Halaman Depan / Pertanian / Cara Menjual Online Produk Pertanian Menggunakan BBM

Cara Menjual Online Produk Pertanian Menggunakan BBM

Cara menjual online – Dulu aplikasi messenger Blackbery hanya dijadikan sebagai gaya hidup di kalangan masyarakat menengah ke atas. Dimana perangkat ponsel blackberry pada saat itu memang dijual di pasaran dengan harga yang sangat tinggi. Tapi, pada saat ini aplikasi Blackberry Messenger sudah bisa digunakan siapa saja karena aplikasi yang nama kerennya sering disebut BBM ini sudah hadir pada semua platform seperti di Android dan iOs.

Setelah resmi diliris ke Android dan iOs pada bulan oktober 2013 silam, setiap harinya jumlah pengguna BBM semakin hari semakin meningkat dan menunjukkan pertumbuhan yang cukup pesat. Bahkan di hari pertama perilisan BBM ke Google Play, lebih dari 60.000 pengguna aplikasi BBM memberikan bintang 5 pada aplikasi messenger ini. Pada tahun 2017 detik.com merilis bahwa BBM masih merajai aplikasi messenger di Indonesia dengan mengalahkan aplikasi messenger lainnya seperti WhatsApp,Line,Telegram dan Messenger Facebook. Tidak mengherankan jika pada saat ini BBM menjadi satu dari sekian banyak aplikasi chating yang digunakan oleh para pelaku bisnis online dan toko – toko online untuk mempromosikan produk – produk terbaiknya di dunia maya.

cara menjual online
Aplikasi BBM untuk jualan online

Melihat sampai saat ini jumlah pengguna Blackberry Messenger di Indonesia masih sangat banyak, maka tak ada salahnya bila Anda mencoba cara menjual online menggunakan BBM untuk produk olahan pertanian Anda. Misal jika Anda membuat produk olahan berupa keripik, kerajinan tas dan bumbu – bumbu instan maka Anda bisa menggunaka messenger ini untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Jualan online menggunakan BBM juga tidak menutup pada hasil panen seperti telur ayam atau bebek dan hasil panen tanaman budidaya lainnya. Untuk contoh penggunaan media online dalam pemasaran produk pertanian, bisa Anda klik di sini.

Berikut tips jitu yang mengupas cara menjual online menggunakan BBM

Hindari Menggunakan Display Nama “Alay”

Sebagian besar dari Anda mungkin gemar menggunakan display nama dengan menggunakan simbol atau icon – icon lucu atau menggunakan angka dan kata – kata alay agar kontak Blackberry Messengernya terlihat unik dan menarik. Namun langkah tersebut sangat tidak kami anjurkan jika Anda menggunakan akun BBM untuk mempromosikan produk olahan pertanian Anda. Kenapa bisa demikian? Sebab cara menjual online dengan gaya penulisan display nama atau toko yang alay akan mempersulit calon konsumen untuk menemukan kontak BBM Anda. Oleh sebab itu cara menjual online yang baik adalah sebaiknya Anda menggunakan display nama yang bisa memudahkan calon konsumen untuk menemukan dan menghubungi kontak BBM Anda.

Contoh: Keripik Lele Enak|081222xxxx|Pesan 10 Bungkus Diskon 10%

Bagikan Kontak BBM Anda

Cara menjual online selanjutnya adalah dengan membagikan Pin kontak BBM Anda kepada calon konsumen. Semakin banyak jumlah kontak konsumen yang ada di akun BBM maka semakin besar peluang Anda untuk mendatangkan transaksi pembelian pada setiap harinya. Oleh karena itu jangan segan – segan atau sungkan untuk membagikan kontak BBM Anda kepada setiap calon konsumen agar kesempatan untuk mendapatkan keuntungan semakin besar.

Cara menjual online selanjutnya adalah cantumkanlah selalu pin BBM Anda pada kartu nama, website toko online, brosur, facebook, twitter atau pada media lainnya yang digunakan untuk mempromosikan produk unggulan Anda. Intinya adalah semakin sering Anda membagikan kontak BBM maka semakin banyak pula kontak calon konsumen yang bisa Anda miliki.

Rajinlah Mengganti Display Gambar

Tips cara menjual online menggunakan BBM lainnya adalah Anda harus rutin untuk mengganti display gambar. Dengan seringnya Anda mengganti gambar pada display maka pemberitahuan pada beranda calon konsumen akan mengupdate informasi terbaru tentang produk Anda. Membuat orang – orang yang ada di kontak BBM mengetahui bahwa Anda sering mengupdate mengenai toko online yang Anda jalankan maka kemungkinan ada beberapa calon komsumen yang terpancing untuk menanyakan produk tersebut dan tidak menutup kemungkinan untuk akhirnya mereka tertarik dan melakukan transaksi pembelian.

Melakukan Broadcast

Melakukan broadcast dengan menggunakan BBM adalah tips cara menjual online selanjutnya yang harus Anda lakukan. Sebagai pelaku bisnis online sesekali Anda perlu mengirimkan beberapa broadcast message ke seluruh kontak yang Anda miliki. Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi upadate terbaru mengenai bisnis online Anda. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan broadcast. Buatlah konten yang benar – benar menarik dan pilihlah waktu yang tepat. Misal pada waktu istirahat siang atau sore hari dan pada waktu santai dimalam hari seperti jam 20.00 – 22.00.

Membuat Grup BBM

Cara menjual online dengan menggunakan BBM yang terakhir adalah membuat gup BBM. Untuk menambah rasa loyalitas para pelanggan, maka Anda bisa memulainya dengan membuat grup BBM untuk lebih memudahkan para pelanggan ataupun calon konsumen mengetahui informasi terbaru produk Anda. Misalnya dalam hal ini adalah Anda membuat grup jualan online dengan mengumpulkan para reseller dan droshiper yang bekerja sama membantu memasarkan produk Anda. Dengan adanya grup tersebut mereka akan lebih mudah untuk melihat koleksi produk Anda dan mereka akan merasa diistimewakan karena tidak semua kontak Anda masukkan ke dalam grup BBM tersebut.

cara menjual online
Contoh grup BBM cara menjual online

Demikian tips cara menjual online dan cara mempromosikan produk dengan menggunakan aplikasi Blacberry Messenger. Selanjutnya giliran Anda untuk segera mempraktekkan langsung cara menjual online yang kami bagikan di atas. Semoga tips bisnis online ini mampu mendatangkan transaksi penjualan yang lebih besar untuk usaha pertanian Anda. Selamat mencoba.

Untuk cara lain penggunaan media online dalam pemasaran produk pertanian bisa Anda baca di sini.

sumber gambar: belajarinternetmarketing,rochaya,google

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman lada perdu

Sukses Pembibitan Tanaman Lada Perdu Tingkat Keberhasilan 80%

Kisah sukses pembibitan tanaman lada perdu ini berasal dari Banyumas Jawa Tengah. Nasrul Majid adalah …

Cara Menjual Online Produk Pertanian Menggunakan BBM


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menjual Online Produk Pertanian Menggunakan BBM