Halaman Depan / Pertamanan / 6 Langkah Cara Merawat Bunga Mawar Agar Berbunga Lebat

6 Langkah Cara Merawat Bunga Mawar Agar Berbunga Lebat

Cara merawat bunga mawar – Siapa yang tidak mengenal tanaman bunga mawar? Tanaman bunga mawar adalah salah satu jenis tanaman hias yang mempunyai banyak penggemar. Bunga mawar banyak diburu untuk dijadikan tanaman hias dan untuk menghiasi pekarangan rumah. Keunggulan dari tanaman hias ini adalah baunya yang harum dan warna – warna yang dihasilkan bunga hias ini sangatlah cantik.

cara merawat bunga mawar
Menanam bunga mawar dengan pot

Kecantikan dari jenis tanaman hias ini memang membuat banyak para pencinta tanaman hias langsung jati hati kepada bunga mawar. Maka tidak heran jika dibeberapa rumah sering Anda jumpai tanaman hias jenis ini. Bunga mawar yang Anda tanam di rumah tentunya akan membuat pekarangan rumah Anda semakin asri dan indah. Apalagi jika warna – warni yang dihasilkan bunga mawar tersebut Anda buat seragam tentunya hal tersebut akan menambah nilai estetika tersendiri. Budidaya bunga mawar dalam pot bisa Anda baca pada artikel kami berikut ini, klik di sini

Untuk mendapatkan hasil bunga yang menawan dan lebat diperlukan cara merawat bunga mawar yang baik dan benar. Untuk mendapatkan hasil bunga yang diinginkan, Anda bisa melakukannya dengan cara 6P. Cara 6P meliputi teknik penjemuran, teknik penyiraman, teknik pemupukan, teknik pengendalian gulma, teknik pengendalian hama dan yang terakhir adalah teknik pemangkasan.

Untuk lebih memberikan gambaran tentang cara merawat bunga mawar yang baik dan benar berikut ringkasan dari cara merawat bunga mawar dengan cara 6P. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Teknik Penjemuran

Cara merawat bunga mawar yang pertama adalah dengan teknik penjemuran. Penjemuran dapat Anda lakukan pada waktu pagi hari atau pada waktu sebelum matahari mulai meninggi. Anda bisa menjemur tanaman mawar tersebut pada pukul 7 pagi sampai pukul 9 pagi. Cara merawat bunga mawar dengan teknik penjemuran ini masih sering dipandang sebelah mata padahal cara penjemuran ini termasuk cara yang cepat agar tanaman mawar dapat menghasilkan bunga yang lebat.

Teknik Penyiraman

Cara merawat bunga mawar yang kedua adalah teknik penyiraman. Melakukan penyiraman pada tanaman bunga mawar hendaknya Anda lakukan secara rutin sehingga nantinya diharapkan bunga mawar dapat cepat berbunga. Penyiraman sebaiknya Anda lakukan di waktu pagi hari dan sore hari. Akan tetapi perlu Anda ingat bahwa dalam proses melakukan penyiraman janganlah menggunakan air yang terlalu banyak. Dengan menggunakan air yang berlebihan maka akan membuat batang mawar menjadi busuk dan akibatnya tanaman bunga mawar kesayangan Anda akan mati.

Teknik Pemupukan

Cara merawat bunga mawar yang ketiga adalah teknik pemupukan. Pemupukan yang baik dan benar akan membuat tanaman mawar Anda akan menghasilkan bunga yang lebat. Untuk teknik pemupukan ini Anda dapat menggunakan pupuk bunga mawar jenis pupuk organik maupun pupuk anorganik. Lakukan pemupukan kepada tanaman mawar Anda setiap dua minggu sekali agar menghasilkan bunga. Pemberian pupuk yang Anda berikan janganlah berlebihan. Jika Anda memberikan pupuk terlalu banyak maka bisa mengakibatkan tanaman mawar Anda akan mati.

Teknik Pengendalian Gulma

Gulma atau tanaman pengganggu harus Anda kendalikan secara intensif agar tanaman bunga mawar kesayangan Anda dapat berbunga dengan lebat. Cara pengendalian gulma dapat Anda lakukan dengan cara mencabut atau membuang tanaman pengganggu seperti rumput – rumput liar yang tumbuh di dalam wadah budidaya mawar Anda. Lakukan pengendalian gulma secara rutin karena cara merawat bunga mawar ini sangat penting untuk Anda lakukan.

Teknik Pengendalian Hama

Pengendalian hama adalah salah satu cara merawat bunga mawar agar tanaman bunga mawar Anda cepat menghasilkan bunga. Hindarkan tanaman bunga mawar Anda dari serangan hama seperti serangan hama ulat dan serangan hewan pengganggu lainnya. Lakukan pengamatan secara rutin terhadap tanaman mawar Anda dan jika telah terdapat tanda – tanda serangan dari hama maka segeralah untuk membasminya. Untuk membasmi hama pengganggu pada tanaman bunga mawar, Anda dapat menggunakan pestisida atau pun dengan cara konvensional.

Teknik Pemangkasan

Cara merawat bunga mawar yang terakhir adalah teknik pemangkasan. Pemangkasan dengan cara yang baik dan benar akan menghasilkan bunga yang lebat. Pemangkasan pada tanaman mawar dapat Anda lakukan 2 sampai 3 minggu sekali. Tujuan dari dilakukannya pemangkasan ini adalah diharapkan nantinya agar tanaman bunga mawar dapat berbunga dengan cepat dan lebat karena semakin sedikit jumlah batang pada tanaman mawar maka proses pembentukan bunga akan semakin cepat pula.

cara merawat bunga mawar
Teknik pemangkasan pada tanaman mawar

Teknis 6P diatas merupakan cara merawat bunga mawar yang bisa dikatakan sangat sederhana akan tetapi efektif untuk menghasilkan bunga dengan cepat dan lebat. Lakukan teknik diatas secara benar maka bunga mawar yang Anda budidayakan akan sering menghasilkan bunga yang lebat.  

Demikian tips dari kami tentang bagaimana cara merawat bunga mawar dengan baik. Semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi Anda dan juga sebagai inspirasi kedepannya bagi Anda yang ingin memulai budidaya tanaman mawar untuk pertama kalinya. Terima kasih dan selamat berkebun.

sumber gambar: bungamawar, tatakebun, erwinhauw

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara merawat bunga krisan

3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Agar Tetap Segar

Cara merawat bunga krisan – Sebagaimana diketahui bahwa bisnis budidaya bunga krisan ini adalah bisnis …

6 Langkah Cara Merawat Bunga Mawar Agar Berbunga Lebat


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 Langkah Cara Merawat Bunga Mawar Agar Berbunga Lebat