Halaman Depan / Peternakan / Cara Memaster Kacer Juara Dengan Tepat Ada Di Sini

Cara Memaster Kacer Juara Dengan Tepat Ada Di Sini

Cara memaster kacer – Burung kacer adalah salah satu jenis burung kicauan yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicau di Indonesia. Keunggulan dari kacer adalah mempunyai jenis suara yang khas yaitu suara merdu, keras dan kadang melengking. Daya tarik inilah yang membuat para pecinta burung kicau jatuh cinta kepada kacer. Untuk menghasilkan suara burung kacer dengan kualitas terbaik, Anda harus memilih jenis burung yang memiliki potensi kearah itu. Anda bisa memulainya dengan memilih bibit dari bakalan atau anakan. Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, jika Anda juga tertarik untuk melakukan ternak kacer baca dulu artikel kami berikut ini. 6 tips cara ternak kacer dengan tepat. Klik di sini

Kenapa untuk mendapatkan kacer gacor dengan kualitas terbaik harus dimulai dari bakalan atau anakan? Hal ini dikarenakan kacer anakan atau bakalan masih dalam keadaan “kosong” sehingga Anda bisa memberikan berbagai jenis master agar kicauan atau gacornya akan semakin berisi dan mempunyai banyak variasi. Cara memaster kacer yang masih kosong bisa menggunakan berbagai jenis masteran kacer seperti  suara lovebird, cucak jenggot dan jenis lainnya yang sesuai dengan karakter suara burung kacer Anda.

Cara memaster kacer bisa menggunakan media yang sekarang sudah banyak digunakan seperti menggunakan suara master format Mp3 atau alat master lainnya yang sudah banyak dijual di toko – toko burung . Anda juga bisa mengisi langsung dengan menggunakan burung master yang diinginkan. Memasukkan suara burung tertentu kepada burung kicau adalah bukan perkara yang mudah dan memakan waktu yang lama. Ketelatenan, kesabaran dan keuletan Anda juga dibutuhkan disini.

Atrikel kali ini kami akan berikan beberapa tips cara memaster kacer jawara dengan tepat. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut:

Perhatikan Waktunya

Tips cara memaster kacer yang pertama adalah memperhatikan waktu yang tepat. Pada umunya pecinta burung kicau akan memaster kacernya dengan waktu yang bervariasi. Namun ada dua waktu utama dimana burung kacer ideal untuk dilakukan pemasteran. Yang pertama adalah setiap hari. Setiap hari setelah dilakukan pemandian burung kemudian diangin – anginkan. Kemudian burung kacer Anda bisa diperdengarkan suara master tanpa dikerodong di dalam rumah. Pastikan menempatkan kacer pada tempat yang tenang. Lakukan hal ini setiap hari pada waktu pagi jam 10.00 dan pada waktu sore pukul 16.00. Anda juga bisa melakukan pemasteran kacer pada pukul 18.00 atau menjelang magrib. Cara memaster kacer pada waktu tersebut yaitu dengan mengkrodong sangkar burung kemudian perdengarkan suara master secara sayp – sayup. Anda bisa memperdengarkan suara master hingga keesokan paginya.

Waktu cara memaster kacer yang kedua adalah pada waktu mabung atau pada waktu pergantian bulu kacer. Pada saat mabung tersebut kacer akan mampu berkonsentrasi dengan baik karena kacer tidak akan melakukan banyak aktivitas selain untuk mengganti bulu – bulunya.

Pemilihan Master

Setelah Anda mengetahui waktu yang baik dalam cara memaster kacer, maka cara memaster kacer selanjutnya adalah dengan memberikan isian kepada burung kacer Anda.  Metode yang pertama adalah dengan langsung menggunakan burung aslinya untuk dijadikan master. Baik itu burung  cucak rowo, lovebird, ataupun burung master lainnya. Namun saat ini metode tersebut sudah mulai banyak ditinggalkan karena memakan banyak waktu dan biaya.

Saat ini para pecinta kacer banyak beralih menggunakan audio dalam menggunakan masteran kacer. Baik itu yang berasal dari mp3 player atau pun melalui smartphone. Metode ini banyak dipilih karena murah, efektif dan bisa divariasikan dengan berbagai suara master yang Anda inginkan. Lalu jenis burung apa saja yang baik digunakan untuk memaster kacer? Berikut jenisnya:

cara memaster kacer
Program pemasteran kacer dari google play

Burung Lovebird

Sebaiknya cara memaster kacer dengan menggunakan burung lovebird jumlahnya harus lebih dari satu. Kemudian diletakkan dengan jarak berjauhan agar nantinya saling bersautan. Hasil suara yang ditangkap dan dikeluarkan kacer nantinya diyakini akan kasar dan indah.

Burung Cilin

Jenis burung ini adalah jenis andalan yang sering digunakan dalam pemasteran kacer. Wajib digunakan sebagai burung masteran. Cilin mempunyai suara tembakan yang sangat baik dan dibawakan secara kontinyu dan panjang.

Burung Gereja

Suara burung gereja mempunyai speed yang rapat apabila suara tersebut dibawakan pada saat akan bertarung. Apabila suara burung gereja tersebut mampu ditangkap oleh kacer dengan baik maka akan menghasilkan suara yang keras dan diyakini mampu menjadi speed pada pembawaan lagu. Sehingga nantinya akan menjadi suara yang sangat istimewa.

Jalak Suren

Suara jalak suren akan bisa menjadi istimewa apabila berhasil ditangkap oleh kacer. Suara yang dihasilkan akan kasar dan patah – patah. Hal inilah yang menjadikan kredit tersendiri bagi burung jalak suren.

Jenis Burung Madu

Semua jenis burung madu sangat digemari oleh kacer mania untuk dijadikan master, karena suara yang dihasilkan akan pedas dan kasar. Sehingga jika suara tersebut berhasil ditangkap oleh kacer akan menghasilkan kacer gacor yang istimewa.

Cara memaster kacer yaitu dengan memberikan suara burung masteran minimal 1 bulan 1 burung. Contonya pada bulan pertama berikanlah suara masteran burung cilin kemudian pada bulan berikutnya Anda bisa memberikan suara masteran burung lovebird. Kemudian seterusnya. Tujuannya adalah agar kacer Anda tidak menjadi bingung karena mendengar banyak jenis suara masteran.

Lakukan cara memaster kacer tersebut pada saat umur kacer masih muda. Diyakini pada usia tersebut memori burung kacer masih kosong dan belum banyak menyimpan suara yang ada disekitar lingkungannya.

cara memaster kacer
Cara memaster kacer dengan langsung

Cara memaster kacer terakhir dan penting adalah tingkat kecerdasan dari sang burung kacer itu sendiri.  Pemberian pakan dan multivitamin yang baik serta pola perawatan yang teratur akan berdampak positif pada perkembangan otak burung sehingga nantinya dapat menyerap suara masteran dengan baik. Untuk macam jenis makanan kacer bisa Anda cari tau pada artikel kami berikut ini. Baca di sini.

sumber gambar: kicauburung, mendetail, googleplay

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

beternak ayam potong

Prospek Cerah Dari Beternak Ayam Potong Baca Di Sini

Siapa yang tidak suka akan daging ayam? Hampir semua masyarakat Indonesia sangat menyukai aneka olahan …

Cara Memaster Kacer Juara Dengan Tepat Ada Di Sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Memaster Kacer Juara Dengan Tepat Ada Di Sini