Halaman Depan / Perikanan / Prospek Cerah Yang Menjanjikan Dari Bisnis Ikan Gurame

Prospek Cerah Yang Menjanjikan Dari Bisnis Ikan Gurame

Budidaya ikan gurame masih menjadi pilihan bagi peternak pemula yang ingin terjun dalam budidaya ikan. Selain mempunyai prospek yang cerah dan masih stabil, untuk cara budidayanya pun sangatlah mudah dan tidak membutuhkan keahlian dalam penanganan khusus. Dalam artikel kali ini kami akan berikan kisah sukses yang menginspirasi dari Bapak Hamdani. Bapak Hamdani adalah pelaku bisnis ikan gurame yang ada di Yogyakarta. Beliau meneruskan jejak bisnis gurami yang dikelola oleh anaknya, kini Bapak Hamdani yang juga seorang  pamong desa bisa mengelola bisnis guramenya dengan nama gurame jogja.

bisnis ikan gurame
Panen ikan gurame

Di kediaman beliau yang berada di Desa Pandes Wonokromo Pleret Bantul beliau bercerita bahwa menyukai  dunia budidaya ikan sejak saat masih sekolah. “Sejak dahulu saya sangat menyukai ikan, saya dulu sering menangkap ikan dengan cara memancing. Memancing adalah hobi saya” kata Bapak Hamdani. Saat ini selain mengabdi kepada masyarakat sebagai pamong desa, beliau juga disibukkan oleh bisnis ikan gurame yang sedang digelutinya. Baik itu bisnis telur gurame, pembibitan gurame sampai dengan pembesaran ikan gurame.

Sebelum Anda melanjutkan membaca artikel bisnis ikan gurame, ini untuk menambah pengetahuan tentang ternak gurame, Anda bisa membaca dulu artikel kami tentang cara lengkap ternak ikan gurame. Klik di sini

Pada awalnya bisnis gurami Bapak Hamdani dijalankan oleh putranya yang bernama Fitria Yulianto. Tanpa sepengetahuan beliau bisnis ini ternyata berkembang dengan sangat pesat. Mulai dari sinilah awal dirintisnya usaha ikan gurame beliau dimulai. Setelah bisnis ikan gurame ini berjalan dengan waktu yang lama, budidaya gurame yang dijalankan putra beliau semakin menunjukkan hasil yang signifikan dalam mendapatkan keuntungan. Hingga pada akhirnya beliau tertarik mencoba untuk belajar dan terjun langsung dalam budidaya ikan gurame ini. Saat putra beliau diterima kerja pada sebuah instansi pemerintah, maka Bapak Hamdanilah yang kini mengelola lansung bisnis budidaya ikan gurame tersebut.

Setelah bisnis ikan gurame beliau mulai berkembang dengan pesat, gurame jogja kini mulai melebarkan pemasarannya dengan menggunakan media online atau internet pada tahun 2006. Ternyata dengan pemasaran menggunakan media internet, Bapak Hamdani merasa cara tersebut sangat efektif dalam mendatangkan keuntungan.  Pemasaran dengan media online dirasakan oleh beliau sangat efektif karena kebanykan dari konsumen gurame jogja mengaku mendapatkan informasi tentang gurame jogja berasal dari internet.

Dengan semakin banyaknya order yang diterima dari berbagai wilayah di Indonesia, Bapak hamdani mengaku masih kesulitan untuk memenuhi stok permintaan tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa langkah penting beliau lakukan antara lain dengan menambah jumlah dari kolam untuk proses pembibitan dan proses pembesaran budidaya ikan gurame. Kolam tersebut beliau buat disekitar rumah yang beliau tempati. Harapan Bapak Hamdani adalah dengan semakin banyak kolam yang beliau buat, maka bisnis ikan gurame jogjanya mampu memenuhi segala kebutuhan dari permintaan para konsumen yang semakin meningkat.

Dalam membuat kolam untuk bisnis ikan gurame, Anda bisa membuat kolam budidaya dengan menggunakan terpal sebagai bahan dasarnya. Kolam terpal dikenal lebih menghemat lahan dan perawatannya pun sangatlah mudah. Sehingga penggunaan kolam terpal sangat cocok bagi Anda yang seorang pemula dalam bisnis budidaya gurame. Untuk informasi ternak ikan gurame menggunakan kolam terpal, Anda bisa membacanya di artikel kami berikut ini. Klik di sini.

Sudah berbagai macam wilayah yang menjadi pelanggan bisnis ikan gurame beliau. Pelanggan gurame jogja mencakup daerah Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara. Bahkan saat ini bisnis ikan gurame Bapak Hamdani perlahan tapi pasti sudah memenuhi permintaan order pemesanan dari Negara Taiwan dan Singapura.

bisnis ikan gurame
Kolam ikan gurame

Jika Anda tertarik untuk melakukan budidaya ikan gurame seperti Bapak Hamdani maka Anda bisa memulainya dengan membaca artikel kami tentang cara budidaya ikan gurame dengan hasil panen maksimal.

Sungguh ini adalah sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Karena keuntungan yang didapatkan dari bisnis ikan gurame ini berkisar  rata – rata 4 juta rupiah perbulannya. Jangan ragu untuk memulai suatu bisnis atau peluang usaha, karena jika Anda tidak berani untuk memulainya maka Anda tidak akan pernah berhasil. Untuk artikel tentang ikan gurame lainnya Anda bisa membacanya di bawah ini. 

sumber gambar: bibitikan, hobinatang,satujam

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

pembenihan ikan mas

Intip Di Sini 6 Tips Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Mas

Dari sekian banyak jenis ikan air tawar yang ada di Indonesia, ikan mas adalah salah …

2 komentar

  1. pakan ikan gurame yang paling baik apa aja pak ?

    • admin-infoagribisnis

      Untuk jenis pakan gurame ideal paling baik berupa pelet dengan kandungan konsentrat legkap pak. Bisa didapatkan di kios ternak pak. terima kasih

Prospek Cerah Yang Menjanjikan Dari Bisnis Ikan Gurame


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prospek Cerah Yang Menjanjikan Dari Bisnis Ikan Gurame