Halaman Depan / Perikanan / Kisah Sukses-Bisnis Ikan Hias Mas Koki Yang Membawa Hoki

Kisah Sukses-Bisnis Ikan Hias Mas Koki Yang Membawa Hoki

ikan hias mas koki adalah jenis ikan hias yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Dengan bentuk badan khas bulat, bentuk sirip melebar bahkan ada beberapa yang memiliki jambul maka Anda akan sangat mudah mengenali jenis ikan ini. Ikan hias mas koki ini banyak sekali dikembangbiakkan di Negara Jepang dan Cina. Namun ada juga beberapa jenis ikan mas koki yang dibudidayakan di Belanda. Ikan jenis ini dikenal dengan jenis ikan Oranda dengan nama asli Hollanda. Sedangkan untuk wilayah Indonesia sendiri, ikan mas koki mempunyai sentra budidaya di daerah Magelang Jawa Tengah.

Kisah sukses kali ini adalah kisah seorang pria bernama Sunaryadi. Bapak Sunaryadi ini berasal dari daerah Yogyakarta dan beliau sudah melakukan budidaya ikan mas koki ini selama 7 tahun. Budidaya ini dilakukan di pekarangan rumah beliau. Bapak yang biasa dipanggil Yadi ini mempunyai lima jenis koleksi ikan hias mas koki, antara lain jenis Ranchu, Butterfly, Mutiara, Ryukin dan Oranda.

Beliau mulai berkecimpung dalam bisnis ikan mas koki ini dimulai sejak tahun 2006. Yadi memilih untuk membudidayakan ikan hias mas koki karena biaya operasional yang dikeluarkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan budidaya ikan konsumsi. Sebelum terjun dalam budidaya ikan mas koki, Bapak Yadi sudah dilebih dulu mencoba peruntungannya dalam bisnis ikan hias jenis Beta atau Cupang. Seiring jalannya waktu, beliau akhirnya membudidayakan ikan hias mas koki.

ikan hias mas koki
Kolam pemeliharaan ikan mas koki

Awal memelihara ikan mas koki beliau belajar dari sahabat – sahabatnya yang telah terbiasa terjun dalam kontes – kontes ikan mas koki di Yogyakarta. Dari situlah ia banyak mendapatkan pengetahuan tentang cara budidaya ikan mas koki. Ditambah dengan pengalaman beliau dalam memperlakukan jenis ikan hias lainnya maka ia pun berani untuk mencoba untuk membudidayakan ikan hias mas koki dan memelihara ikan mas koki dengan berbagai macam jenis.

Berkat ketekunan dan kesabarannya dan diiringi dengan doa kepada Tuhan YME, beliau pun akhirnya sukses untuk membudidayakan ikan mas koki. Dengan keberhasilannya tersebut maka langkah selanjutnya yang beliau ambil adalah memasarkan ikan hias mas koki hasil dari budidayanya. Pada awalnya langkah pemasaran yang dilakukan oleh Pak Yadi adalah dengan menawarkan ikan hias mas kokinya kepada pedagang – pedagang ikan hias. Menurut beliau pemasaran seperti itu adalah hal yang wajar untuk memulai perjuangan sebuah usaha.

Hingga pada akhirnya beliau akhirnya kewalahan untuk memenuhi pesanan dari para pedagang ikan hias tersebut. Kendala pada saat itu adalah lahan budidaya yang beliau gunakan masih sangatlah kurang dan pembudidaya ikan hias mas koki di Yogyakarta masih sangat jarang dalam menggeluti bisnis ini. Sehingga para pedagang hias yang sudah menjadi langganan tetap beliau akhirnya bersabar  untuk mendapatkan ikan mas koki miliknya.

Kini, bapak satu putra ini mempunyai lahan yang luas untuk budidaya ikan hias mas kokinya. Bapak Yadi biasanya menerima orderan dari para pedagang ikan hias dengan jumlah berkisar antara 500 – 1.000 ekor. Selain itu beliau juga mempunyai pelanggan setia yang memesan ikan hias mas koki miliknya untuk dipelihara sendiri atau untuk dikonteskan. Yadi biasanya menjual harga ikan mas koki sesuai dengan grade tersendiri. Untuk kalangan penggemar ikan hias mas koki Grade A atau kualitas terbaik biasanya beliau menjual ikan mas koki tersebut dikisaran harga rata – rata mencapai 100 ribu rupiah per ekornya. Untuk ikan mas koki dengan Grade A ini memang banyak dikejar oleh penggemar ikan hias mas koki untuk dikonteskan. Bahkan beliau pernah menjual ikan hias mas kokinya yang pernah memenangi kontes ikan hias seharga satu juta rupiah.

Saat ini untuk lebih mengembangkan usahanya lagi beliau masih terkendala modal. Menurut pengakuan beliau, saat ini keuntungan yang didapatkannya baru bisa menyentuh angka 2 juta rupiah per bulannya. Dengan keuntungan bersih yang diperoleh mencapai 1,5 juta rupiah.

Perawatan yang relatif mudah dan tidak terlalu rumit, dengan tingkat reproduksi yang tinggi dan biaya operasional yang rendah adalah alasan utama mengapa Bapak Yadi fokus untuk terjun dan mengembangkan usaha bisnis budidaya ikan mas koki ini. Walaupun beliau juga mengembangkan budidaya ikan hias jenis lainnya, namun beliau mengakui bahwa budidaya ikan hias mas koki ini sangatlah menjanjikan.

ikan hias mas koki
Pemanenan ikan mas koki

Semoga kisah sukses cara budidaya ikan mas koki dari Bapak Sunaryadi ini bisa memberikan inspirasi kepada Anda yang sedang mencari usaha sampingan atau sedang mencari sebuah bisnis dengan peluang keuntungan yang besar. Jangan ragu untuk mencoba atau melangkah untuk melakukan sebuah usaha atau melakukan sebuah bisnis. Salam sukses untuk Anda semua dan selamat mencoba. Untuk artikel tentang ikan lainnya Anda bisa membacanya di bawah ini.

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

pembenihan ikan mas

Intip Di Sini 6 Tips Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Mas

Dari sekian banyak jenis ikan air tawar yang ada di Indonesia, ikan mas adalah salah …

Kisah Sukses-Bisnis Ikan Hias Mas Koki Yang Membawa Hoki


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kisah Sukses-Bisnis Ikan Hias Mas Koki Yang Membawa Hoki