Halaman Depan / Peternakan / Cara Beternak Ayam Kampung Dengan 2 Sistem Pemeliharaan

Cara Beternak Ayam Kampung Dengan 2 Sistem Pemeliharaan

Cara beternak ayam kampung – Beberapa hal yang meningkatkan permintaan daging ayam adalah semakin menjamurnya kuliner yang mengandalkan olahannya pada daging ayam, supermarket yang menyediakan daging ayam yang segar dan kesadaran masyarakat akan pentingginya kebutuhan gizi. Pada saat tertentu harga daging ayam cenderung mengalami kenaikan misalnya pada saat persiapan menjelang puasa Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, pada saat hari Natal,tahun baru dan hari besar lainnya. 

cara beternak ayam kampung
Cara Beternak Ayam Kampung Sistem Umbaran

Konsumsi masayarakat untuk daging ayam lebih besar jika dibandingkan dengan daging kambing dan sapi, hal ini dikarenakan harga daging ayam lebih terjangkau daripada daging hewan ternak lainnya. Menurut pusat data dan sistem informasi pertanian, permintaan akan daging ayam konsumsi rumah tangga tahun 2015 sebesar 4,50 kg/kapita/tahun dan diprediksi akan terus meningkat sebesar 1,56% atau sebesar 4,69 kg/kapita/tahun setiap tahunnya.

Peternakan ayam tentu masih menjanjikan untuk dijadikan sumber pendapatan terutama ayam kampung. Ayam kampung sendiri salah satu ayam yang disebut dengan ayam buras. Beberapa jenis ayam buras lainnya adalah ayam pelung, ayam arab, ayam bangkok, ayam katai, ayam kedu, dan ayam nunukan. Kebanyakan orang beternak ayam kampung sebagai usaha sampingan untuk menambah pendapatan dan mengisi waktu luang. Salah satu jenis ayam yang sangat berpeluang untuk di bisniskan adalah ayam arab. Ayam arab sangat berpeluang untuk Anda ternakkan, untuk tips bisnis ternak ayam arab bisa Anda baca di sini.

Akan tetapi apabila dipelajari dengan sungguh-sungguh cara beternak ayam kampung dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan dan menjadi sumber pendapatan. Secara harga ayam kampung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam ras pedaging. Hal ini dikarenakan daging ayam kampung memiliki rasa yang lebih enak dari ayam ras pedaging seperti broiler. Selain itu ayam kampung lebih organik dan pakan yang dikonsumsi oleh ayam kampung berasal dari organik yang bisa didapatkan dari alam. Dibandingkan dengan ayam broiler yang cenderung dikembangbiakkan dengan metode kimiawi.

Untuk cara beternak ayam kampung biasanya orang mengambil daging dan telurnya kemudian dijual. Cara beternak ayam kampung biasanya kebanyakan diternak dengan cara dilepaskan di alam liar dan dibiarkan mencari pakan sendiri. Penjualan ayam kampung sendiri masih tergolong sedikit dipasaran. Pada daerah pedesaan pemasaran ayam kampung biasanya dilakukan dengan cara mendatangi langsung ke peternak ayam kampung. Permintaan untuk  ayam kampung terus meningkat dan orientasi peternak ayam kampung tidak hanya pada daging saja melainkan pada telur ayam kampung yang semakin banyak dicari. Telur ayam kampung sendiri mengandung gizi dan protein yang tinggi sehingga tidak heran banyak orang yang memanfaatkannya sebagai campuran pada jamu yang dapat menambah tenaga. Melihat peluang tersebut peternak ayam kampung banyak beternak dengan cara intensif dan semi intensif.

Cara beternak ayam kampung sendiri dibagi terdiri dari beberapa cara yaitu dengan sistem umbaran dan sistem semi intensif. Jenis/tipe kandang yang digunakan pun sangat beragam sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para peternak.

