakan untuk kegiatan penghijauan lingkungan. …

Satu komentar

  1. Artikelnya bagus dan patut untuk di coba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *