Halaman Depan / Peluang Usaha / Prospek Cerah Budidaya Kurma Di Indonesia | Wajib Baca!

Prospek Cerah Budidaya Kurma Di Indonesia | Wajib Baca!

Menurut seorang pakar buah dari Bogor yaitu DR Mohammad Reza Tirtawinata MS, Indonesia sangat berpeluang untuk melakukan budidaya kurma tropis. Hal ini karena kondisi dari agroklimat di Indonesia sangat mirip dengan Thailand. Pendapat tersebut dibenarkan oleh Mukhsin manajer dari Jonggol Farm.

Prospek Cerah Budidaya Kurma Di Indonesia | Wajib Baca!

Jonggol Farm adalah perkebunan yang terletak di Kabupaten Bogor, perkebunan ini mengambil peluang tersebut untuk melakukan budidaya kurma. Perusahaan ini menanam 180 bibit kurma hasil kultur jaringan. Bibit yang didatangkan oleh Jonggol Farm sangat bervariasi mulai dari barhee dan jarvis dari Inggris.

Budidaya kurma yang dilakukan Jonggol Farm dilakukan pada lahan seluas 0,8 hektar dengan menggunakan jarak tanam 8mx8m. Mukhsin berujar bahwa saat ini umur pohon yang ditanam sudah berusia 3 tahun dan beliau memperkirakan tanaman kurma tersebut akan menghasilkan buah 2 tahun lagi atau pada saat umur pohon berusia 5 tahun pasca tanam.

Masih kata Mukhsin, bahwa Jonggol farm mulai melakukan budidaya kurma karena terinspirasi dari keberhasilan perkebunan di Thailand. Petani-petani di Thailand bisa maraup untung hingga 900 jt/tahun hanya dari budidaya kurma ini. Anda bisa membaca kisah dari kesuksesan petani – petani kurma Thailand  di sini.

Peluang Besar Budidaya Kurma di Indonesia

Saat ini di Indonesia kebun kurma masih sangat sedikit. Salah seorang pekebun kurma yang mencoba peruntungannya adalah Mahdi Muhammad. Bekerja sama dengan Bank Indonesia, beliau membudidayakan kurma sekitar 1.200 pohon di Nangroe Aceh Darussalam. Selain di Aceh beliau juga menanam pohon kurma jenis lulu, tunisa, mabrum, deglet nor dan barhee di Provinsi Riau.

Mahdi dan Bank Indonesia melakukan budidaya kurma sebanyak 500 pohon yang tersebar luas di komplek perkantoran dan perumahan di Riau. Tanaman kurma tersebut tersebar di kantor gubernur Riau, kantor bupati, kantor walikota dan perguruan tinggi. Mahdi mengatakan bahwa perkebunan kurma di Indonesia belum berkembang dengan pesat karena banyak petani yang masih mempercayai bahwa tanaman kurma tidak cocok ditanam di Indonesia.

Peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain(Batipalma) Kota Manado Ir Ismail Maskromo MS mengatakan bahwa tanaman kurma bukanlah tanaman asli Indonesia, sehingga tidak termasuk dalam mandat Badan Penelitian dan Pengembangan.

Akan tetapi Ismail menyambut positif jika ada pekebun yang ingin melakukan budidaya kurma. “Jika Thailand saja bisa melakukan budidaya kurma secara massal maka Indonesia pun bisa melakukannya” tambah Ismail. Beliau menambahkan bahwa Indonesia bisa berpotensi sebagai negeri penghasil kurma. Beberapa pohon kurma di beberapa daerah juga berhasil berbuah seperti di Bandung dan Medan.

Ismail menyarankan agar buah kurma berproduksi optimal para pekebun harus memperhatikan kualitas bibit yang mereka gunakann dalam budidaya kurma, jenis kelamin dari pohon dan agroklimat wilayah. Selain itu budidaya kurma hendaknya menggunakan bibit hasil perbanyakan vegetatif seperti kultur jaringan dan pemisahan anakan. Cara perbanyakan bibit kurma dengan vegetatif dan kultur jaringan dapat Anda baca di sini.

Kedua cara perbanyakan diatas dapat menurunkan sifat unggul indukan yang sama persis. Sejumlah wilayah yang bisa berpotensi dilakukan budidaya kurma adalah Indramayu, Sumbawa, dan Labuanbajo.

Pasar Kurma Yang Besar

Bagaimana dengan pangsa pasar kurma di Indonesia? Menurut direktur program sekolah bisnis Institut Pertanian Bogor Dr ir Arief Daryanto MEC, kurma adalah komoditas yang bernilai tinggi dengan prospek pengembangan yang cerah. Peluang untuk mengedepankan produk eksklusif ini didukung oleh meningkatnya pendapatan dan mulai bergesernya kebutuhan konsumen.

Indonesia adalah pangsa pasar yang potensial untuk kurma karena sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar masyarakat Indonesia sangat menggemari kurma.

Selama ini keberadaaan kurma di Indonesia sangat mudah dijumpai. Dari pasar – pasar tradisional sampai pasar modern. Sebagai contoh pemilik toko kurma di Tanahabang Jakarta, pemilik toko yang bernama padri mengaku mampu menjual kurma kering  sebanyak 900 kg selama bulan Ramadan. Sementara diluar bulan tersebut Pardi mampu menjual sebanyak 500 kg perbulannya.

Untuk dapat meningkatkan nilai jual, sejumlah pedagang kurma mendirikan toko – toko kurma eksklusif. Bateel Indonesia contohnya. Toko eksklusif kurma yang terdapat di Senayan City Jakarta Pusat ini sangat memanjakan konsumen dengan tata ruangan yang nyaman, klasik serta elegan.

Bateel menjual 15 jenis kurma dengan kualitas premium dan kemasan yang elegan. Bateel Indonesia mengimpor langsung kurma dari Bateel yang berada di Dubai. Biasanya pada saat menjelang Ramadan Bateel Indonesia mengimpor 3 ton buah kurma.

Jenis kurma yang paling banyak diburu konsumen Bateel adalah jenis kurma ajwa. Jenis ini dibanderol dengan harga yang fantastis yaitu Rp 750.000 per kg. Namun, produk tersebut tetap saja laris manis walaupun dibanderol dengan harga yang tinggi. Menurut Manajer Bateel Indonesia, Herawati mengatakan bahwa Bateel mampu menjual 300 kg kurma ajwa pada saat bulan Ramadan tiba.

Lain lagi di Toko Thamra, waralaba asal Arab Saudi ini mampu menjual 10 ton pada saat bulan Ramadan tiba. Thamra yang terletak di Jakarta Timur ini menjual kurang lebih 10 ton kurma pada saat Ramdan dan 4 – 5 ton pada bulan – bulan di luar bulan Ramadan. Kemudahan para pelaku dagang dalam menjual produk kurma ini menyebabkan nilai impor meningkat setiap tahunnya.

Badan Pangan Dunia atau FAO mencatatkan bahwa Indonesia adalah negara kesembilan terbesar di dunia yang mengimpor kurma pada tahun 2012. Namun dengan keunggulan pangsa pasar yang besar ditunjang juga dengan agroklimat wilayah yang  menunjang maka posisi itu bisa saja berbalik arah. Indonesia tetap mempunyai peluang untuk menjadi produsen kurma. Sehingga kebutuhan di dalam negeri cukup dipasok dari para pekebun di tanah air ini.

sumber prospek budidaya kurma: trubus

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

Kurma Tropis

Gila! Ternyata Budidaya Kurma Tropis Bisa Untung 900 Juta/Tahun

Kurma Tropis – Berbeda dengan menu sarapan keluarga lain, keluarga Muaimin Iqbal setiap paginya sering …

Prospek Cerah Budidaya Kurma Di Indonesia | Wajib Baca!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prospek Cerah Budidaya Kurma Di Indonesia | Wajib Baca!