Sistem Umbaran

Cara beternak ayam kampung dengan sistem ini adalah beternak dengan cara membiarkan ayam dilepaskan dan ayam lebih leluasa bergerak sesuai keinginan ayam. Cara beternak ayam kampung dengan sistem ini biasanya memudahkan peternak dalam kegiatannya karena ayam disuruh bebas untuk memilih pakannya dari alam yang sesuai dengan keinginannya dan peternak tidak terlalu repot untuk memberikan pakan. Sebaiknya kandang tetap disediakan pada sisitem ternak umbaran karena kandang berfungsi untuk tempat berlindung pada saat malam hari dan pada saat hujan turun. Kandang yang tersedia dapat dibuat dengan menggunakan kayu. Kandang yang dibuat harus sesuai dengan jumlah ayam kampung yang dimiliki.

Kelebihan dari sistem cara beternak ayam kampung ini adalah peternak dapat menekan biaya pakan karena hewan ternak mendapatkan pakannya dari alam bebas. Akan tetapi sistem ini juga memiliki kekurangan yaitu ayam akan gampang tertular penyakit dari ayam lainnya dan produktivitas daging lebih rendah. Sistem ini juga cocok dilakukan di daerah pedesaan yang memiliki pekarangan yang luas.

Kandang sebaiknya diperhatikan kebersihannya agar ayam lebih sehat dan jauh dari penyakit. Pada saat musim kawin biasanya ayam melakukan perkawinan secara alami dan ayam betina mengerami telurnya dikandang sampai menetas.

Sistem Semi Intensif

Cara beternak ayam kapung sistem ini memiliki perbedaan dengan sistem umbaran. Cara beternak ayam kampung sistem semi intensif digunakan untuk meningkatkan produktivitas daging ayam kampung itu sendiri. Sistem ini dilakukan dengan cara memberikan batasan pada umbaran. Hal ini berfungsi untuk membatasi ruang gerak pada ayam agar energi yang dikeluarkan ayam lebih sedikit dan dapat meningkatkan produktivitas daging ayam kampung. Batasan pagar dilakukan dengan cara memagari pekarangan dengan tembok keliling agar ayam tidak terlalu banyak bergerak.

Sistem cara beternak ayam kampung ini juga membutuhkan kandang ayam yang untuk tempat berlindung dari dinginnya angin pada malam hari dan guyuran air hujan pada saat musim hujan. Pembuatan kandang ayam sebaiknya dibuat sebagus dan senyaman mungkin agar ayam tumbuh dengan baik dan sehat. Sebaiknya pintu kandang menghadap matahari sehingga kandang tidak lembab. Kandang yang lembab menjadi sumber pengembangan penyakit yang mengganggu kesehatan ayam.

cara beternak ayam kampung
Cara beternak ayam kampung Sistem Semi Intensif

Wilayah umbaran perlu dicangkul agar tanah tidak terlalu padat dan cacing dapat tumbuh dengan baik dan menjadi pakan alami ayam. Untuk sistem cara beternak ayam kampung ini sebaiknya siapkan kandang koloni dengan ukuran 1×2 meter dengan tinggi 0,75 cm. Kandang dapat diisi dengan 1 ekor jantan dan 6 betina. Perkawinan biasanya terjadi beberapa hari sampai akhirnya ayam menghasilkan telur. Telur yang fertil sebaiknya dipisahkan dan dieramkan oleh ayam betina lain sedangkan yang infertil dapat diambil untuk dikonsumsi dan dijual. Untuk lebih memantapkan Anda dalam beternak ayam kampung, baca artikel kami berikut ini. Tentang bagaimana prinsip membangun bisnis ternak ayam kampung

sumber gambar: pasarpetani, pelatihanayamkampung, foodsdirect

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

pakan puyuh

Tips Membuat Pakan Puyuh Sendiri Dengan Biaya Murah

Pakan puyuh – Burung puyuh adalah salah satu jenis unggas andalan yang dapat menopang kebutuhan …

Satu komentar

  1. Oh .. Rasanya kalau berternak ayam kampung dengan sistem membiarkan ayam bebas dipekarangan rumah biasanya lebih cepat tumbuh besar didalam hal ini istilahnya sistem umbaran tetapi biasanya betina ayam kampung lebih pandai dalam mencari tempat untuk bertelur dalam hal ini tidak bisa dicampur karena betina ayam biasa tidak ingin diganggu kalau disaat prosess mentelur.

Cara Beternak Ayam Kampung Dengan 2 Sistem Pemeliharaan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =


Cara Beternak Ayam Kampung Dengan 2 Sistem Pemeliharaan