Halaman Depan / Perikanan / Potensi Besar Bisnis Pakan Ikan Yang Menguntungkan

Potensi Besar Bisnis Pakan Ikan Yang Menguntungkan

Semakin meningkatnya bisnis budidaya ikan tidak hanya memberikan keuntungan yang besar kepada pembudidayanya saja akan tetapi bisnis ini juga memberikan berkah tersendiri kepada pelaku bisnis yang bergerak disektor bisnis pakan ikan. Mengapa bisa demikian? Jawabannya sangatlah mudah karena pakan ikan adalah kebutuhan pokok yang sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis budidaya ikan.

bisnis pakan ikan
Macam pelet pakan ikan- Bisnis pakan ikan

Pakan yang sering digunakan untuk bisnis budidaya ikan biasanya adalah pelet. Setiap pembudidaya ikan pastilah membutuhkan persediaan pakan ikan yang cukup besar setiap bulannya. Tidak mengherankan jika saat ini sudah banyak pengusaha melakukan bisnis pakan ikan berupa pelet. Pebisnis ini  bermunculan karena dengan jelinya mereka menangkap peluang usaha yang cukup berpotensi ini.

Saat ini pasokan pakan ikan ke berbagai daerah di Indonesia masih terbilang sangat kurang. Selain itu jika pun ada pasokan maka harga yang ditawarkan cukuplah mahal bagi kalangan petani ikan dan semakin hari harga pakan ikan inipun semakin menanjak naik. Saat ini dipasaran harga pakan ikan bisa mencapai Rp 8.000 per kg. Menurut beberapa pengusaha bisnis pakan ikan, cenderung mahalnya harga pakan ikan di sebabkan karena para pengusaha tersebut masih mengandalkan bahan baku impor dari luar negeri. Padahal jika para pebisnis pakan ikan tersebut menggunakan bahan – bahan lokal maka harga pakan ikan bisa cenderung lebih murah dari pada harga pakan buatan pabrik besar.

Untuk menanggulangi mahalnya bahan baku impor untuk bahan pembuat pakan ikan, saat ini beberapa pelaku bisnis pakan ikan di daerah – daerah mulai mencoba menggunakan bahan baku lokal. Bahan baku lokal yang digunakan biasanya biasanya disesuaikan dengan ketersediaan dari sumber daya alam yang ada disekitar lokasi usaha yang dibuatnya. Saran dari kami adalah sebaiknya jika Anda mencoba membangun bisnis pakan ikan maka buatlah dekat dengan sentra budidaya ikan, karena selain akan lebih mudah untuk memasarkan hasil pakan ikan Anda juga lebih mendekatkan Anda dengan sumber bahan baku yang diperlukan.

Jenis pakan ikan yang diproduksi dengan menggunakan bahan – bahan lokal akan menghasilkan kualitas pakan yang tidak kalah dengan kualitas pakan dari bahan baku impor. Bahkan kadang kualitasnya bisa melebihi dari kualitas pakan dari bahan baku impor. Jenis bahan – bahan lokal yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis pakan ikan diantaranya adalah tepung ikan, jagung bingkil kedelai, dedak padi, minyak sawit, minyak ikan, mineral serta asam amino. Yang sangat terpenting dari bahan – bahan tersebut adalah kandungan proteinnya, mempunyai nutrisi yang tinggi, sangat mudah untuk diolah dan dihaluskan, terhindar dari kandungan racun serta untuk memperoleh bahan pakan ikan tersebut cukup mudah.

Agar bisnis pakan ikan yang Anda produksi mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap ikan, maka proses peramuan pakan ikan berbeda – beda untuk masing – masing jenis ikan atau komposisi bahan – bahan yang dibutuhkan akan berbeda dan menyesuaikan jenis ikan yang Anda budidayakan. Misal jika Anda melakukan budidaya ikan nila dan ingin menghemat biaya produksi pembuatan pakan ikan maka Anda bisa membaca artikel kami berikut ini sebagai referensi pakan. Baca di sini

Untuk gambarannya akan kami berikan 5 garis besar pembuatan pakan ikan berupa pelet ikan. 5 garis besar tersebut adalah sebagai berikut:

  • Untuk masing – masing bahan baku dapat Anda haluskan dengan menggunakan mesin penghalus. Bahan baku bisnis pakan ikan dapat menggunakan ikan sebagai bahannya.
  • Setelah bahan baku pakan ikan telah halus, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengayakan. Pengayakan dilakukan untuk memisahkan bahan yang masih kasar dan bahan yang telah halus.
  • Setelah proses pengayakan selesai, maka bahan yang telah halus atau telah menjadi tepung kemudian Anda takar sesuai dengan komposisi masing – masing. Setelah Anda takar maka langkah selanjutnya adalah mencampur bahan – bahan dengan menggunakan mesin mixer.
  • Agar aroma pakan ikan dapat keluar maka Anda bisa mengkukusnya di dalam alat piranti steam.
  • Setelah semua proses dilakukan maka proses selanjutnya adalah membentuk pakan ikan menjadi pelet. Untuk mempermudah proses pembentukan pakan menjadi pelet, Anda bisa menggunakan mesin cetak pelet yang banyak dijual di pasaran.
  • Langkah terakhir dari proses pembuatan pakan ikan adalah proses pendinginan. Proses pendinginan dilakukan dengan menggunakan alat blower. Dengan menggunakan blower maka proses pengeringan dapat berlangsung dengan cepat sehingga Anda dapat dengan cepat segera memasarkan pakan ikan yang telah dibuat.
bisnis pakan ikan
Kandungan bahan lokal untuk pakan ikan

Jika Anda tinggal pada lokasi dekat dengan sentra budidaya ikan maka kami menyarankan untuk mencoba bisnis pakan ikan ini. Selain lebih memudahkan untuk memasarkan hasil olahan pakan ikan Anda keuntungan lainnya adalah Anda bisa mendapatkan bahan baku bisnis pakan ikan dengan harga yang sangat murah. Jagalah kualitas pakan ikan Anda, sehingga petani ikan yang telah mencoba pakan Anda akan kembali membeli stok pakan ikannya kepada Anda. 

Bisnis pakan ikan ini cocok Anda coba untuk dijadikan usaha yang sangat menguntungkan. Semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi Anda semua dan selamat mencoba. Selain pelet ada beberapa jenis pakan yang bisa Anda gunakan untuk pengganti pelet. Baca di sini jenisnya. 

sumber gambar: talitakum, tokomaksindo, google

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara memelihara ikan patin

6 Faktor Penting Cara Memelihara Ikan Patin Agar Cepat Besar

Cara memelihara ikan patin – Untuk menjalankan bisnis budidaya ikan patin, ada tiga tahapan yang …

Potensi Besar Bisnis Pakan Ikan Yang Menguntungkan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Potensi Besar Bisnis Pakan Ikan Yang Menguntungkan