Halaman Depan / Peternakan / Prospek Cerah Dari Beternak Ayam Potong Baca Di Sini

Prospek Cerah Dari Beternak Ayam Potong Baca Di Sini

Siapa yang tidak suka akan daging ayam? Hampir semua masyarakat Indonesia sangat menyukai aneka olahan dari daging ayam. Dari hal diatas maka bisa Anda simpulkan bahwa berbisnis ternak ayam, terutama beternak ayam potong merupakan peluang usaha yang sangat cerah untuk dikembangkan. Seperti apa sih gambaran tentang usaha ternak ayam yang sukses mendatangkan pundi – pundi rupiah? Baca di sini artikelnya.

beternak ayam potong
Beternak ayam potong dengan ayam broiler

Konsumen Ayam

Sebagian besar masyarakat sangat menyukai daging ayam. Konsumen daging ayam ini meliputi anak – anak, remaja hingga orang tua. Selain itu banyak sekali usaha kuliner dan restoran yang memakai daging ayam sebagai bahan baku untuk menu andalannya. Sehingga Anda dapat menjualnya melalui konsumen perorangan ataupun melalui kerjasama dengan usaha – usaha kuliner yang menggunakan bahan baku daging ayam. Selain itu Anda juga bisa menjual bibit ayam potong ini sebagai pemasukan tambahan Anda jika ada masyarakat yang ingin memulai bisnis beternak ayam potong.

Informasi Produk

Jenis ayam yang umunya digunakan untuk beternak ayam potong adalah jenis ayam broiler atau ayam ras pedaging. Ayam ras jenis pedaging tersebut merupakan jenis ras unggulan hasil persilangan dari jenis ayam yang mempunyai produktifitas tinggi. Terutama dalam memproduksi daging ayam. Selain itu ayam broiler juga memiliki kelebihan waktu panen yang cepat, yaitu sekitar 5 – 6 minggu Anda sudah bisa memanennya. Dengan keunggulan waktu dari pemeliharaan yang cukup relatif singkat maka banyak para pebisnis baru serta peternak musiman yang mulai bermunculan untuk beraktivitas beternak ayam dan mencari keuntungan besar dalam beternak ayam potong.

Bagi Anda yang ingin memulai beternak ayam potong ini maka persiapan sarana, prasarana dan peralatan haruslah dilakukan dengan maksimal. Adapun hal – hal yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

Persiapan kandang

Sistem kandang ayam potong ideal yang bisa Anda gunakan untuk beternak ayam potong adalah:

  • Temperatur kandang diusahakan berkisar antara 32 – 35oC dan kelembaban antara 60 – 70%.
  • Penerangan atau pemanasan kandang disesuaikan dengan aturan standar ternak ayam.
  • Tata letak kandang agar selalu mendapat sinar matahari pagi dan tidak melawan arah mata angin kencang.
  • Model kandang dalam bisnis ayam potong bisa Anda sesuaikan dengan umur ayam. Untuk anakan dengan usia 2 minggu sampai 1 bulan bisa menggunakan kandang model box. Untuk ayam remaja dengan usia 1 bulan – 3 bulan Anda bisa menggunakan kandang model box dengan ukuran yang lebih besar dan untuk usia ayam dewasa maka Anda bisa menggunakan tipe kandang postal ataupun tipe kandang baterai.

Peralatan Beternak Ayam Potong

  • Alas lantai (litter)

Alas lantai atau litter usahakan harus selalu dalam kondisi kering. Maka dari itu pastikan tidak ada atap yang bocor dan air hujan tidak masuk ke dalam kandang walaupun angin berhembus dengan kencang. Idelanya tebal alas lantai setinggi 10 cm. Bahan yang bisa Anda gunakan sebagai litter adalah campuran dari kulit padi atau sekam dengan ditambahkan sedikit kapur dan pasir secukupnya. Anda bisa juga menggunakan serutan kayu dengan panjang antara 3 – 5 cmsebagai pennganti sekam.

