Halaman Depan / Perikanan / Menjepit Keuntungan Berlimpah Dari Bisnis Kepiting Soka

Menjepit Keuntungan Berlimpah Dari Bisnis Kepiting Soka

Kepiting merupakan salah satu usaha hasil perikanan yang mempunyai banyak penggemar di masyarakat. Cita rasa kepiting yang khas menjadi alasan mengapa banyak yang menyukai kepiting untuk dikonsumsi. Salah satu hal yang kadang membuat orang enggan dalam mengkonsumsi kepiting adalah memecahkan cangkangnya yang keras untuk dapat menikmati kelembutan dagingnya. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak dibudidayakan jenis kepiting dengan cangkakang yang lunak atau biasa disebut dengan kepiting soka.

kepiting soka
Olahan dari kepiting jenis soka

Dengan adanya jenis kepiting bercangkang lunak, maka hadir pula cara baru untuk menyantap jenis hewan laut ini. Anda tidak perlu repot – repot menggunakan alat pemecah cangkang kepiting atau menggigit cangkang agar pecah kemudian menikmati dagingnya. Kini daging kepiting bisa Anda nikmati beserta cangkangnya sekaligus. Cara yang sangat menarik bukan?

Jenis kepiting ini bukanlah spesies baru dari jenis kepiting yang ada. Nama kepiting soka diberikan lebih karena hasil rekayasa budidaya kepiting yang dilakukan. Pada umumnya rekayasa kepiting ini menggunakan jenis kepiting bakau yang bisa mempunyai ukuran yang sangat besar. Rekayasa kepiting soka ini dilakukan dengan cara Anda harus memotong capit dan kaki – kaki kepiting kecuali kaki yang digunakan untuk berenang. Lakukan pemotongan pada saat usia kepiting 10 – 12 hari. Proses pemotongan ini mempunyai tujuan agar kepiting melakukan pelepasan cangkang lamanya dan meregenerasinya denga cangkang yang baru. Sehingga nantinya cangkang baru akan muncul menggantikan cangkang yang lama. Proses ini lazim dikenal dengan nama proses molting.

Cangkang lama yang telah terlepas akan segera ditinggalkan oleh kepiting dan kemudian cangkang baru akan tumbuh beserta capit dan kaki – kaki yang telah dipotong. Namun cangkang baru yang tumbuh tersebut belum mengeras sempurna sehingga hal inilah yang menyebabkan cangkang menjadi sangat lunak. Setelah kepiting Anda panen, maka bilaslah kepiting soka dengan air tawar agar cangkangnya tidak mengeras. Kemudian kepiting soka Anda siap untuk dikemas dan dipasarkan.

Harga jual kepiting jenis ini terbilang stabil dan tinggi. Harga kepiting ini dipasaran berkisar antara Rp 55.000 – Rp 75.000 perkilogramnya. Harga jualnya yang tinggi serta permintaan pasar yang terus meningkat membuat kepiting soka mulai banyak dibudidayakan. Hal ini bisa Anda lihat pada sentra budidaya kepiting soka yang banyak terdapat di wilayah Sidoarjo dan Lamongan Jawa Timur. Banyak petani tambak disana yang melakukan ternak kepiting soka. Permintaan akan kepiting jenis ini banyak berasal dari pemilik restoran – restoran seafood ataupun warung – warung tenda penjual olahan seafood di kota – kota besar seperti Surabaya dan sekitanya.

kepiting soka
Keramba budidaya kepiting 

Bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan peluang usaha ini adalah dengan menjadi distributor kepiting soka. Selain menjadi pengepul hasil dari panen para petani tambak kepiting, Anda juga bisa menjadi pemasok untuk untuk restoran – restoran seafood ataupun warung – warung tenda yang mengolah seafood sebagai menu andalannya atau bisa juga Anda mendirikan rumah makan atau warung tenda untuk olahan seafood Anda sendiri.

Harga kepiting soka akan melambung sangat tinggi setelah sampai di tangan pemilik warung atau restoran seafood. Apalagi jika sudah dalam bentuk olahan atau masakan seafood dan sampai kekonsumen yang memesannya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa bisnis kepiting soka ini sangat menjanjikan dalam mendatangkan keuntungan yang besar.

Selain keunggulan dalam rasanya yang lezat, kepiting soka juga banyak diburu oleh para konsumen penggemar seafood karena memiliki gizi yang sangat tinggi, terutama kadar proteinnya. Permintaan akan kepiting soka ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan kebutuhan gizi yang juga semakin baik. Terutama setelah masyarakat mengetahui pentingnya untuk mengkonsumsi olahan dari hasil perikanan dan kelautan.

Dengan mengkonsumsi rutin hasil olahan perikanan diharapkan tingkat kesehatan masyarakat semakin meningkat dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi kepiting soka. Demikian artikel bisnis budidaya kepiting soka, semoga dapat memberikan insipirasi kepada Anda. Selamat mencoba.

Selain budidaya kepiting soka, Anda juga bisa mencoba budidaya kepiting jenis lainnya. Salah satu dari jenis kepiting yang bisa Anda budidayakan adalah kepiting bakau. Kepiting jenis ini juga banyak diburu oleh para penggemar kuliner, sehingga permintaan pasarnya terus meningkat dari hari ke hari. Untuk mengetahui prospek ternak kepiting bakau, Anda bisa memulainya dengan membaca artikel kami berikut ini. Klik di sini.

sumber gambar: bisnisnews, hargakepitingsoka, benyaminlakitan

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara memelihara ikan patin

6 Faktor Penting Cara Memelihara Ikan Patin Agar Cepat Besar

Cara memelihara ikan patin – Untuk menjalankan bisnis budidaya ikan patin, ada tiga tahapan yang …

Menjepit Keuntungan Berlimpah Dari Bisnis Kepiting Soka


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menjepit Keuntungan Berlimpah Dari Bisnis Kepiting Soka