Halaman Depan / Perkebunan / Bisnis Budidaya Kelengkeng Untungnya Memang Manis

Bisnis Budidaya Kelengkeng Untungnya Memang Manis

Budidaya kelengkeng – Siapa yang tidak kenal dengan buah kelengkeng? Buah dengan nama latin Dimocarpus Logan ini adalah buah yang mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Buah ini pada awalnya berasal dari pedalaman daerah Sumatera dan Kalimantan. Buah kelengkeng ini sangat digemari oleh berbagai kalangan, baik itu anak – anak hingga orang dewasa. Hal ini dikarenakan buah kelengkeng memiliki rasa manis yang enak.

budidaya kelengkeng
Bibit kelengkeng siap tanam

Bisnis budidaya kelengkeng adalah bisnis yang sangat menggiurkan, karena buah kelengkeng yang manis mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Maka tidak mengherankan banyak para petani yang mencoba peruntungannya untuk menanam tanaman kelengkeng. Untuk melakukan budidaya kelengkeng, Anda tidak diharuskan memiliki lahan yang luas. Untuk menanam tanaman kelengkeng Anda bisa memanfaatkan media pot.

Selain memiliki rasa yang manis, buah kelengkeng juga memiliki kandungan gizi yang bisa dikatakan lengkap. Adapun beberapa kandungan gizi yang terdapat pada buah kelengkeng adalah Magnesium, vitamin B, Seng, Kandungan B1,B2,B3, vitamin A, kalium, zat besi, vitamin C kalsium dan juga asam tartik. Sehingga kelengkeng jika dikonsumsi secara benar dapat memberikan khasiat pada tubuh Anda. Manfaat buah kelengkeng pada kesehatan tubuh adalah dapat menghindarikan Anda dari depresi yang berlebihan, mebuat kerja jantung dan limpa lebih baik, mempercepat penyembuhan, memperpanjang kerja jantung, sebagai sumber energi dan kelengkeng juga dipercaya dapat membantu Anda menurunkan berat badan bagi yang sedang melakukan program diet. Masih banyak loh manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah kelengkeng. Manfaat buah kelengkeng secara lengkapnya bisa Anda baca pada artikel kami berikut ini, klik di sini. Tapi Anda juga perlu ingat bahwa mengkonsumsi kelengkeng secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. 

Jika Anda mempunyai media yang cukup, Anda juga bisa menanam kelengkeng di pekarangan rumah. Sehingga Anda tidak perlu lagi untuk membeli buah ini dipasar dan Anda tidak memetiknya saja di pekarangan rumah. Untuk melakukan budidaya kelengkeng ini ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan agar usaha budidaya tanaman kelengkeng bisa berlangsung dengan baik. Adapun beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam bisnis budidaya kelengkeng adalah sebagai berikut

Tips Memulai Usaha Budidaya Kelengkeng

  • Dalam memulai bisnis budidaya kelengkeng persiapan lokasi adalah langkah yang memegang peranan penting. Siapkan lokasi usaha pada dataran rendah antara 200 – 600 mdpl dengan tipe iklim basah. Musim kering yang terjadi tidak lebih dari empat bulan dan curah hujan mencapai 1.500 – 3.000 mm pertahun.
  • Buatlah lubang tanam dengan ukurang sekitar 60 cm x 50 cm dengan jarak antar lubang tanam berkisar antara 10 m x 10 m.
  • Berikanlah pupuk kandang yang telah matang pada lubang tanam dengan takaran 20 kg/lubang tanam.
  • Langkah terakhir adalah lakukanlah penanaman bibit kelengkeng dengan baik dan benar.

Strategi Bisnis Budidaya Kelengkeng

  • Lakukanlah pemangkasan secara rutin untuk membentuk cabang yang baik.
  • Berikan ZPT untuk memacu agar buah keluar.
  • Berikan pupuk tambahan dengan takaran 100 – 300 g Urea, 300 – 800 g TSP dan 100 – 300 g KCL untuk setiap tanamannya. Sesuaikan pemberian pupuk dengan umur tanaman. Lakukan pemupukan tiga kali dengan selang waktu tiga bulan.
  • Panen dapat Anda lakukan setelah memelihara tanaman kelengkeng selama 4 tahun untuk bibit okulasi. Panen raya pada budidaya kelengkeng biasanya jatuh pada bulan Januari – Februari dengan produksi 300 – 600 kg per pohonnya. Panen buah kelengkeng dapat menggunakan alat yang dapat memotong tangkai rangkaian buah kelengkeng. Seperti gunting bertangkai panjang.
  • Setelah melakukan panen untuk menjaga produktivitas pohon, Anda bisa memberikan pupuk sekali sebanyak 300 g Urea, 300 g KCL dan 800 g TSP perpohonnya.
  • Sering – seringlah mencari informasi ke sesama petani kelengkeng sebagai bahan perbandingan dengan produksi yang Anda lakukan. Dengan rajin mencari informasi tentang budidaya kelengkeng, maka Anda dapat mengetahui jenis kelengkeng baru yang paling popuer dibudidayakan serta penanganan hama dan penyakit yang paling terbaru.

Kendala Bisnis Budidaya Kelengkeng

  • Perawatan tanaman kelengkeng bisa dikatakan terbilang rumit untuk menghasilkan buah yang berlimpah dan manis.
  • Buah yang terlepas dari tangkainya akan cepat mengalami penurunan mutu.
  • Buah kelengkeng tidak dapat diperam.

Harga dari buah yang dihasilkan dari budidaya kelengkeng memang terbilang cukup mahal jika Anda bandingkan dengan buah lainnya. Namun harga tersebut sebanding dengan cita rasa yang dimiliki oleh buah ini.

budidaya kelengkeng
Panen pada budidaya kelengkeng

Salah satu jenis buah kelengkeng yang sangat laku di pasaran adalah jenis kelengkeng kinglong. Seperti apa sih varietas buah kelengkeng yang laku di pasaran atau supermarket besar seperti carefour? Anda bisa membacanya pada artikel kami berikut ini. Klik di sini. Sehingga dengan mengetahui jenis kelengkeng yang laku di pasaran maka Anda bisa membudidayakannya dan dengan mudah akan memperoleh keuntungan yang besar. 

sumber gambar: urbania, balijestro, abyspacetion

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

Kurma Tropis

Gila! Ternyata Budidaya Kurma Tropis Bisa Untung 900 Juta/Tahun

Kurma Tropis – Berbeda dengan menu sarapan keluarga lain, keluarga Muaimin Iqbal setiap paginya sering …

Bisnis Budidaya Kelengkeng Untungnya Memang Manis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis Budidaya Kelengkeng Untungnya Memang Manis