Halaman Depan / Pertamanan / 3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Agar Tetap Segar

3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Agar Tetap Segar

Cara merawat bunga krisan – Sebagaimana diketahui bahwa bisnis budidaya bunga krisan ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan prospek pasar dari bunga krisan sangat baik. Bunga krisan sangat disukai oleh penggemar atau konsumen bunga hias karena memiliki beraneka ragam bentuk dan warna yang menarik. Sangat dimengerti bila ada beberapa pemula dalam bisnis bunga krisan ini terjun ke dalamnya karena prospek keuntungan yang dihasilkan dalam budidaya bunga krisan sangatlah besar. Analisis bisnis budidaya krisan dapat Anda dapatkan dengan lengkap pada artikel kami berikut ini. Klik di sini. Bunga krisan termasuk komoditi yang prospektif. Jenis bunga hias ini banyak diminati masyarakat dan permintaanya akan sangat tinggi pada hari – hari keagamaan dan hari – hari spesial tertentu.

cara merawat bunga krisan
Bucket krisan cantik

Bagi Anda seorang pemula dalam bisnis budidaya bunga hias terutama bunga krisan yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara merawat bunga krisan agar tidak mudah layu. Terutama pada bunga krisan potong. Jika nantinya Anda akan memasarkan bunga krisan potong maka ada beberapa langkah – langkah yang diperlukan untuk cara merawat bunga krisan agar bunga potong dapat bertahan lama kesegarannya dan tidak mudah layu. Untuk itu kami akan mencoba memberikan beberapa tips tentang langkah – langkah bagaimana cara merawat bunga krisan potong agar kondisinya tetap segar walau telah dilakukan pemotongan.

Tips Cara Merawat Bunga Krisan Potong

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bunga krisan potong selalu terjaga kesegarannya. Hal tersebut menyangkut dalam pelaksanaan kegiatan pemanenan dan penanganan pada pasca panennya. Menurut informasi dari Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian, waktu yang pas untuk melakukan panen bunga krisan adalah pada waktu pagi hari sekitar pukul 06.00 – 08.00 atau pada waktu sore hari. Bunga yang telah Anda panen sebaiknya segera direndam dengan menggunakan larutan glukosa sehingga bunga krisan tidak cepat menjadi layu.

Setelah proses pemanenan Anda lakukan maka biasanya ada beberapa tahapan lagi yang harus dilakukan sebelum bunga tersebut Anda pasarkan kepada pengecer ataupun pengepul. Seperti tahap pengumpulan, tahap sortasi, tahap pembungkusan, tahap perendaman larutan pengawet, tahap pengepakan, tahap fumigasi ( biasanya dilakukan untuk ekspor ) dan tahap pengiriman ke tempat penjualan akhir.

Proses Perendaman Pada Cara Merawat Bunga Krisan

Cara merawat bunga krisan potong agar lebih tahan kesegarannya adalah dengan melalui tahapan yang penting yaitu tahapan perendaman. Perendaman bunga krisan menggunakan larutan pengawet. Dalam hal ini zat pengawet digunakan pada 4 macam kegiatan yaitu conditioning, pulsing, holding solution dan pembukaan kuncup pada bunga.

  • Conditioning adalah cara merawat bunga kirsan dengan perlakuan memberikan air pada bunga yang layu. Pemberian air menggunakan air deionized yang mengandung larutan pembasmi kuman.
  • Pulsing adalah perlakuan perendaman di dalam larutan yang telah mengandung nutrisi glukosa dan sukrosa atau larutan anti oksidan.
  • Holding solution adalah perlakuan perendaman pada tangkai bunga dalam waktu singkat dengan menggunakan larutan pengawet nitrat perak/asam sitrat.

Proses Penyimpanan Pada Cara Merawat Bunga Krisan

Aktivitas penyimpanan juga memegang peranan penting dalam mempengaruhi kondisi kesegaran bunga krisan potong. Jika Anda ingin menyimpan bunga krisan potong untuk jangka waktu yang tidak terlalu lama atau menyimpannya untuk sementara yang harus Anda lakukan adalah menyimpan bunga pada suhu ruangan dengan posisi pangkal tangkai bunga krisan terendam di dalam bak penampung yang telah terisi air bersih.

Sedangkan jika Anda melakukan penyimpanan bunga krisan potong untuk persediaan dalam jangka waktu yang lama maka cara merawat bunga krisan agar bisa tetap segar adalah dengan cara menyimpan bunga krisan potong pada ruangan berpendingin atau cold storage dengan menggunakan temperatur sekitar 5 derajat celcius dengan kelembaban udara rata – rata 90% atau kelembaban udara yang tinggi.

Proses Pengangkutan Pada Cara Merawat Bunga Krisan

Dalam proses pengangkutan atau proses pengiriman bunga krisan potong dengan menggunakan mobil boks sebaiknya Anda lengkapi dengan pengatur suhu. Selama perjalanan mengantarkan bunga krisan potong aturlah suhu di dalam mobil boks tetap rendah dan stabil pada suhu sekitar 12 derajat celcius. Setelah bunga krisan Anda telah sampai pada pihak pengecer maka cara merawat bunga krisan selanjutnya adalah melakukan pemotongan. 

Pemotongan dilakukan pada pangkal batang kurang lebih sekitar 2 cm kemudian letakkan bunga krisan pada ruangan berpendingin. Jika Anda tidak mempunyai ruangan berpendingin untuk penyimpanan bunga krisan, maka proses penyimpanan dapat dilakukan dengan memotong pangkal batang sekitar kurang lebih 1 cm. Setelah itu letakkanlah bunga pada ember yang bersih dan telah diisi dengan air dan larutan pengawet.

cara merawat bunga krisan
Pengepakan bunga krisan

Demikian tips cara merawat bunga krisan potong agar kesegarannya dapat bertahan lama dan semoga dapat membantu untuk mempermudah menjalankan bisnis budidaya bunga kirsan Anda. Jika Anda ingin memperbanyak bibit bunga krisan dengan cara mudah, maka Anda bisa membaca artikel kami berikut ini. Baca di sini.

sumber gambar: tipsiana, thophickblogspot, tanamanmahal

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

Kebun Melati

Di Sini Kami Ungkap Budidaya Melati Lengkap Untuk Anda

Melati merupakan salah satu jenis tanaman perdu dengan batang tegak dan siklus hidupnya tahunan. Melati …

3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Agar Tetap Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Agar Tetap Segar