Halaman Depan / Peternakan / Ciri Kambing Etawa Super Bisa Anda Dapatkan Di Sini

Ciri Kambing Etawa Super Bisa Anda Dapatkan Di Sini

Ciri kambing etawa super – Pada dasarnya terdapat dua jenis kambing etawa super yang biasa diternakkan. Yakni jenis kambing etawa senduro dan kambu etawa kaligesing. Kedua jenis kambing tersebut adalah jenis kambing etawa super yang sangat terkenal di Indonesia. Sebenarnya masih ada lagi jenis kambing etawa super lainnya, akan tetapi kali ini kami akan membahas dua jenis saja. Untuk cara ternak kambing etawa lengkapnya, bisa Anda baca pada artikel kami berikut ini. Klik di sini

Kambing Etawa Senduro Super

Kambing etawa senduro adalah kambing endemik yang berasal dari daerah Senduro Lumajang Jawa Timur. Awalnya kambing jenis ini hanya terkenal di daerah Lumajang dan sekitarnya. Akan tetapi di tahun 2008 sudah mulai dikenal di Indonesia khususnya di daerah Jawa. Pada tahun 2014 Kementrian Pertanian Indonesia menetapkan lewat surat keterangan bahwa kambing etawa senduro sebagai jenis kambing dengan galur kambing lokal Indonesia yang harus dilestarikan dan dilindungi. SK tersebut juga menerangkan bahwa pemerintah Indonesia mengakui dan mematenkan keberadaan kambing etawa senduro.

Adapaun ciri kambing etawa super jenis senduro adalah sebagai berikut:

  • Ciri kambing etawa super senduro dapat Anda lihat melalui posturnya yang tinggi serta lingkar dada yang tebal. Hal ini ditunjang pula dengan tulang yang besar dan dapat Anda lihat pada diameter tulang kakinya. Sedangkan untuk ciri kambing etawa super senduro jantan, tinggi gumbanya mencapai 100 cm maksimal pada umur 1,5 tahun. Sedangkan untuk ukuran cempenya mencapai tinggi 65 cm – 70 cm pada umur 4 bulan atau saat lepas sapih.
  • Dengan postur yang tinggi dan ditunjang dengan tulangan yang besar menjadikan kambing etawa senduro ini mempunyai bobot yang besar pula. Ciri kambing etawa super senduro jantan mempunyai berat berkisar antara 90 – 100 kg pada umur 1 tahun.
  • Kambing etawa super ini mempunyai warna putih merata sebagai ciri khasnya. Meskipun demikian ada pula jenis kambing senduro yang memiliki warna coklat kemerahan atau pun muncul warna coklat sebagai bercak.
  • Ciri kambing etawa super senduro lainnya adalah telinga yang panjang dengan karakter yang lemas serta bentuknya melintir. Panjang telinganya dari kambing senduro dewasa bisa mencapai 30 – 40 cm.
  • Bentuk kepala membentuk muka yang cembung. Tetapi tidak semua kambing jenis ini mempunyai kriteria seperti ini. Muka cembung adalah nilai plus tersendiri terutama bagi kambing etawa super kontes. Ciri kambing etawa super senduro jantan mempunyai gelambir tebal yang menggantung pada lehernya. Semakin besar dan tebal maka akan menambah nilai estetika kambing senduro super tersebut.
  • Kambing etawa senduro yang mempunyai nilai plus adalah kambing yang tidak bertanduk. Hal ini dijadikan sebagai ciri khas untuk kambing etawa senduro yang perlu dilestarikan.
ciri kambing etawa super
Kambing etawa super senduro

Kambing Etawa Super Kaligesing

Kambing etawa kaligesing adalah jenis kambing super yang berasal dari Purworejo Jawa Tengah. Kambing jenis ini mempunyai populasi yang besar dibandingkan kambing senduro karena jenis kaligesing lebih dahulu terkenal dan persebarannya sudah merata di seluruh pulau jawa. Adapun ciri kambing etawa super kaligesing adalah sebagai berikut:

  • Ciri kambing etawa super kaligesing dapat dilihat dari posturnya yang tinggi dan memanjang. Tulangnya besar terutama pada bagian kakinya.
  • Mempunyai warna yang hitam mulai dari kepala sampai ke dada. Kadang juga ada kambing etawa kaligesing yang mempunyai warna coklat variasi. Kaki kambing berwarna hitam sampai ke lutut adalah ciri kambing etawa super kaligesing lainnya.
  • Mempunyai bentuk telinga yang panjang, lemas, lurus dan terlipat rapi ke depan. Dalam kontes kambing kaligesing, bentuk kuping seperti itu akan menjadi nilai mutlak bahkan menjadi pembeda antara kambing kaligesing dengan kambing jenis lainnya. Untuk cempe kaligesing mempunyai panjang telinga 30 cm dan pada kambing dewasa panjang telinganya bisa mencapai 35 cm bahkan lebih.
  • Ciri kambing etawa super kaligesing lainnya adalah bentuk kepalanya cembung atau nonong dengan dagu pada bagian bawah menonjol ke depan atau nyakil. Untuk kambing jantan kaligesing mempunyak gelambir yang menggantung pada lehernya.
  • Tanduk adalah ciri khas dari kambing etawa super kaligesing. Yang paling diminati adalah kambing yang memiliki tanduk memanjang ke belakang.
  • Secara umum, bulu pada kambing etawa kaligesing super lebi panjang jika dibandingkan dengan jenis kambing etawa senduro. Pada bagian kaki belakang bulu – bulu akan semakin tampak lebat, panjang dan lurus. Hal ini dapat dilihat lebih jelas lagi pada kambing kaligesing dewasa.
  • Ekor kambing kaligesing tegak seperti ekor tupai. Ekor seperti ini banyak digemari oleh penggemar kambing etawa kontes. Biasanya bulu ekor mengikuti rewos kaki belakang yang lurus dan lebat.
ciri kambing etawa super
Jenis kambing etawa super kaligesing
  • Ciri kambing etawa super jenis kaligesing yang terakhir adalah kambing jantan mempunyai dua bentuk testis yang sempurna, sama besar dan warnanya hitam. sedangkan untuk jenis betina mempunyai ambing dua buah, tidak bercabang dan besarnya sama.

sumber gambar: budidayaperawatan, kataloggeografi, google

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jenis itik

3 Jenis Itik Yang Baik Untuk Anda Budidayakan – Baca Di sini

Ada beberapa jenis itik yang sangat bagus untuk Anda budidayakan. Untuk itik petelur lokalan yang …

Ciri Kambing Etawa Super Bisa Anda Dapatkan Di Sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ciri Kambing Etawa Super Bisa Anda Dapatkan Di Sini