Halaman Depan / Pertanian / Beragam Manfaat Pupuk Organik Cair – Baca Di sini

Beragam Manfaat Pupuk Organik Cair – Baca Di sini

Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan jika Anda menggunakan pupuk organik cair. Diantaranya adalah menyehatkan lingkungan, menekan biaya produksi, memperbaiki struktur  dari tanah, dan dapat meningkatkan produktivitas tanaman budidaya Anda. Tips cara membuat pupuk organik cair dari bahan urine ternak, baca di sini. Berikut adalah beberapa manfaat pupuk organik cair secara lengkap serta keunggulan dari pupuk organik cair.

manfaat pupuk organik cair
Pembuatan pupuk organik cair dari urine ternak- manfaat pupuk organik cair

Mampu Menyehatkan Lingkungan

Manfaat pupuk organik cair yang pertama adalah mampu menyehatkan lingkugan. Saat ini produksi sampah di Indonesia sangat meningkat sekali, baik itu untuk sampah organik maupun non organik. Untuk menanggulangi sampah kadang kala Anda hanya membuangnya ke tempat pembuangan sampah akhir  ataupun langsung membakarnya. Padahal cara – cara ini kurang mampu mengatasi masalah persampahan di Indonesia. Pasalnya sampah yang dihasilkan setiap harinya terus meningkat dan mampu beresiko menimbulkan banyak masalah ke depannya.

Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah sampah yang efisien dan efektif adalah dengan mendaur ulangnya. Sampah non organik bisa didaur ulang menjadi biji – biji plastik sedangkan sampah organik bisa didaur ulang menjadi pupuk kompos ataupun pupuk organik cair. Mendaur ulang sampah organik untuk dijadikan pupuk organik terutama menjadi pupuk organik cair tidak hanya dapat menyuburkan tanaman saja, manfaat pupuk organik cair juga mampu menyehatkan lingkungan dan tidak akan meninggalkan residu yang berbahaya pada tanaman budidaya Anda sehingga aman untuk dikonsumsi.

Mampu Merevitalisasi Produktivitas Tanah

Penggunaan pupuk kimia atau anorganik secara berlebihan dan terus menerus akan berakibat buruk bagi kondisi hara tanah. Pupuk kimia akan terakumulasi di dalam tanah dan bisa menyebabkan tanah menjadi kekurangan unsur hara. Selain itu lama kelamaan tanah akan menjadi keras sehingga sulit untuk Anda olah dan dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Manfaat pupuk organik cair jika Anda gunakan pada tahapan budidaya akan membantu memperbaiki struktur dari tanah, menambah permeabilitas tanah dan meminimalisir ketergantungan lahan pada penggunaan pupuk anorganik. Selain itu manfaat pupuk organik cair lainnya adalah bisa digunakan sebagai sumber pakan bagi mikroorganisme tanah. Sehingga kedepannya dapat meningkatkan jumlah dan aktivitas mikroorganisme tanah, tanah menjadi gembur dan mudah dalam menyerap air.

Mampu Menekan Biaya Produksi

Petani di Indonesia umumnya menyukai penggunaan pupuk anorganik jika dibandingkan dengan penggunaan pupuk organik cair. Menurut para petani penggunaan pupuk kimia ( anorganik ) lebih praktis jika dibandingkan dengan penggunaan pupuk organik. Dengan menggunakan pupuk anorganik hasil yang didapatkan akan lebih cepat terlihat hasilnya. Sehingga pada akhirnya  petani menjadi ketergantungan dalam penggunaan pupuk anorganik. Padahal harga pupuk, jumlah atau ketersediaan pupuk anorganik di pasaran tidak stabil. Jika pupuk anorganik sulit dijumpai di pasaran maka harganya pun akan mahal, namun para petani akan sangat terpaksa untuk tetap membelinya karena telah terbiasa dengan pupuk anorganik tersebut. Kondisi seperti ini jika terjadi tentunya akan sangat memberatkan.

Untuk menghindari hal tersebut diperlukan sosialisasi yang berkelanjutan untuk memperkenalkan petani tentang manfaat pupuk organik cair serta keunggulannya jika dibandingkan dengan pupuk anorganik. Harga pupuk organik cair di pasaran juga terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan pupuk anorganik. Sehingga diharapkan dengan menggunakan pupuk organik maka dapat menekan biaya operasional dan juga dapat meningkatkan hasil panen. Pupuk organik juga dapat Anda jual dan bisa menjadi pemasukan tambahan. Bagaimana peluang dan analisis bisnis pupuk organik? klik di sini.

Pupuk Organik Cair Dapat Meningkatkan Kualitas Produk

Manfaat pupuk organik cair lainnya adalah tanaman yang dihasilkan akan lebih berkualitas. Contohnya pada tanaman sayuran, dengan menggunakan pupuk organik hasilnya akan lebih segar, enak dan daya simpan akan lebih lama. Pada produk wortel organik mempunyai daya simpan kurang lebih 3 – 4 minggu sedangkan wortel non organik daya simpannya hanya 1 – 2 minggu saja. Pada sayuran kubis tidak hanya daya simpannya saja yang lama tetapi bobot yang dihasilkan pun akan lebih berat jika dibandingkan dengan kubis non organik. Bobot pada kubis organik bisa mencapai 2 kg/buahnya.

Selain pada tanaman sayuran. Manfaat pupuk organik cair juga dapat dilihat pada tanaman buah. Contoh pada tanaman salak, buah yang dihasilkan dengan menggunakan pupuk organik akan lebih manis jika dibandingkan dengan menggunakan pupuk anorganik. Selain itu persentase bunga yang akan menjadi buah lebih banyak. Begitu juga dengan makanan yang diolah dari bahan organik. Nasi yang diolah dari beras organik mempunyai daya simpan yang lebih lama jika dibandingkan dengan nasi dari beras anorganik.

Secara umum berikut keunggulan dan manfaat pupuk organik cair jika dibandingkan dengan pupuk anorganik.

Pupuk Organik Cair

  • Kandungan unsur hara makro dan mikro lengkap tetapi jumlahnya sedikit.
  • Dapat memperbaiki keadaan struktur tanah, sehingga kondisi tanah menjadi gembur.
  • Mempunyai daya simpan air / water holding capasity yang tinggi.
  • Ada beberapa jenis tanaman yang jika di beri pupuk organik cair maka akan tahan terhadap serangan penyakit.
  • Meningkatkan tingkat aktivitas mikroorganisme tanah yang menguntungkan bagi budidaya Anda.
  • Manfaat pupuk organik cair lainnya yaitu mempunyai efek residu yang positif, sehingga tanaman yang akan Anda tanam pada musim berikutnya pertumbuhan dan produktivitasnya akan tetap baik.
manfaat pupuk organik cair
Pengaplikasian POC pada lahan-manfaat pupuk organik cair

Pupuk Anorganik

  • Hanya mempunyai satu atau beberapa kandungan unsur hara tertentu tetapi jumlahnya sangat banyak.
  • Pupuk anorganik tidak dapat memperbaiki struktur tanah. Justru jika digunakan dalam waktu yang lama akan menyebabkan kondisi fisik tanah menjadi keras.
  • Dapat menjadikan tanaman budidaya Anda rentan terhadap penyakit.
  • Pupuk anorganik akan sangat mudah tercuci dan menguap. Sehingga jika penggunaannya tidak tepat akan menjadi sia – sia.

sumber gambar manfaat pupuk organik cair: rabukwit, growveg,8village

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *