Halaman Depan / Perikanan / Usaha Ikan Lele-Tips Peluang Bisnis Produk Olahan Lele

Usaha Ikan Lele-Tips Peluang Bisnis Produk Olahan Lele

Bisnis usaha ikan lele pada saat ini telah menjadi salah satu prospek usaha yang sangat menguntungkan. Tidak hanya pada bisnis ikan lele saja yang menghasilkan keuntungan besar, akan tetapi bisnis olahan ikan lele pun juga cukup memberikan penghasilan yang cukup besar bagi para pelaku usaha yang terjun ke dalamnya. Oleh karena itu bagi Anda seorang pemula yang ingin mencoba untuk berbisnis usaha ikan lele ataupun hasil olahannya maka jangan ragu lagi untuk menggelutinya.

usaha ikan lele
Hasil olahan ikan lele berupa Nugget-Usaha ikan lele

Pada saat ini usaha ikan lele mempunyai berbagai macam variasi, dimulai dari yang sederhana berupa menu pecel lele. Dimana menu pecel lele ini adalah menu idola dari berbagai lapisan masyarakat, hingga kemudian mucul ide – ide kreatifitas yang menghasilkan berbagai macam menu olahan ikan lele unik yang seperti kerupuk lele, dendeng lele, abon lele, mangut lele sampai menu rumahan berupa nugget lele.

Konsumen Ikan Lele

Dengan melimpahnya hasil panen lele, kadang membuat harga jual dari ikan lele menjadi rendah. Sehingga ikan ini lebih banyak dinikmati oleh kalangan masyarakat bawah dikarenakan harganya yang sangat terjangkau. Akan tetapi, dengan semakin berkembangnya inovasi dalam hal pengelolaan  usaha ikan lele menjadi makanan yang unik, enak serta kemasan yang cantik mampu meningkatkan nilai jual ikan lele di pasaran.

Maka sangat tidak mengherankan jika pada saat ini produk olahan ikan lele mempunyai penggemar yang sangat luas dikalangan masyarakat Indonesia. Yang pada awalnya tidak menyukai ikan lele kini mulai mengkonsumsi hasil olahan ikan lele berupa abon lele, kerupuk lele, keripik tulang lele, nugget lele hingga mangut lele kalengan yang bisa dijadikan buah tangan yang praktis.

Kunci Sukses Usaha Ikan Lele Anda

Setelah Anda melihat akan minat pasar yang begitu besar terhadap budidaya lele ataupun produk olahan ikan lele maka langkah pertama yang harus Anda pikirkan adalah memulai untuk menjalankan bisnis usaha ikan lele tersebut. Berikut beberapa tips sukses sederhana dalam menjalankan bisnis usaha ikan lele:

  • Untuk bahan baku ikan lele maka sebaiknya Anda bisa memulai untuk mencari ikan lele segar langsung dari tempat budidaya yang ada di sekitar lokasi usaha Anda atau Anda bisa melakukan ternak lele sendiri untuk menyediakan bahan bakunya. Ternak lele sangatlah mudah, untuk memulai ternak lele Anda bisa membaca artikel kami berikut ini: Cara ternak lele bagi pemula.
  • Langkah selanjutnya adalah Anda bisa memulai mencoba resep olahan baru untuk usaha ikan lele Anda. Buatlah produk olahan yang masih jarang di pasaran sehingga hal tersebut dapat menarik minat dari para konsumen. Jika Anda belum mempunyai ide atau inovasi produk olahan lele maka Anda bisa memilih salah satu dari menu olahan yang sudah ada dan beredar di pasaran untuk ditekuni sebagai peluang usaha, seperti kerupuk lele, keripik lele, abon lele maupun nugget lele.
  • Langkah ketiga yang harus Anda perhatikan adalah kualitas dari produk yang dihasilkan. Hendaknya Anda harus selalu menjaga dan memperhatikan kualitas dari rasa dan penampilan atau kemasan dari produk. Sehingga diharapkan nantinya hasil dari produk yang dijual sesuai dengan harga jual yang Anda tawarkan.
  • Langkah terakhir adalah hal yang paling menentukan yaitu strategi pemasaran yang Anda gunakan. Walaupun bisnis olahan usaha ikan lele dengan menu yang unik masih memiliki pangsa pasar yang luas akan tetapi jika tidak diimbangi dengan strategi pemasaran yang tepat akan membuat produk olahan Anda tidak akan dikenal oleh konsumen. Strategi pemasaran sederhana yang bisa Anda gunakan adalah dengan menitipkan produk Anda ke toko oleh – oleh ataupun supermarket yang ada dilingkungan sekitar Anda. Untuk menjangkau pasaran dengan jangkauan yang lebih luas lagi, Anda bisa memanfaatkan penjualan dengan media sosial atau internet. Untuk membantu Anda dalam dalam melakukan pemasaran dengan media online, Anda bisa membaca artikel kami berikut ini: 4 Cara Pemasaran Hasil Pertanian Menggunakan Media Online.

Dengan menggunakan media online maka Anda bisa menjual produk olahan lele Anda dengan menjangkau semua daerah dan menarik minat dari masyarakat daerah untuk menjadi agen atau distributor dari produk Anda. Strategi pemasaran lainnya adalah Anda bisa mengikuti berbagai macam acara – acara pameran untuk membantu memperkenalkan produk Anda ke pasaran.

usaha ikan lele
Abon lele- salah satu produk olahan ikan lele

Dengan keempat kunci sukses usaha ikan lele  di atas semoga dapat membantu menciptakan peluang bisnis lele yang dapat mendatangkan keuntungan yang besar kepada Anda. Peluang usaha dapat dimulai dari mana saja yang terpenting jangan pernah menyerah dan lelah untuk mencoba peluang yang ada. Selamat mencoba.

sumber gambar: ibudanbalita, tirtasejahterasingogalih, prsluhkkp

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya lobster air tawar

Peluang Usaha Budidaya Lobster Air Tawar Intip Disini Peluangnya

Budidaya lobster air tawar – Lobster umumnya dikenal sebagai makanan laut yang memiliki cita rasa …

Usaha Ikan Lele-Tips Peluang Bisnis Produk Olahan Lele


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Usaha Ikan Lele-Tips Peluang Bisnis Produk Olahan Lele