Halaman Depan / Peluang Usaha / 3 Tips Peluang Usaha Bisnis Pupuk Pertanian Bagi Pemula

3 Tips Peluang Usaha Bisnis Pupuk Pertanian Bagi Pemula

Dengan makin banyaknya peluang usaha yang mempunyai prospek cerak pada bidang agribisnis maka saat ini sudah mulai banyak pengusaha – pengusaha pemula yang berbondong – bondong untuk memutuskan membuka usaha pada bidang agribisnis, contohnya seperti toko pupuk pertanian. Menurut pengamatan kami, bisnis pupuk pertanian adalah bisnis yang sangat menjanjikan dan usaha ini tidak pernah sepi konsumen. Saat ini penyebaran toko – toko pupuk pertanian di Indonesia tersebar dengan merata. Baik itu di kota maupun di desa – desa dan rata – rata toko pupuk tersebut untung dalam menjalankan usahanya.

bisnis pupuk
Barang yang dijual pada toko pupuk

Permintaan pupuk yang tidak pernah sepi ini dikarenakan kebutuhan para petani yang sangat tinggi. Apalagi jika telah memasuki musim tanam, maka toko – toko penjual pupuk akan laris manis diserbu oleh para petani yang hendak membeli pupuk untuk kegiatan bercocok tanam mereka. Baik itu bercocok tanam sayuran, padi, buah – buahan dan lainnya. Berdasarkan hal tersebut di atas maka kerap kali toko – toko tersebut kewalahan dalam menangani pesanan pupuk yang sedemikian besar.

Apabila Anda sedang memikirkan untuk membuka jenis suatu usaha yang menguntungkan untuk saat ini dan untuk saat yang akan datang, maka bisnis pupuk pertanian adalah salah satu jenis usaha yang bisa Anda pertimbangkan. Hal ini dikarenakan potenis keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis pupuk sangat besar dan tingkat resiko kerugian yang Anda dapatkan sangat rendah. Belum lagi tambahan keuntungan yang didapatkan dari menjual obat – obatan dan alat perlengkapan pertanian. Sungguh sebuah bisnis yang sangat menggiurkan.

Jika Anda berminat dalam menjalankan usaha pupuk pertanian maka kami akan mencoba memberikan gambaran dan penjelasan mengenai langkah – langkah yang harus Anda perhatikan dalam membuka bisnis pupuk pertanian dari awal sampai Anda sukses dalam menjalankan bisnis ini.  Adapun beberapa yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

Memperhatikan Prospek Usaha

Sebelum memulai usaha bisnis pupuk maka Anda harus terlebih dahulu melihat prospek dan potensi usaha pupuk pertanian di wilayah Anda. Hal yang harus Anda perhatikan adalah berapa banyak toko pupuk yang ada? Berapa harga pupuk yang ditawarkan? Apa saja jenis pupuk yang dijual? Bagaimana pelayanan yang diberikan oleh toko tersebut?dan lain sebagainya. Teknik ini dinamakan survey pasar dan kelayakan usaha.

Setelah Anda dapatkan data – data di atas dan ternyata hasilnya bahwa di daerah Anda sangat potensial untuk membuka bisnis pupuk pertanian maka langkah selanjutnya adalah keberanian Anda untuk memulai membuka usaha toko pupuk pertanian. Siapkanlah modal awal yang dibutuhkan untuk membuka toko pupuk pertanian. Jika Anda mempunyai modal yang terbatas maka bisnis pupuk ini bisa Anda mulai dengan menggunakan modal yang kecil

Usaha pupuk pertanian ini sangat mudah untuk dilakukan. Siapapun diri Anda bisa memulai usaha toko pupuk pertanian. Bisnis pupuk yang ada buka hendaknya menyediakan berbagai macam jenis pupuk, mulai pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk buatan pabrik, pupuk urea bersubsidi dan jenis pupuk lainnya. Bisnis pupuk ini bisa Anda jadikan usaha sampingan ataupun usaha rumahan karena kemudahan dalam menjalankannya.

Pangsa Pasar Bisnis 

Langkah selanjutnya dalam membangun bisnis pupuk pertanian adalah Anda harus menentukan pangsa pasar yang ingin dibidik. Seperti misalnya kalangan petani di sekitar daerah Anda. Lakukan survey kecil – kecilan misalnya berapa jumlah petani di daerah Anda? Dan kemana para petani tersebut membeli pupuk setiap harinya? Jika para petani tersebut membeli pupuk di toko pertanian yang sangat jauh lokasinya maka Anda bisa membangun bisnis pupuk pertanian lebih dekat kepada para petani. Sehingga usaha toko pertanian Anda bisa menjadi pilihan utama. Lokasi yang dekat dengan petani dengan ditunjang kelengkapan bisnis pupuk lainnya seperti obat dan alat pertanian serta harga yang tidak jauh berbeda dengan toko pertanian lainnya maka bisa dipastikan usaha Anda akan selalu menjadi pilihan utama para konsumen.

Produk Yang Dijual Dalam Bisnis Anda

Anda harus menentukan produk pupuk pertanian apa saja yang ingin Anda jual. Sehingga nantinya usaha Anda bisa dikatakan lengkap dalam menjual berbagai macam jenis pupuk. Selain menyediakan beraneka jenis pupuk lengkap, Anda juga bisa menjual berbagai macam alat dan kelengkapan pertanian. Seperti obat – obatan pertanian, macam benih tumbuhan, sayuran, buah – buahan, aneka jenis dan ukuran pot, vitamin dan nutrisi tumbuhan, alat mesin pertanian ( traktor dan lainnya ) serta produk – produk yang masih berhubungan dengan usaha pertanian. Hal ini sangat berguna untuk menambah keuntungan dalam bisnis pupuk pertanian Anda sekaligus untuk menambah nilai plus dimata konsumen bahwa toko pertanian Anda sangat lengkap.

bisnis pupuk
Produk pupuk pada toko pertanian

Untuk mendapatkan harga pupuk yang lebih murah dari pupuk – pupuk yang beredar di pasaran maka Anda harus mencari supplier atau distributor pupuk besar yang mampu memberikan harga produknya dengan lebih murah. Setelah bisnis pupuk yang Anda bangun semakin berkembang dengan pesat dan modal usaha telah berlebih maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba menjadi distributor atau agen pupuk pertanian. Misal distributor pupuk gresik atau distributor Urea bersubsidi. 

Pupuk tanaman dikenal banyak macamnya, salah satunya adalah pupuk bokashi. Bagaimana cara membuat pupuk bokashi yang baik? Nah untuk itu Anda bisa membacanya pada artikel kami berikut ini, klik di sini. Sedangkan untuk analisis pupuk organik secara lengkap Anda bisa membacanya di sini

sumber gambar: tokopupukwordpress, nebid, pojokbisnis

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

bumbu instan

Peluang Usaha Bumbu Instan Yang Sangat Melezatkan

Bumbu instan – Bumbu masak adalah suatu kebutuhan yang  bisa Anda jadikan peluang usaha jika …

3 Tips Peluang Usaha Bisnis Pupuk Pertanian Bagi Pemula


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 Tips Peluang Usaha Bisnis Pupuk Pertanian Bagi Pemula