Halaman Depan / Perikanan / Cara Membuat Aquascape Murah Bagi Pemula – Baca Di Sini

Cara Membuat Aquascape Murah Bagi Pemula – Baca Di Sini

Cara membuat aquascape murah – Saat ini siapa yang tidak tahu aquascape? Masih ada yang belum tahu? Kalau begitu Anda bisa tanyakan ke penghobi ikan, tanaman air dan para pecinta aquarium. Pasti Anda akan langsung diberikan penjelasan secara detail tentang apa itu aquascape dan komponen apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya.

cara membuat aquascape
Bentuk aquaspace modern

Hobi aquascape ini dibeberapa tahun belakangan sudah sangat menjangkiti para pecinta ikan hias. Bagaimana tidak, keasyikan memelihara ikan kesayangan akan bertambah dengan ketrampilan bercocok tanam di media yang minimalis pada ruangan Anda. Sungguh sangat mengasikkan kegiatan menanam di dalam tank atau aquarium dalam ruangan.

Cara membuat aquascape murah tidak serumit yang Anda bayangkan. Bahkan jika Anda seorang pemula pun asalkan tahu tentang syarat dan kebutuhan hidup tanaman air maka Anda dapat menjadi aquasper yang handal. Walaupun statusnya masih sebatas baru menumbuhkan tanaman air, hampir semua jenis tanaman air dapat tumbuh jika memenuhi persyaratannya. Antara lain yaitu cahaya dan nutrisi. Semakin Anda sering mencoba membuat aquascape, maka Anda akan mengetahui karakter dari masing – masing tanaman. Tinggal mengasah kreativitas ekosistem dan desain yang Anda inginkan.

Setelah Anda mengetahui kebutuhan tanaman maka segera terapkan dalam aquarium. Persiapan yang dibutuhkan untuk cara membuat aquascape murah adalah sebagai berikut:

Tentukan Ukuran Akuarium

Cara membuat aquascape yang pertama adalah menentukan ukuran akuarium. Semakin besar semakin baik, karena Anda akan lebih leluasa dalam mengatur desain dan proses maturenya air untuk ekosistem akan lebih mudah terbentuk. Ukuran ideal tank atau aquarium yang bisa Anda gunakan adalah ukuran 60 – 100 cm.

Pupuk Dasar Tanaman

Cara membuat aquascape yang kedua adalah memilih pupuk dasar. Pupuk adalah sumber nutrisi bagi kehidupan tanaman akar pada aquascape. Kenapa dikatakan sumber nutrisi? Karena akar tanaman akan langsung menyerap nutrisi dari pupuk dasar. Ada beraneka jenis pupuk dasar yang bisa Anda gunakan, mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal. Akan tetapi intinya adalah pupuk dasar digunakan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman.

Media Tanam Atau Substrat

Media tanam sangat penting dalam cara membuat aquascae murah ini. Anda bisa menggunakan pasir malang, bubuk bata, tanah liat, pasir kali atau yang kandungan nutrisinya komplit/soil.

Tanaman

Banyak sekali tanaman air yang bisa dipakai dalam cara membuat aquascape murah. Jika Anda seorang pemula maka jenis tanaman yang mempunyai kebuthan cahaya rendah dan perawatan sederhana adalah pilihan yang tepat. Jenis tanaman tersebut antara lain vern, moss, rizome dan beberapa jenis tanaman karpet yang mudah untuk ditanam.

Peratatan Lain

Cara membuat aquascape murah ini membutuhkan peralatan tambahan seperti lampu, bakteri starter, filter, pendingin ( seperti kipas,blower ), hardscape ( berupa kayu/akar/batu ) dan asesoris penunjang lainnya.

Cara Membuat Aquascape Murah

  • Langkah pertama cara membuat aquascape murah adalah menaburkan bakteri starter. Hal ini dilakukan jika air yang Anda gunakan benar – benar baru sehingga belum terbentuk koloni bakteri pengurai amonia pada dasar aquarium. Lakukan penaburan sebelum dasar aquarium ditutup dengan substrat.
  • Tutup lapisan dasar aquarium dengna substrat/media tanam yang sudah dicuci dengan bersih. Aturlah media posisi media tanam sesuai dengan imajinasi Anda.
  • Setelah media tanam terbentuk langkah selanjutnya dalam cara membuat aquascape murah adalah memasukkan layout penunjang seperti batu, akar – akaran dan Anda bisa mulai menanam tanaman karpet untuk membuat efek padang rumput. Untuk tanaman karpet Anda bisa menggunakan HG, monte carlo, sagitaria subulata dan tenelus.
  • Ikat ujung akar tanaman dengan mos atau tanaman sejenis vern. Kemudian isi aquarium dengan air. Cara pengisian air adalah dengan menggunakan media bantu seperti mangkok, piring atau plastik. Isi magkok dengan air secara perlahan sehingga semuanya tenggelam. Jika Anda langsung mengisi air tanpa bantuan mangkok atau piring maka substrat yang telah Anda buat akan hancur berantakan.
  • Untuk merawat substrat dalam cara membuat aquascape murah Anda bisa memasang filter dan lampu untuk aquarium dengan ukuran kurang dari 80 cm. Minimal pencahayaan untuk tanaman moss adalah 23 watt untuk lampu jenis TL/ulir dan 20 watt untuk lampu jenis LED. Kedalaman warna lampu minimal 6500.
  • Setiap tiga hari sekali Anda dapat memberikan pupuk cair dan menginjek CO2. Untuk CO2 sendiri bersifat opsional. Lakukan juga pergantian air secara rutin agar kestabilan parameter air tetap terjaga. Dalam jangka waktu 2 – 3 bulan Anda sudah dapat menikmati hasil dari bercocok tanam dalam aquarium.

Cara membuat aquascape murah ini sangatlah mudah. Setelah ekosistem yang alami telah terbentuk maka Anda sudah dapat menikmati keindahan dari aquascape. Lakukan pemeliharaan dengan membersihkan kaca dan merawat tanaman yang mulai tumbuh panjang. Agar tidak terjadi alga blooming Anda dapat memelihara pasukan pembersih seperti ikan pemakan alga, udang – udangan dan aturlah lampu agar tidak menyala secara berlebihan.

cara membuat aquascape murah
Pemupukan aquascape-cara membuat aquascape sederhana

Selamat mencoba cara membuat aquascape murah ini. Jika Anda seorang pemula maka buatlah terlebih dahulu anggaran biaya yang diperlukan sehingga nantinya dompet Anda tidak menjadi kering. Selamat mencoba dan terima kasih. Selain aquascape ada juga cara menata tanaman lainnya, yaitu tanaman terarium. Baca di sini

sumber gambar: youtube, theaquariumguide, aquascapinglove

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara ternak belut tanpa lumpur

6 Langkah Cara Ternak Belut Tanpa Lumpur Bagi Pemula

Untuk melakukan budidaya belut sebenarnya Anda bisa melakukan dengan berbagai cara, seperti cara ternak belut …

Cara Membuat Aquascape Murah Bagi Pemula - Baca Di Sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Membuat Aquascape Murah Bagi Pemula - Baca Di Sini