Halaman Depan / Pertanian / Yuk Intip 10 Jenis Macam Macam Tanaman Hidroponik Ini

Yuk Intip 10 Jenis Macam Macam Tanaman Hidroponik Ini

Macam macam tanaman hidroponik – Hidroponik merupakan suatu metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan penggunaan nutrisi dan mineral pada tanaman sehingga dapat tumbuh subur dan lebih sehat. Dengan menggunakan sistem berkebun hidroponik ini, dimana saja Anda membudidayakan macam macam tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan baik selama asupan nutrisi air serta mineralnya terpenuhi. Lalu macam macam tanaman hidroponik apa saja yang cocok untuk ditanam dengan menggunakan sistem ini?

artikel hidroponik lainnya: Media Tanam Hidroponik Sederhana Baca Di Sini

Macam macam tanaman hidroponik yang dapat Anda budidayakan diantaranya yaitu tanaman buah-buahan dan sayuran. Hampir semua jenis tanaman pada dasarnya dapat di tanam dengan hidroponik. Konsep dalam berkebun hidroponik bukan hanya sekedar yang penting tumbuh, namun hidroponik mengangkat konsep user friendly serta mempunyai perputaran (recurrung) yang cepat. Berikut ini macam macam tanaman hidroponik yang dapat Anda budidayakan di pekarangan rumah.

Buncis

Buncis merupakan macam macam tanaman hidroponik pertama yang kami bahas. Kandungan gizi yang dimiliki oleh buncis seperti vitamin A, B, C dan protein nabati inilah yang menjadikan buncis dikenal oleh masyarakat luas. Buncis juga merupakan tanaman yang mudah hidup, itu sebabnya kebanyakan petani di Indonesia lebih memilih membudidayakan tanaman buncis ini. Selain itu permintaan buncis juga cukup tinggi sehingga para petani meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pembudidayaannya dengan menggunakan hidroponik.

Bayam

Macam macam tanaman hidroponik kedua adalah bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran daun atau sayuran hijau yang paling sering dijumpai di masyarakat baik dipasar maupun di warung-warung penjual sayuran. Bayam sangat populer di Indonesia sebab memiliki kandungan gizi yang terbilang sangat luar biasa. Kandungan gizi yang di miliki sayuran ini diantaranya adalah sebagai yaitu magnesium, protein, kalsium, dan serat.

macam macam tanaman hidroponik
Macam macam tanaman hidroponik – Tanaman bayam

Brokoli

Brokoli merupakan jenis tanaman yang serupa dengan Kol dan memiliki banyak kandungan nutrisi penting didalamnya. Tanaman ini umumnya tumbuh pada ketinggian 800-1000 mdpl. Seiring perkembangan teknologi pertanian, tanaman ini dapat dibudidayakan di mana saja mulai dataran tinggi hingga dataran rendah. salah satu teknologi pertanian yang tidak memandang musim dan ketinggian suatu tempat adalah menggunakan hidroponik. Tanaman ini sangat baik untuk budidaya hidroponik.

Selada hijau

Selada merupakan salah satu jenis tanaman sayuran daun yang dapat dibudidayakan di daerah dengan iklim sedang ataupun iklim tropis. Selama ini jenis tanaman selada sering dijadikan rajanya salad, sebab sayuran ini memiliki tekstur yang halus. Daun selada biasanya dikonsumsi secara mentah dan umumnya ditemukan pada salad hamburger.

Permintaan selada di pasar sangatlah tinggi, oleh karena itu menanam selada adalah salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Selada juga sangat cocok ditanam dengan budidaya hidroponik dan hasil yang diperoleh juga lebih baik, lebih renyah serta lebih efisien dalam pembudidayaannya.

