Halaman Depan / Perikanan / Intip Di Sini 6 Tips Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Mas

Intip Di Sini 6 Tips Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Mas

Dari sekian banyak jenis ikan air tawar yang ada di Indonesia, ikan mas adalah salah satu jenis yang mempunyai banyak penggemar di Negara ini. Tekstur ikan mas yang hampir sama dengan ikan gurameh menjadikan ikan mas sebagai salah satu kuliner olahan ikan yang banyak diburu. Melihat banyaknya permintaan ikan mas di pasaran, sangat tidak mengherankan bila usaha pembenihan ikan mas mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Ini terbukti dengan semakin banyaknya permintaan benih ikan mas yang diminta oleh masyarakat yang tertarik untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari usaha budidaya pembesaran ikan mas. Para petani ikan mas lebih banyak memilih usaha pembenihan ikan mas dikarenakan benih ikan mas dapat dijual dengan sangat cepat dan mudah. Untuk di Indonesia, pembenihan ikan mas umumnya dilakukan secara alami. Usaha pembenihan dilakukan pada kolam yang berada di dalam maupun di luar ruangan dengan skala yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pembudidayaan.

pembenihan ikan mas
Bibit ikan mas siap jual

Target Pasar Bisnis Pembenihan Ikan Mas

Budidaya ikan mas bisa dikatakan terbilang cukup mudah dan saat ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Keunggulan dari ikan mas adalah dagingnya yang gurih, lunak, duri yang ada relatif sedikit dan mudah diolah menjadi beragam aneka olahan kuliner. Sehingga dapat Anda simpulkan bahwa saat ini banyak sekali permintaan akan ikan mas berukuran konsumsi. Kondisi seperti inilah yang mendorong permintaan benih ikan mas semakin tinggi.

Memulai Bisnis Pembenihan Ikan Mas

Untuk melakukan usaha pembenihan ikan mas tidak membutuhkan suatu persyaratan kontruksi yang khusus. Hanya membutuhkan persyaratan kualitas air yang layak. Jika Anda ingin atau berminat untuk menjalankan usaha pembenihan ikan mas, maka Anda bisa memulainya dengan memperhatikan beberapa langkah berikut ini:

  • Pilihlah lokasi pemijahan atau pembenihan yang memiliki sumber air dengan pH 6,5 – 8,5 dengan oksigen terlarut minimal 3 ppm, suhu 24 – 32 derajat celcius dan air tidak tercemar oleh bahan – bahan kimia.
  • Persiapkanlah alat – alat yang dibutuhkan seperti pompa air dan instalasinya, aerator atau blower, pemanas suhu air dan juga pH kit.
  • Buat petak – petak kolam pada lahan pembenihan seluas 1.000 m2. Kemudian Anda bagi menjadi 300 m2 untuk kolam perawatan indukan, kolam pembenihan atau kolam pemijahan 200 m2 dan untuk kolam pendederan 500 m2.
  • Pasanglah hapa dengan ukuran 1m x 2m x 3m pada kolam pembenihan.
  • Kemudian siapkan indukan ikan mas. Seleksilah indukan yang telah matang gonad.

Keuntungan Bisnis Budidaya Pembenihan Ikan Mas

Budidaya ikan mas mempunyai beberapa kelebihan atau keunggulan dibandingkan dengan budidaya ikan air tawar lainnya. Keunggulan tersebut antara lain:

  • Ukuran ikan mas mampu mencapai ukuran yang sangat besar. Ukuran ikan mas yang terbesar pernah mencapai berat 25 kg.
  • Durinya sedikit sehingga mudah untuk dikonsumsi dan Anda perlu tidak khawatir durinya akan termakan.
  • Pertumbuhannya cepat. Bahkan bisa Anda bandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya. Ikan mas bisa tumbuh 5 kali lebih cepat.
  • Sangat respon dengan pakan tambahan. Seperti apa pakan tambahan yang cocok untuk budidaya ikan mas Anda? Baca di sini artikelnya, klik di sini.
  • Ikan mas dapat dibenihkan secara alami dan dapat Anda besarkan pada berbagai lingkungan budidaya. Seperti kolam tanah, di dalam keramba, kolam dengan air deras dan juga pada keramba apung. Analisis bisnis budidaya ikan mas menggunakan 8 unit keramba dapat Anda baca di sini

Hambatan Bisnis Pembenihan Ikan Mas

Hambatan yang dapat Anda temui pada proses pembenihan ikan mas pada kolam adalah kesehatan ikan mas yang sangat mudah terganggu sehingga Anda dapat gagal panen. Hambatan yang sering dijumpai pada usaha budidaya pembenihan ikan mas adalah kualitas air yang kotor sehingga dapat mempengaruhi proses penetasan telur dan telur ikan yang tertempel kotoran dan jamur. Selain itu Anda membutuhkan modal yang besar untuk menjaga kondisi lingkungan terutama air untuk budidaya agar tetap bersih.

Strategi Pemasaran Pada Pembenihan Ikan Mas

Permintaan ikan konsumsi di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Akibat dari peningkatan tersebut diyakini bahwa tidak hanya bisa meningkatkan kesejahteraan pelaku bisnis olahan ikan akan tetapi juga turut mendorong ketahanan pangan dan kemandirian bangsa karena dengan meningkatnya konsumsi ikan dapat mengurangi ketergantungan terhadapa impor protein hewani lainnya.

Dalam hal ini, para petani budidaya pembenihan ikan mas dapat memasarkan benih ikan mas ke berbagai kolam pemancingan ikan, pasar – pasar tradisional, rumah makan dan restoran, supermarket dan bahkan untuk skala ekspor sekalipun.

Kunci Sukses Ternak Ikan Mas

Ada beberapa kunci sukses yang harus Anda perhatikan untuk sukses dalam proses pembenihan ikan mas, antara lain yaitu:

  • Dalam memelihara induk jantan dan betina sebaiknya Anda lakukan secara terpisah sebelum dilakukan proses pembenihan.
  • Setelah memilih calon indukan masukkan indukan jantan dan indukan betina ke dalam bak pembenihan. Perbandingan antara jumlah indukan betina dan jantan adalah 2:1.
  • Ambillah kedua indukan setelah terjadi proses pembuahan.
pembenihan ikan mas
Kolam pemijahan untuk pembenihan ikan mas
  • Biarkanlah telur ikan mas yang telah dibuahi. Biasanya telur ikan mas akan menetas dalam jangka waktu 24 – 48 jam.
  • Pemberian pakan pada larva ikan mas dapat menggunakan plankton – plankton. Pemberian pakan dapat diberikan 2 hari setelah penetasan. Selanjutnya, benih ikan mas bisa Anda berikan pakan buatan.
  • Anda harus menjaga kondisi air agar tetap bersih selama proses perawatan larva. Gantilah air secara rutin.
  • Sebaiknya Anda menghindari mengawinkan ikan dalam satu garis keturunan. Hal ini dapat menyebabkan kualitas benih menjadi rendah.
  • Untuk pendederan ikan mas dapat Anda lakukan pada kolam tanah. Kolam tanah dapat memacu benih lebih cepat besar dan bermutu tinggi.

sumber gambar: duniaikan, budidayaperawatan

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara memelihara ikan patin

6 Faktor Penting Cara Memelihara Ikan Patin Agar Cepat Besar

Cara memelihara ikan patin – Untuk menjalankan bisnis budidaya ikan patin, ada tiga tahapan yang …

Intip Di Sini 6 Tips Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Mas


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Intip Di Sini 6 Tips Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Mas