Halaman Depan / Perkebunan / Budidaya Jagung Manis Organik Sederhana Hasil Melimpah

Budidaya Jagung Manis Organik Sederhana Hasil Melimpah

Budidaya jagung manis – Saat ini budidaya dengan cara organik menjadi pilihan banyak masyarakat. Sayuran maupun buah – buahan yang dibudidayakan secara organik banyak diburu oleh para konsumen yang menginginkan bahan pangan yang steril dan menyehatkan. Harga bahan pangan organik di pasaran pun saat ini semakin hari semakin tinggi.

Pertanian organik adalah sistem budidaya yang menggunakan bahan alami tanpa menggunakan bantuan bahan – bahan kimia, baik itu dari pupuk ataupun pestisidanya. Salah satu bahan pangan yang dapat ditanam secara organik adalah jagung manis. Jagung adalah salah satu bahan alternatif pengganti nasi yang banyak dibudidayakan. Karbohidrat dari jagung mampu memberikan tenaga untuk Anda dalam melakukan aktivitas harian.

Jagung manis sendiri adalah salah satu varietas jagung yang mempunyai banyak penggemar. Selain rasanya yang enak, kandungan zat dalam jagung manis bisa dikatakan lengkap. Zat tersebut terdiri dari karbohidrat, nutrisi dan vitamin. Sehingga jagung manis sangat cocok untuk dikonsumsi untuk sehari – hari.

Budidaya jagung manis tidaklah sulit. Tanaman ini mampu beradaptasi pada iklim tropis seperti di Indonesia. Budidaya jagung manis kurang lebih hampir sama seperti menanam varietas jagung biasa. Bedanya adalah ada beberapa hal dan metode khusus yang mesti Anda lakukan untuk menanam jagung manis secara organik. Tips menanam tanaman jagung dengan sistem tumpang sari. Klik di sini.

Budidaya Jagung Manis Organik

Seperti penjelasan di atas, bahwa pertanian organik hanya memakai bahan alami tanpa menggunakan bantuan bahan – bahan kimia. Oleh sebab itu mulai dari pupuk sampai pestisida yang digunakan semuanya adalah berasal dari bahan alami. Ini dilakukan agar tanaman terbebas dari bahan kimia yang berbahaya.

Bagi Anda yang ini melakukan budidaya jagung manis organik, ada hal yang harus diperhatikan. Adapun hal tersebut adalah sebagai berikut:

Kondisi Tanah

Pastikan tanah yang digunakan untuk budidaya jagung manis organik terbebas dari bahan – bahan kimia. Untuk menyuburkan tanah budidaya jagung, maka Anda dapat menggunakan pupuk seperti pupuk kompos yang terbuat dari kotoran hewan ternak. Bisa menggunaka kotoran ternak ayam atau ternak sapi.

Iklim Di Lingkungan Tempat Menanam Jagung Manis

Jagung manis bisa Anda tanam pada daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman yang satu ini mampu beradaptasi pada suhu tinggi maupun suhu sejuk. Namun iklim yang baik untuk budidaya jagung manis ini adalah iklim yang panas atau lingkungan yang mempunyai suhu tinggi.

Cara Menanam Jagung Manis

Cara menanam jagung manis yang baik adalah dengan membuat lubang tanam dengan kedalaman 3 – 4 cm. Setelah itu masukkan benih jagung manis ke dalam lubang tanam kemudian tutup kembali dengan tanah. Langkah selanjutnya adalah Anda bisa menaburkan pupuk kompos yang telah disiapkan. Kemudian siram dengan menggunakan air secara merata. Untuk jarak tanam jagung manis Anda bisa menggunakan jarak 50 – 75 cm.

budidaya jagung manis
Benih jagung manis-budidaya jagung manis-youtube

Perawatan Tanaman

Perawatan pada budidaya jagung manis organik haruslah terbebas dari penggunaan bahan – bahan kimia. Tanaman jagung manis tidak luput dari serangan hama pengganggu seperti tikus, ulat, belalang dan kutu daun. Anda tidak akan bisa membasmi hama di atas secara keseluruhan. Yang bisa Anda lakukan adalah menekan jumlah hama tersebut.

Selain hama, yang perlu diwaspadai dalam menanam jagung manis selanjutnya adalah penyakit tanaman jagung. Jagung manis organik juga tidak luput dari serangan penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyerang tanaman jagung adalah karat daun, hawar pelepah dan hawar daun.

Untuk mengatasi serangan hama dan penyakit pada tanaman jagung manis di atas, Anda dapat menggunakan bio pestisida. Untuk membuat pestisida alami tersebut, Anda dapat menggunakan bahan – bahan seperti bengkoang, cabe, jahe, jambu, brotowali dan masih banyak bahan lainnya. Untuk membuat pestisida alami ini hampir sama dengan cara membuat pupuk kompos. Pestisida organik dipercaya mampu mengendalikan serangan hama dan penyakit hingga lebih dari 50 %.

Proses Panen Dan Pasca Panen Jagung Manis

Panen pada budidaya jagung manis siap dilakukan setelah 3 – 5 bulan setelah waktu penanaman. Bunga tanaman jagung manis biasaya akan muncul pada saat umur tanaman 1, 5 bulan. Panenlah terlebih dahulu jagung yang lebih muda dan terdapat pada bagian bawah tanaman jagung. Hal ini untuk memastikan bahwa nutrisi akan menuju pada tongkol yang paling atas.

Satu bulan setelah Anda memanen jagung muda yang ada di bagian bawah tanaman, maka panenlah jagung manis yang telah cukup besar pada bagian tongkol atas. Pada umur 4 – 5 bulan jagung manis organik sudah cukup besar untuk Anda panen. Lakukan panen pada budidaya jagung manis selayaknya panen pada jenis tanaman jagung biasa.

Jika proses panen selesai Anda bisa melakukan penyortiran sesuai dengan ukuran jagung. Anda bisa menjual hasil panen secara langsung atau dapat Anda olah menjadi produk olahan kemudian baru Anda pasarkan. Produk olahan jagung apa saja yang bisa Anda buat dari bahan dasar jagung? baca artikel kami berikut ini. Klik di sini

budidaya jagung manis
Hasil panen jagung manis-budidaya jagung manis-tokopedia

Untuk harga jagung manis organik di pasaran berkisar Rp 8.500 per 500 gramnya dan jagung muda organik dibanderol dengan harga RP 4.000 per 300 gramnya. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar mana jalinlah kerjasama dengan pasar – pasar modern. Kerja sama ini akan sangat bermanfaat untuk kelangsungan usaha Anda dalam jangka yang panjang.

sumber gambar lainnya: thespruce

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam jeruk nipis

Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Hasil Buah Maksimal

Cara menanam jeruk nipis – Jeruk nipis atau Citrus aurantifolia adalah sejenis tanaman perdu yang …

Satu komentar

  1. Ilmunya bermanfaat dan semoga semakin sukses. Trims

Budidaya Jagung Manis Organik Sederhana Hasil Melimpah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Budidaya Jagung Manis Organik Sederhana Hasil Melimpah