Kailan

Kailan merupakan jenis sayuran yang mirip dengan sayuran sawi, sayuran ini tidak sepopuler sawi di dunia kuliner. Sebab kuliner saat ini lebih familiar dengan jenis sayuran sawi dan kangkung. Kailan atau yang lebih bayak dikenal dengan sebutan brokoli China ini berasal dari negara China. Sayuran ini memiliki daun serta batang yang tebal berwarna hijau. Bunga dari tanaman ini sering diolah menjadi berbagai jenis masakan terutama masakan yang di tumis.

Kangkung

Kangkung merupakan jenis  sayuran daun atau sayuran hijau yang sangat populer di Indonesia. Sayuran kangkung ini sangat mudah didapatkan, baik di pasar, warung sayuran bahkan pedagang sayuran keliling pun sering menyediakan sayuran ini sebagai menu dagangan mereka. Untuk mendapatkan sayuran kangkung ini Anda juga dapat menanam sendiri, sebab pada dasarnya budidaya tanaman sayuran kangkung ini sangat mudah apa lagi jika menggunakan hidroponik. Tanaman ini juga mudah tumbuh dan dapat dilakukan oleh siapa saja meskipun Anda bukanlah seorang petani yang mengerti banyak tentang tanaman.

Pare

Pare merupakan jenis sayuran buah yang merambat, buah pare berwarna hijau serta memiliki rasa yang sangat pahit. Yang mengherankan adalah pare dengan rasa yang pahit ini sangat digemari di Indonesia. Hal ini disebabkan pare memiliki kandungan gizi yang terbilang sangat luar biasa diantaranya yaitu vitamin A, vitamin C, zat besi dan fosfor.

Apabida dibudidayakan dengan menggunakan teknik budidaya hidroponik yang sesuai, maka tanaman ini dapat menghasilkan buah pare sebanyak 10 kg /tanaman. Jenis tanaman ini tergolong tanaman yang paling produktif apabila dibandingkan dengan jenis sayuran yang lainnya.

Pakcoy

Pakcoy merupakan salah satu jenis sayuran daun yang tergolong dengan sayuran jenis sawi. Sayuran ini dikatakan sebagai sawi sendok sebab bentuk dari tanaman ini menyerupai sendok. Pakcoy dapat digunakan sebagai bahan pembuatan sop atau sebagai garnis makanan

Sawi hijau

Sawi merupakan salah satu dari macam macam tanaman hidroponik yang sangat familiar. Kebutuhan sawi di pasar terus meningkat, hal ini membuat sebagian besar petani berfikir cara memenuhi kebutuhan pasar yang kian hari terus meningkat. Salah satu caranya adalah meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam budidaya sawi, caranya yaitu dengan membudidayakan sawi menggunakan hidroponik.

Terdapat berbagai macam jenis sayuran sawi yang dapat Anda budidayakan dengan menggunkan hidroponik, namun jenis sawi yang paling mudah serta paling efisien yaitu jenis sawi hijau. Tentunya apabila ada cara yang mudah serta lebih mengguntungkan mengapa tidak di coba ?

Timun

Timun atau ketimun merupakan jenis sayuran buah yang paling banyak di jumpai di di warung-warung makan di Indonesia. Baik itu sebagai lalapan, maupun dibuat manisan ataupun dibuat sebagai acar. Timun dapat dibudidayakan dengan berbagai teknik atau metode. Namun untuk meingkatkan efektifitas serta efisiensi, disarankan menggunakan hidroponik.

Macam macam tanaman hidroponik
Macam macam tanaman hidroponik – Timun hidroponik

Demikian 10 macam macam tanaman hidroponik yang biasa dibudidayakan. Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi kepada Anda untuk berkebun hidroponik.

artikel terkait hidroponik: 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik, Cek Di Sini

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam sawi putih

Cara Menanam Sawi Putih Ini Hasilnya Bikin Untung Besar

Cara menanam sawi putih – Sawi putih atau dikenal dengan nama lain petsai adalah tanaman …

Yuk Intip 10 Jenis Macam Macam Tanaman Hidroponik Ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Intip 10 Jenis Macam Macam Tanaman Hidroponik Ini