Halaman Depan / Perikanan / Usaha Sampingan Ternak Ikan Cupang Yang Menguntungkan

Usaha Sampingan Ternak Ikan Cupang Yang Menguntungkan

Ternak ikan cupang – Ikan cupang? Siapa sih yang tidak mengenal ikan hias satu ini? Yup, hampir semua kalangan di masyarakat Indonesia mengetahui jenis ikan hias ini. Mulai dari anak – anak sampai orang dewasa sudah tidak asing lagi akan nama ikan cupang. Bentuk tubuhnya yang mungil serta sirip yang lebar adalah daya tarik tersendiri bagi ikan hias air tawar ini. Berdasarkan berbagai macam bentuk tubuhnya, ikan cupang dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain yaitu halfmoon, double tail, crowntail, serit, giant, plakat dan lain – lain. Untuk tips budidaya ikan cupang dengan keuntungan yang memikat, bisa Anda baca di sini

ternak ikan cupang
Aneka jenis ikan cupang

Jenis ikan cupang giant adalah jenis ikan hasil persilangan antara ikan cupang budidaya dengan ikan cupang yang hidup di alam bebas, sehingga tidak mengherankan jika ukuran ikan hias jenis ini bisa mencapai panjang 12 cm. Ikan cupang atau dengan nama lain ikan beta ini umumnya banyak ditemui pada perairan Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam. Sedangkan untuk jenis cupang lokal dikenal dengan jenis ikan cupang serit.

Jika Anda berkunjung ke toko – toko penjual ikan hias maka dengan mudah akan ditemui jenis ikan hias ini. Pemasaran ikan beta ini memang tidak ada matinya, apalagi jika Anda telah masuk ke komunitas – komunitas hobi ikan cupang maka Anda akan mengetahui betapa pangsa pasar dari ikan hias ini sangatlah besar.

Komunitas – komunitas tersebut juga tak jarang setiap minggunya sering mengadakan kontes ikan cupang baik itu skala regional maupun kontes ikan cupang secara nasional. Dalam kegiatan kontes inilah Anda dapat menemukan ikan – ikan cupang yang berkualitas terbaik serta memiliki harga jual yang tinggi bahkan angkanya sampai menyentuh jutaan rupiah per ekornya. Hampir di seluruh daerah di Indonesia mempunyai komunitas penggemar cupang.

Ada beberapa kriteria ikan beta yang bisa dikatakan berkualitas atau berada pada Grade A. Kriteria tersebut antara lain bisa Anda lihat dari performa ikan hias ketika berenang, kerapian dari siripnya, mental sang ikan, corak warna serta kesehatannya. Ikan cupang yang memiliki kriteria seperti inilah yang biasanya mempunyai nilai jual yang tinggi. Ikan cupang yang mempunyai sirip dengan aneka betuk dan corak warna yang indah ini adalah jenis ikan cupang berkelamin jantan.

Namun bukan berarti ikan cupang berjenis kelamin betina tidak banyak diburu orang. Ikan cupang betina yang memiliki anakan dengan kualitas kontes banyak di buru untuk diternakkan. Hal inilah yang menjadi ladang dari beberapa orang untuk melakukan usaha ternak ikan cupang. Ternak ikan cupang ini bisa Anda jadikan usaha sampingan bagi Anda yang sibuk dengan rutinitas pekerjaan sehari – hari.

Kisah Sukses Usaha Sampingan Dari Ternak Ikan Cupang

Untuk melakukan ternak ikan cupang ini tidaklah susah dan merepotkan. Sehingga sangat cocok untuk Anda jadikan usaha sampingan jika Anda masih ingin bekerja di kantor ataupun tempat lainnya. Salah satu peternak yang sukses menjadikan ternak ikan cupang sebagai usaha sampingan adalah Eko Windarto. Eko windarto yang berasal dari Yogyakarta ini sudah terjun ke dalam usaha ternak ikan cupang ini sejak tahun 2000.

Menurut pengalaman beliau selama melakukan ternak ikan cupang jarang sekali beliau mengeluarkan biaya operasional kecuali untuk biaya pengiriman ke luar kota atau ke luar pulau. Beliau berkata bahwa biaya operasional untuk ternak ikan cupang ini bisa dihemat terutama untuk biaya pakan dan listrik. Jika jenis ikan hias lain sangat membutuhkan sirkulasi air dengan menggunakan aerator yang tersambung dengan aliran listrik maka ikan cupang tidak membutuhkannya.

Usaha ternak ikan cupang yang dijalankan Eko saat ini lebih mudah jika dibandingkan saat pertama kali merintis usahanya. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Hanya dengan menggunakan media internet dan masuk ke dalam komunitas – komunitas penggemar ikan cupang beliau sudah mampu memasarkan hasil ternak ikan cupang yang dikelolanya hanya dari rumah saja. Kisaran harga ikan cupang yang di lemparkan Eko ke pasaran mulai dari harga Rp 5.000, Rp 30.000 sampai dengan Rp 50.000 untuk ikan cupang kelas menengah. Sedangkan untuk ikan cupang dengan kualitas kontes Eko melepas harga di pasaran berkisar antara Rp 200.000 sampai Rp 500.000. Bahkan pernah beberapa kali beliau berhasil menjual ikan hasil budidayanya dengan harga 1 juta rupiah per ekornya.

ternak ikan cupang
Salah satu kontes ikan cupang

Untuk mengenalkan usaha ternak ikan cupang yang dikelolanya maka tak segan – segan beliau terjun langsung untuk mengikuti kontes – kontes ikan cupang yang banyak diselenggarakan. Bahkan beliau mempunyai ikan cupang andalan yang telah memenangi kontes sebanyak lebih dari 5 kali. Dari kontes – kontes itulah Eko bisa bertemu dan berkenalan dengan sesama penggemar ikan cupang dari seluruh Nusantara. Sehingga pangsa pasar ternak ikan cupang yang dikelolanya telah merambah pasar sampai ke Semarang, Solo, Banjarmasin, Manado dan Pekanbaru.

sumber gambar: bogordaily, guppycupangmania, florafaunaku

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara memelihara ikan patin

6 Faktor Penting Cara Memelihara Ikan Patin Agar Cepat Besar

Cara memelihara ikan patin – Untuk menjalankan bisnis budidaya ikan patin, ada tiga tahapan yang …

Satu komentar

  1. Mohamad Kholil, S. PKP;M. Si

    Mohon share ke kami. Trimakasih

Usaha Sampingan Ternak Ikan Cupang Yang Menguntungkan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Usaha Sampingan Ternak Ikan Cupang Yang Menguntungkan