  • Brooder atau indukan ayam

Brooder adalah alat dengan bentuk bulat atau persegi empat dengan areal jangkauan seluas 1 – 3 m dan mempunyai alat pemanas di tengahnya. Fungsi alat ini adalah sebagai indukan ayam yang bisa menghangatkan anak ayam ketika baru saja menetas.

  • Tempat makan dan minum serta tempat grit

Untuk tempat makan dan minum harus Anda sediakan dengan jumlah yang cukup. Untuk bahan tempat makan dan minum Anda bisa menggunakan dari bahan apa saja asalkan kuat, tidak mudah bocor dan tidak mudah berkarat. Untuk tempat grit bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko – toko peternakan.

Pembibitan

Ternak yang Anda pelihara dalam bisnis ayam potong haruslah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Keadaan ternak sehat dan tidak terdapat cacat pada fisiknya
  2. Pertumbuhan dan perkembangan berjalan normal dan tidak ada kendala
  3. Ternak berasal dari bibit yang unggul
  4. Bersih dari lekatan tinja pada anusnya

Tips Pemilihan Bibit dan Calon Indukan

Ada beberapa cara atau teknis dalam memilih bibit/DOC/ayam umur sehari, yaitu:

  1. Pastikan DOC berasal dari indukan yang sehat
  2. Bulu halus dan penuh serta pertumbuhannya baik
  3. Tidak ada cacat pada tubuh DOC
  4. Anak ayam mempunyai nafsu makan yang baik
  5. Mempunyai ukuran badan yang normal dan ukuran berat antara 35 – 40 gram
  6. Tidak ada kotoran yang melekat pada anus

Keuntungan Usaha Beternak AyamPotong

Beternak ayam potong adalah salah satu peluang usaha yang menghasilkan omset dengan margin keuntungan yang cukup besar. Maka sangat tidak mengherankan jika usaha ini sangat banyak diminati oleh para pebisnis pemula. Selain itu dalam menjalankan beternak ayam potong tidak akan banyak menyita waktu, sehingga tidak akan mengganggu kegiatan sehari – hari Anda.

Kekurangan Usaha Beternak Ayam Potong

Kekurangan dari bisnis ayam potong adalah diperlukannya teknik dan pengetahuan yang tepat tentang beternak ayam potong. Kegiatan usaha ayam potong ini tidaklah mudah karena Anda harus mengetahui takaran untuk makanan, minum serta ukuran kandang yang ideal untuk pertumbuhan ternak ayam secara maksimal. Anda juga harus memperhatikan kebersihan dari lingkungan ternak ayam, karena penyakit seperti flu burung dan penyakit ayam lainnya dapat memberikan ancaman kepada usaha ternak ayam Anda.

Pemasaran Ternak Ayam Potong

Untuk melakukan pemasaran usaha beternak ayam potong Anda, maka Anda bisa mulai dengan dari mulut ke mulut. Selain itu Anda juga bisa bekerja sama dengan usaha pemotongan ayam atau bisa juga menitipkan bibit ayam ke penjual bibit ayam. Tapi perlu Anda ingat untuk selalu memperhatikan perbandingan anak ayam yang dijual dengan stok yang diternakkan. Sehingga usaha Anda tidak kehabisan stok bibit ayam untuk diternakkan.

beternak ayam potong
Kandang untuk beternak ayam potong

Kunci Sukses

Dibutuhkan keahlian khusus untuk merawat anakan ayam sehingga menjadi ayam dewasa yang siap dipanen. Disamping itu dalam membangun kandang ayam potong usahakan jauh dari pemukiman warga agar usaha Anda tidak mengganggu kenyamanan warga sekitar. Untuk analisis usaha sederhana usaha ayam potong, bisa Anda baca pada artikel berikut ini. Klik di sini

sumber gambar: investasiuntung, tribun, singularination

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

inseminasi buatan pada sapi

4 Cara Wajib Merawat Ternak Setelah Inseminasi Buatan Pada Sapi

Pada inseminasi buatan pada sapi, kunci sukses inseminasi buatan selain kesehatan reproduksi ternak yang baik …

Prospek Cerah Dari Beternak Ayam Potong Baca Di Sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prospek Cerah Dari Beternak Ayam Potong Baca Di Sini