Halaman Depan / Pertanian / Inilah Keuntungan Dan Kendala Dari Bisnis Jahe Merah

Inilah Keuntungan Dan Kendala Dari Bisnis Jahe Merah

Bisnis jahe merah – Anda pasti sudah tahu apa itu jahe, tanaman ini sangat populer di Indonesia. Banyak hasil olahan yang dapat Anda nikmati dari tanaman ini seperti bandrek, aneka jenis wedang dan sekoteng adalah salah satu produk minuman dengan bahan dasar jahe yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Jahe sangat mudah Anda jumpai pada pasar – pasar tradisional maupun pasar modern. Cobalah tengok pada swalayan – swalayan yang ada di lingkungan Anda pasti selalu ada produk olahan dengan bahan dasar jahe.

bisnis jahe merah
Salah satu contoh produk olahan dari bisnis jahe merah

Terkenalnya tanaman jahe tidaklah secara tiba – tiba. Akan tetapi dari dulu tanaman ini sudah diketahui manfaatnya oleh orang – orang tua Anda. Penggunaan jahe sangatlah luas di kalangan masyarakat karena manfaatnya yang begitu banyak. Bukan hanya sebagai bumbu pelengkap masakan saja, namun jahe juga banyak digunakan untuk tujuan dalam bidang kesehatan. Terutama jenis jahe merah.

Adapun beberapa manfaat dari jahe merah di bidang kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Jahe merah dikenal sebagai obat herbal yang handal.
  • Sebagai antioksidan, analgesik, antiinflamasi, antikarsinogenik dan sebagai penguat jantung.
  • Sebagai pencegah obesitas.
  • Sebagai anti diare dan anti mual.
  • Melancarkan aliran darah.
  • Obat ampuh untuk kolesterol.

Sebelum Anda melanjutkan membaca artikel bisnis jahe merah ini, Anda bisa membaca terlebih dahulu tips praktis budidaya jahe merah berikut ini. Klik di sini. Setelah Anda membaca cara budidaya serta manfaat jahe diatas, maka kami akan berikan gambaran tentang peluang usaha dari bisnis jahe merah ini. Terdapat beberapa faktor yang menurut kami perlu Anda perhitungkan atau perhatikan dalam memulai bisnis jahe merah ini.

Keuntungan Dalam Bisnis Jahe Merah

Kami akan bahas beberapa faktor yang menguntungkan atau faktor pendukung keberhasilan budidaya jahe merah, antara lain yaitu:

  • Saat ini permintaan akan jahe merah masih sangat tinggi, baik itu untuk memenuhi kebutuhan lokal maupun kebutuhan luar negeri.
  • Budidaya jahe merah ini dapat dilakukan pada ketinggian sekita 1 – 2.000 mdpl. Sehingga cakupan tempat atau wilayah budidayanya relatif lebih luas.
  • Teknis cara budidaya jahe merah relatif mudah. Anda bisa menggunakan polybag ataupun karung sebagai media tanamnya. Dengan demikian Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membudidayakan jahe merah ini. Anda bisa memanfaatkan pekarangan ataupun halaman rumah yang dirasa kurang produktif. Cara dan teknik budidayanya pun literaturnya sangat banyak tersedia di internet sehingga Anda tidak akan kesulitan mencari sumber pengetahuannya. Berikut kami berikan cara menanam jahe merah lengkap dengan metode vertikultur dan polybag. Klik di sini
  • Walaupun harga jualnya saat ini sudah tidak setinggi tahun – tahun sebelumnya, akan tetapi kami masih melihat bahwa bisnis jahe merah ini masih mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Apalagi jika Anda mengolah jahe mentah menjadi produk olahan yang mempunyai nilai jual tinggi, semisal seperti serbuk minuman jahe ataupun minuman herbal. Dengan mengolah menjadi produk olahan maka nilai ekonominya akan lebih meningkat dibanding harga jahe mentah.   
  • Masih sedikitnya petani jahe yang serius untuk melakukan budidaya jahe merah secara berkelanjutan. Sehingga menjadikan bisnis jahe merah ini masih berpeluang mendatangkan keuntungan untuk Anda jika ditekuni dengan serius.
  • Biaya yang Anda keluarkan untuk melakukan bisnis jahe merah relatif kecil. Anda hanya perlu menyediakan karung atau polybag sebagai media tanam, pupuk, dan bibit. Apalagi jika budidaya ini Anda lakukan sendiri tanpa menggunakan tenaga kerja.

Hambatan Bisnis Jahe Merah

  • Hambatan yang pertama adalah Anda harus memperhatikan benar – benar kualitas jahe yang Anda budidayakan. Karena hal ini nantinya akan menentukan harga jual dan kepercayaan konsumen kepada Anda. Saat ini kualitas jahe di Indonesia masih di bawah negara – negara penghasil jahe lainnya. Bagaimana untuk mengatasi hal tersebut? Anda harus memperhatikan proses budidayanya dengan baik dan benar serta rajin mencari literatur ilmu terbaru budidaya jahe merah.
  • Serangan hama dan penyakit adalah salah satu hambatan yang sering dijumpai pada budidaya jahe merah. Namun Anda dapat menekan dan mencegah serangan hama ini apabila telah melakukan pola penanaman yang baik dan benar.
  • Susahnya menjual hasil panen jahe merah. Hal ini sering kali terjadi di Indonesia dan hampir semua jenis komoditi mengalamai hal yang sama. Hal ini disebabkan karena belum adanya regulasi yang jelas mengenai sistem atau cara penjualan maupun untuk patokan harganya. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa melakukan pemasaran jahe merah ke distributor langsung, ke pasar – pasar tradisional, ke pusat industri jamu dan minuman herbal atau menjalin kerjasama antar para petani jahe yang ada di daerah – daerah lain.

Yang terpenting Anda harus mengusahakan untuk mendapatkan harga beli yang layak dalam menjual hasil panen bisnis jahe merah Anda. Sangat ironis memang dikala para petani menjual harga jahe merah sekitar Rp 8.000 – Rp 10.000 per kgnya, sedangkan saat sampai di pasar – pasar modern harga jahe tersebut dapat melonjak sampai Rp 20.000 per kgnya.

bisnis jahe merah
Menanam tanaman jahe merah di polybag

Demikian gambaran singkat dari kami tentang keuntungan dan hambatan bisnis jahe merah. Semoga bisa memberikan gambaran yang lebih dalam kepada Anda mengenai bisnis jahe merah dan budidayanya. 

 sumber gambar: kbr.id, ukmriau, mahasiswa.me

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya wortel

Peluang Bisnis Budidaya Wortel Pada Dataran Rendah

Tanaman wortel lebih dikenal sebagai tanaman dataran tinggi. Tanaman ini sangat cocok di tanam pada …

Inilah Keuntungan Dan Kendala Dari Bisnis Jahe Merah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inilah Keuntungan Dan Kendala Dari Bisnis Jahe Merah