Halaman Depan / Perikanan / Bisnis Ikan Koi? Apa Keuntungannya? Yuk Cari Tahu Di Sini

Bisnis Ikan Koi? Apa Keuntungannya? Yuk Cari Tahu Di Sini

Bisnis ikan koi – Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang sangat populer tidak hanya di Indonesia tetapi juga seluruh dunia. Ciri khas dari ikan hias ini adalah warnanya yang sangat indah serta mempunyai keanekaragaman jenis atau spesies yang sangat bervariasi. Di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang tertarik untuk memelihara ikan koi. Sehingga sering kali diadakan kontes – kontes atau pameran ikan koi yang rutin diadakan diberbagai kota.

bisnis ikan koi
Salah satu contoh pameran ikan koi

Komunitas ikan koi di Indonesia semakin hari semakin berkembang. Ini menandakan bahwa peluang bisnis ikan koi sangat besar di dalamnya. Jika Anda salah satu orang yang mencintai ikan koi maka Anda bisa menjalankan bisnis ikan koi ini dengan baik. Sebab kecintaan Anda akan ikan koi akan membuat lebih bergairah dalam menjalankan bisnis ini. Untuk Anda yang ingin mencoba melakukan ternak ikan koi bisa membaca pada artikel kami berikut ini, klik di sini.

Mengapa Anda Memilih Bisnis Ikan Koi

Alasan pertama tak lain dan tak bukan datang dari sisi pendapatan atau keuntungannya. Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang harganya atau nilai jualnya sangatlah tinggi. Saking tingginya ada beberapa ikan yang memang memiliki keindahan terbaik dijual sampai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah untuk satu ekornya. Bayangkan saja jika Anda mempunyai jenis ikan seperti itu sebanyak 25 ekor saja maka berapa banyak uang yang Anda akan dapatkan?.

Alasan yang kedua Anda harus menjalankan bisnis ikan koi adalah pangsa pasarnya yang sangat bagus. Terutama pangsa pasar di Indonesia. Masih banyak pecinta ikan hias terutama ikan koi di Indonesia yang mencari – cari jenis ikan terbaik di pasaran sehingga permintaan akan ikan koi berkualitas tidak akan pernah surut.

Persiapan Yang Dilakukan Dan Modal Bisnis Ikan Koi

Bisnis yang baik dan mampu bertahan bahkan dapat berkembang dengan pesat adalah bisnis yamg memiliki persiapan yang  terbilang matang. Lalu, hal apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk menjalankan bisnis ikan koi ini?

Yang pertama adalah lengkapi diri Anda dengan pengetahuan. Anda diharuskan untuk belajar dan menggali setiap informasi mengenai bisnis ikan koi baik itu melalui buku – buku panduan atau bahkan saling bertukar informasi dengan pengusaha ikan koi yang telah sukses. Carilah terus dan pelajari sebanyak mungkin termasuk dari pengusaha yang telah gagal dalam usaha bisnis ikan koi mereka. Pengetahuan yang didapatkan akan sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis ikan koi dengan cara yang baik dan benar.

Yang kedua adalah modal untuk bisnis ternak ikan koi. Bisnis ikan koi bisa dibilang sebagai bisnis kelas menengah ke atas. Dimana tentunya Anda harus menyediakan berbagai sarana dan prasarana sesuai dengan pelaksanaan bisnis ikan koi Anda. Terutama bagi Anda yang ingin melakukan bisnis di bidang peternakan dan pembesaran ikan koi. Disini Anda harus menyediakan banyak sarana seperti tempat untuk memelihara ikan koi, pakan ikan koi, vitamin, alat sirkulasi air dan tempat usaha dimana nantinya aktivitas bisnis ikan koi Anda dijalankan. Tentunya Anda harus memperhitungkan tentang segala sesuatunya bukan?

Hambatan Dalam Bisnis Ikan Koi

Disetiap bisnis pastinya akan ada hambatan, Itu wajar terjadi. Demikian pula dalam bisnis budidaya ikan koi. Salah satunya adalah warna yang terdapat pada ikan koi. Tidak dipungkiri bahwa daya tarik ikan ini adalah warna serta corak di tubuhnya. Semakin baik dan indah warna ikan koi maka semakin diminati dan bernilailah ikan tersebut. Kendala warna itulah yang seringkali menjadi hambatan para petani ikan untuk memasarkan ikannya. Solusinya adalah Anda harus memberikan pakan ikan yang berkualitas untuk ikan koi Anda. Jangan sembarang pakan Anda berikan karena itu akan sangat berpengaruh. Selain itu Anda harus menjaga kualitas tempat budidaya dan air yang digunakan.

Hambatan lain yang sering terjadi adalah bibit ikan koi yang sangat rentan akan kematian. Untuk menanggulanginya Anda harus selalu mengontrol kualitas air dengan baik, air tidak mengandung asam yang tinggi, serta kadar oksigen yang cukup di dalam air untuk pemeliharaan ikan.

Trik Sukses Bisnis Ikan Koi

Untuk dapat sukses pada bisnis  ternak ikan koi, Anda harus mengupayakan semaksimal mungkin untuk menghasilkan ikan yang mempunyai corak dan warna yang menarik. Ini akan menaikkan minat konsumen untuk membeli ikan koi Anda. Selain itu, Anda juga harus mempunyai tempat bisnis ikan koi yang letaknya strategis. Misal di pusat keramaian kota. Dimana nantinya ikan yang Anda pajang di aquarium dapat terlihat oleh orang banyak. Lakukanlah penataan aquarium dengan baik. Jika Anda ingin membangun sebuah bisnis atau usaha ikan hias yang ingin dikembangkan bersama bisnis budidaya ikan mas koki maka artikel berikut dari kami tentang tips membangun usaha ikan hias ini bisa menjadi inspirasi Anda, klik di sini

Untuk teknik pemasaran lainnya, Anda bisa menggunakan media internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Sehingga peluang untuk meningkatkan penjualan menjadi sangat tinggi. Sesekali Anda juga bisa menjadi sponsor atau mendanai suatu pameran dan kontes ikan koi. Keuntungan dari ini adalah Anda bisa mendapat pemasukan dari tiket masuk, penjualan pakan dan vitamin serta lain sebagainya.

bisnis ikan koi
Contoh usaha ikan mas koi dan ikan hias lainnya

Itulah beberapa hal tentang bisnis budidaya ikan koi yang bisa menjadi gambaran Anda. Jika Anda memang sudah hobi memelihara  dan melakukan ternak ikan koi tentunya Anda tahu betul bagaimana cara terbaik untuk merawat dan membesarkan ikan koi kesayangan. Sehingga bisnis ini akan sangat cocok bagi Anda. Selamat mencoba dan sukses untuk Anda. 

sumber gambar: jawapos, duniaq, jitunews

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara ternak belut tanpa lumpur

6 Langkah Cara Ternak Belut Tanpa Lumpur Bagi Pemula

Untuk melakukan budidaya belut sebenarnya Anda bisa melakukan dengan berbagai cara, seperti cara ternak belut …

Bisnis Ikan Koi? Apa Keuntungannya? Yuk Cari Tahu Di Sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis Ikan Koi? Apa Keuntungannya? Yuk Cari Tahu Di Sini