Halaman Depan / Pertanian / Inilah Aneka Olahan Hasil Pertanian Yang Bisa Anda Jadikan Usaha

Inilah Aneka Olahan Hasil Pertanian Yang Bisa Anda Jadikan Usaha

Sebagai seorang generasi millenium tentunya Anda harus berbangga diri, karena identitas bangsa tetap bertahan disaat era industri terus berkembang pada saat ini. Pertanian di Indonesia saat ini telah berbeda jauh dengan pertanian jaman dahulu. Jika jaman dahulu pertanian hanya membahas hal – hal mengenai proses tanam menanam pada lahan maka saat ini pertanian sudah mencakup ke arah di luar proses tanan menanam dan mencakup ke proses olahan hasil pertanian yang mempunyai nilai jual lebih tinggi.

Penggunaan teknologi pada bidang pertanian saat ini gencar dilakukan. Para pelaku kegiatan di bidang pertanian banyak yang telah melakukan inovasi di bidang hasil olahan pertanian. Hasil dari pertanian tidak hanya menjual produk mentah saja namun untuk meningkatkan nilai jualnya maka diolah lagi menjadi produk olahan pertanian. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi dalam pembuatan olahan hasil pertanian berupa dodol. Dodol tidak akan menjadi dodol jika tidak ada teknologi pertanian yang menyertainya.

Selain dodol masih banyak lagi olahan hasil pertanian yang di buat di Indonesia. Jajanan serta kue – kue kering yang banyak di jual di pasaran ternyata berasal dari hasil pertanian yang telah diolah menjadi produk yang lebih bernilai jual. Jika Anda mendalami lebih dalam lagi pasti Anda akan menemukan banyak produk olahan dari hasil pertanian. Artikel kami kali ini akan membahas beberapa olahan hasil pertanian yang banyak beredar di pasaran:

Dodol

Dodol pada dasarnya terbuat dari campuran santan kelapa, gula pasir, tepung ketan, garam dan gula merah. Bahan – bahan tersebut di atas adalah 100% hasil dari pertanian. Sekarang ini banyak sekali cita rasa dodol yang bisa Anda temui di berbagai gerai toko – toko di Indonesia. Misalnya saja seperti dodol rasa strawberry, dodol rasa durian bahkan dodol rasa sayuran dan temulawak pun bisa Anda jumpai. Hasil olahan pertanian yang berupa dodol aneka rasa tersebut tidak terlepas dari inovasi para pelaku usaha untuk menambah atau menaikkan niai jual dari produk yang dijualnya.

olahan hasil pertanian
Bahan membuat dodol kweni-Olahan hasil pertanian

Brownies Aneka Rasa

Banyaknya inovasi dan ide – ide kreatif yang bermunculan dalam membuat brownies, membuat banyak bermunculan kue brownies beraneka rasa. Salah satunya adalah brownies dengan rasa kopi. Kopi adalah produk hasil pertanian yang biasa diolah menjadi minuman yang banyak digemari. Untuk meningkatkan nilai jual kopi maka dibuatlah pengolahannya kini bisa dijadikan kue brownies yang enak.

Aneka Keripik Buah

Jika Anda pernah berwisata ke Malang Jawa Timur tentunya akan menemui berbagai jenis keripik yang terbuat dari beraneka ragam jenis buah – buahan. Mulai dari keripik pisang, keripik apel, keripik jambu sampai dengan keripik daun singkong pun bisa Anda jumpai. Keripik – keripik tersebut diolah memakai bahan dasar buah – buahan yang merupakan salah satu jenis dari produk hasil pertanian.

Aneka Tepung

Olahan hasil pertanian lainnya berupa tepung. Mulai dari tepung singkong, tepung jagung maupun tepung ikan. Tepung jagung biasanya digunakan dalam pengolahan pembuatan pudding. Sedangkan tepung singkong biasanya digunakan untuk pembuatan kue dan tepung ikan banyak digunakan dalam pembuatan makanan ringan serta pembuatan aneka olahan makanan lainnya. Singkong, jagung dan ikan merupakan hasil pertanian yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia.

Aneka Pakan Ternak

Untuk melakukan penghematan dalam kegiatan budidaya di bidang pertanian, para petani telah banyak melakukan inovasi untuk membuat pakan ternak alternatif dari bahan limbah sisa – sisa hasil pertanian. Dimana limbah – limah tersebut diolah dengan proses fermentasi untuk dapat dijadikan pakan bagi ternak. Jangan ragukan kandungan nutrisi dari pakan ternak organik yang dibuat dari sisa hasil pertanian. Kandungan nutrisi yang terkandung tidak kalah dengan pakan ternak hasil olahan pabrikan. Jika Anda tertarik untuk membuat pakan organik untuk ternak Anda, berikut adalah tips membuat pakan ternak, terutama ternak kambing bisa Anda baca di sini. Klik di sini.

Minyak Goreng Dari Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan produk unggulan dari Negara Indonesia, karena sudah di ekspor ke seluruh pelosok dunia dalam bentuk mentah. Untuk menaikkan nilai jual dari kelapa sawit maka diolahlah menjadi berbagai macam produk, seperti pelumas, campuran sabun, mentega maupun minyak goreng. Jika Anda ingin sukses dalam budidaya kelapa sawit, alangkah lebih baiknya jika Anda membaca artikel kami berikut ini. Artikel ini lengkap membahas panduan bagaimana cara menanam sawit sehingga panennya melimpah. Klik di sini.

olahan hasil pertanian
Olahan hasil pertanian dari sawit berupa minyak goreng

Itulah beberapa olahan hasil pertanian yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha ataupun usaha rumahan. Sebenarnya jika Anda menggali lebih dalam lagi masih banyak lagi produk pertanian yang bisa Anda gunakan untuk dijadikan bisnis. Dengan menggunakan bahan dasar dari hasil pertanian sebagai bisnis Anda sangatlah menguntungkan. Selain modal yang dibutuhkan tidaklah besar, bahan – bahan bakunya juga tidak sulit untuk didapatkan di pasaran. Semoga artikel ini mampu memberikan Anda insipirasi bahwa hasil pertanian dapat ditingkatkan nilai jualnya menjadi olahan hasil pertanian dengan nilai jual yang tinggi melalui teknologi pertanian. 

sumber gambar: heropurba, bptplitbangpertanian, foodmanufacture

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya wortel

Peluang Bisnis Budidaya Wortel Pada Dataran Rendah

Tanaman wortel lebih dikenal sebagai tanaman dataran tinggi. Tanaman ini sangat cocok di tanam pada …

Inilah Aneka Olahan Hasil Pertanian Yang Bisa Anda Jadikan Usaha


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inilah Aneka Olahan Hasil Pertanian Yang Bisa Anda Jadikan Usaha