Halaman Depan / Pertanian / Langkah Mudah Menanam Anggur Dalam Pot, Yuk Kulik Di sini

Langkah Mudah Menanam Anggur Dalam Pot, Yuk Kulik Di sini

Tanaman anggur selain dapat Anda tanam pada kebun juga dapat Anda tanam di dalam pot. Selain dapat memperindah pekarangan rumah yang kurang produktif, buahnya pun dapat Anda nikmati sendiri bersama keluarga. Salah satu keunggulan dalam menanam anggur dalam pot adalah Anda dapat membentuk tanaman anggur seindah mungkin atau menatanya secantik mungkin sesuai dengan keinginan Anda.

menanam anggur dalam pot
Menanam anggur dalam pot

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menanam anggur dalam pot untuk mendapatkan uang tambahan atau untuk Anda nikmati sendiri hasilnya untuk kesehatan Anda. Seperti apa sih manfaat buah anggur untuk tubuh? Baca di sini. Selain itu budidaya anggur dalam pot jika di pelihara dengan benar akan menghasilkan keindahan bagi pekarangan rumah Anda. Adapun tahapan – tahapan menanam anggur dalam pot adalah sebagai berikut:

Memilih Pot Yang Baik

Langkah awal dalam menanam anggur dalam pot adalah menentukan pot yang akan digunakan. Pemilihan pot sangat penting untuk membuat tanaman anggur Anda enak dipandang dan mempercantik pekarangan rumah. Maka pot yang dipilih haruslah pot yang bagus dan baik. Anda bisa menggunakan jenis pot dari plastik, semen ataupun pot dari tanah. Diameter pada permukaan pot haruslah lebih besar dibandingkan dengan permukaan bawah atau bisa juga sama besarnya.

Namun, dari berbagai jenis bahan pot yang ada sangat dianjurkan untuk budidaya anggur adalah memakai pot dengan bahan dasar tanah. Hal ini cukup berpengaruh baik bagi tanaman anggur karena pot dengan bahan dasar tanah memiliki pori – pori pada bagian dasarnya yang mampu menyerap air. Sehingga akar tanaman tidak akan mudah mengalami kekeringan apabila Anda terlambat melakukan penyiraman dan tidak akan mudah lembab apabila penyiraman terlalu banyak. Untuk menunjang keindahan Anda bisa memilih jenis pot tanah liat dengan aneka ragam ukiran pada bagian luarnya.

Menyiapkan Media Tanam

Media tanam yang cocok untuk menanam anggur dalam pot adalah pasir dan pupuk kandang. Kenapa Anda harus menggunakan pasir? Karena pasir mempunyai sifat mudah untuk ditembus oleh akar tanaman anggur. Sebelum Anda memasukkan media tanam, campurlah kedua media tersebut dengan merata. Anda bisa menambahkan tanah yang gembur pada sepertiga bagian bawah pot. Supaya air tidak gampang keluar dari dalam pot.

Menanam Anggur Dalam Pot

Masukkan media tanah ke dalam pot kemudian masukkan pecahan batu bata atau genteng pada dasar pot. Setelah itu masukkan media pasir dan pupuk kandang yang telah dicampur. Isi pot sampai kondisi hampir penuh. Buatlah lubang tanam di tengah pot dengan ukuran menyesuaikan polybag yang Anda pakai untuk melakukan pembibitan.

Sobek polybag kemudian masukkan bibit anggur ke dalam lubang yang telah Anda buat dan atur posisi tanaman agar tegak. Selanjutnya tutup lubang dan siram tanaman anggur secukupnya. Ketika Anda selesai melakukan penyiraman biasanya permukaan media tanam akan menurun hingga 5 cm, hal ini terjadi diakibatkan pemadatan oleh media tanam. Selanjutnya Anda dapat menyimpan tanaman anggur pada tempat yang terkena sinar matahari penuh.

Perawatan Tanaman Anggur

Menanam anggur dalam pot membutuhkan perawatan yang intensif. Perawatan anggur dalam pot hampir sama dengan perawatan penanaman tanaman anggur pada lahan. Tentunya perawatan tanaman anggur dalam pot lebih mudah untuk dilakukan. Adapun beberapa perawatan yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Penyiraman dilakukan setiap hari yaitu pada waktu sore hari. Pada waktu Anda melakukan penyiraman hendaklah dilakukan secara hati – hati agar percikan air tidak merusak media tanam. Media tanam tanaman anggur ini mudah bergerak ( karena campuran pasir dan pupuk kandang ) apabila Anda tidak hati – hati melakukan penyiraman. Akibatnya posisi akar bisa berubah dan tanaman akan mudah mati.
  • Pemberian rambatan atau ajir. Fungsi dari ajir sangatlah penting agar tanaman bisa tumbuh lurus. Bahan ajir bisa menggunakan kayu atau bilahan bambu dengan ketebalan 1,5 cm dan panjang sekitar 1 m. Ajir digunakan sebagai penyangga bibit anggur sampai tiba waktunya pemangkasan yang pertama. Dalam satu pot dapat Anda berikan empat bilahan bambu atau kayu sebagai ajir.
  • Saat menanam anggur dalam pot pemupukan bisa dilakukan pada tanaman yang baru ditanam. Anda bisa menggunakan pupuk urea dengan dosis cukup satu sendok makan. Pupuk urea ini Anda berikan setiap dua minggu sekali sampai tanaman anggur berusia tiga bulan. Setelah tanaman berusia tiga bulan maka tambahkan dosis pupuk menjadi dua sendok makan dan diberikan sebulan sekali.

Tips Agar Tanaman Anggur Cepat berbuah

Hal yang harus Anda perhatikan untuk mempercepat tumbuhnya buah dalam menanam anggur dalam pot adalah pemangkasan. Terutaman pemangkasan pada ranting  yang mempercepat bunga keluar. Ketika cabang tersier sudah mulai berwarna coklat atau kurang lebih sudah berusia tiga bulan pemangkasan boleh Anda lakukan. Pemangkasan dilakukan pada cabang tersier dengan ciri mata tunas yang menonjol. Pemangkasan bisa dilakukan di ruas keempat dan kelima dari pangkal cabang tersier.

Pada proses pemangkasan yang pertama, biasanya malai bunga muncul dengan ukuran yang kecil. Jumlah malai yang muncul secara bertahap akan bertambah pada proses pemangkasan yang kedua, pemangkasan ketiga dan seterusnya. Bunga yang muncul setelah dilakukan pemangkasan perlahan akan mekar dan menghasilkan buah dengan ukuran kecil dan berwarna hijau. Buah ini akan terus tumbuh dan berkembang maksimal setelah 100 hari sejak pemangkasan.

menanam anggur dalam pot
Tips pemangkasan tanaman anggur dalam pot-menanam anggur dalam pot

Pada saat buah mulai tumbuh, tahap menanam anggur dalam pot selanjutnya adalah perlu dilakukan penyiraman setiap harinya dan pemupukan dilakukan setiap satu bulan. Dengan dosis pupuk NPK sebanyak dua sendok makan. Untuk tips cara budidaya anggur pada lahan, bisa Anda baca pada artikel kami berikut ini, Klik di sini

sumber gambar: indonesiabertanam, bobisanjaya, youtube

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya wortel

Peluang Bisnis Budidaya Wortel Pada Dataran Rendah

Tanaman wortel lebih dikenal sebagai tanaman dataran tinggi. Tanaman ini sangat cocok di tanam pada …

Langkah Mudah Menanam Anggur Dalam Pot, Yuk Kulik Di sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langkah Mudah Menanam Anggur Dalam Pot, Yuk Kulik Di sini