Halaman Depan / Pertanian / 5 Langkah Mudah Cara Tanam Cabe Hidroponik Bagi Pemula

5 Langkah Mudah Cara Tanam Cabe Hidroponik Bagi Pemula

Cara tanam cabe hidroponik – Belakangan ini harga cabe di Indonesia sangat tinggi, oleh sebab itu kebanyakan orang berlomba-lomba menanam cabe dengan berbagai teknik budidaya. Salah satu cara tanam cabe yang dibilang cukup efisien adalah menggunakan hidroponik. Namun, tidak semua orang yang menanam cabe dengan hidroponik bertujuan untuk menjualnya. Akan tetapi ada beberapa orang menanam tanaman cabe hidroponik dengan tujuan supaya tidak perlu membeli cabe di pasar mengingat harga cabe yang melambung tinggi.

artikel hidroponik lainnya: Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Agar Tidak Rusak

Cara tanam cabe hidroponik cukup mudah untuk dipelajari dan dikerjakan. Terdapat beberapa langkah dalam cara tanam cabe hidroponik, diantaranya sebagai berikut.

Persiapan benih cabe

Benih tanaman cabe hidroponik sangat mudah didapat di toko-toko tanaman ataupun toko pertanian. Dalam cara tanam cabe hidroponik, cabe apa saja yang dapat di hidroponikan dalam cara tanam cabe hidroponik? Cabe memang memiliki banyak jenis seperti cabe rawit, cabe merah, cabe pelangi, cabe keriting dan sebagainya. Jenis cabe juga berpengaruh terhadap tingkat kepedasan dari buah cabe itu sendiri. Yang menarik dari cara tanam cabe hidroponik yaitu apapun jenis cabe yang Anda ditanam cara penanamannya tetap sama. Oleh karena itu Anda dapat memilih jenis cabe apapun sesuai selera Anda untuk ditanam dengan menggunakan hidroponik.

Penyemaian benih cabe

Penyemaian pada cara tanam cabe hidroponik serupa dengan penyemaian secara konvensional. Adapun langkah-langkah penyemaian benih cabe dalam cara tanam cabe hidroponik adalah sebagai berikut:

  • Rendam benih tanaman cabe hidroponik yang hendak disemaiakan, perendaman bertujuan supaya dapat mempercepat proses perkecambahan. Pilih benih yang tenggelam dan buanglah benih yang mengambang.
  • Bungkus benih cabe dalam kain basah selama seharian, hal ini bertujuan supaya benih cepat berkecambah. Apabila kecambah sudah mulai muncul segera lakukan penyemaian.
  • Penyemaian dapat dilakukan pada tanah maupun media hidroponik seperti sekam bakar atau sabut kelapa.
  • Penyemaian dapat Anda lakukan dengan cara ditaburkan kemudian disirami dengan sprayer supaya tidak menenggelamkan benih cabe tersebut. Taburi benih dengan tanah halus atau media hidroponik lainnya hingga tertutupi.
  • Pastikan persemaian ini tidak mendapat sinar matahari secara langsung. Anda dapat menutupnya atau membuatkan atap paranet diatas persemaian tersebut.
  • Lakukan penyiraman setiap pagi hari hingga bibit tumbuh dan siap dipindah tanamkan. Jangan terlalu banyak air saat menyirami, sebab bibit yang baru tumbuh masih sangat rentan terjadi pembusukan apabila terlalu banyak mendapat asupan air.

Transplanting atau pemindahan bibit cabe

Transplanting merupakan suatu proses cara tanam cabe hidroponik yaitu pemindahan bibit dari media penyemaian menuju media yang digunakan untuk pertumbuhan tanaman. Dalam cara tanam cabe hidroponik Anda harus menunggu daun semu hingga menjadi daun sejati barulah dapat dipindahkan ke media tanam yang hidroponik. Hal ini dimaksudkan supaya perakaran tanaman budidaya cabe hidroponik Anda sudah cukup kuat dan tanaman cabe tidak mudah layu.

cara tanam cabe hidroponik
Proses pindah tanam cabe hidroponik

Media tanam cabe

Jika bibit sudah siap untuk dipindah tanamkan, maka persiapkan media tanam untuk pertumbuhan cabe. Siapkan wadah berupa pot atau polibag dan sebagainya. Kemudian isilah dengan menggunakan media yang porous. Misal, sekam bakar yang telah dicampur dengan hidroton, zeloit, pecahan kerikil, pecahan genting, atau hanya sekam saja juga sudah cukup. Sedangkan untuk cara tanam cabe hidroponik, Anda dapat menggunakan sistem wick, deep water culture, polybag atau sistem pot yang penyiramannya dilakukan setiap hari.

Untuk penyemprotan pada budidaya cabe hidroponik dapat Anda lakukan dengan menggunakan pupuk daun. Pupuk daun berguna untuk memenuhi kebutuhan unsur hara mikro pada tanaman cabe. Penyemprotan dapat dilakukan setiap seminggu sekali. Jika tanaman telah memasuki fase generatif, lakukan penyemprotan dengan menggunakan pupuk buah. Berikut beberapa pupuk buah yang dapat Anda gunakan  misalnya gandasil A/B, baifolan, POC, growmore, supergrow atau nasa.

artikel hidroponik: Cara Menanam Hidroponik Sawi, Baca Di Sini

Pemberian nutrisi cabe

Faktor utama yang sangat berpengaruh dalam cara tanam cabe hidroponik adalah pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman cabe hidroponik yaitu nutrisi berupa Nitrogen, Fosfor, Kalium (NPK). Akan tetapi jika komposisinya kurang tepat maka akan berdampak pada tanaman. Misal jika kelebihan nitrogen maka tanaman dapat mengalami kemandulan atau tidak berbuah. Namun jika kekurang nitrogen, tanaman akan mudah layu dan ahirnya akan mati.

Bagi Anda yang belum terbiasa bertanam cabe atau kurang mengerti tentang ilmu pertanian, mungkin bertanam cabe hidroponik akan terasa sulit. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab saat ini sudah ada nutrisi hidroponik untuk sayuran buah untuk berbagai tanaman buah seperti cabe, tomat, ketimun, semangka, melon dan sebagainya. Nutrisi hidroponik ini di desain khusus untuk tanaman buah sehingga tanaman cabe dapat tumbuh dengan baik.

Lakukan pengecekan secara rutin pada masa pertumbuhan, hal ini dilakukan untuk menjaga kebutuhan nutrisi supaya tetap terpenuhi. Selain itu pengecekan dilakukan supaya tanaman cabe tetap terbebas dari serangan hama dan penyakit. Pastikan ketersediaan larutan nutrisi pada tanaman cabe tidak sampai habis atau mengering. Apabila nutrisi hidroponik sudah mulai menipis, segera lakukan pengisian kembali.

Kesehatan tanaman juga perlu diperhatikan supaya terbebas dari berbagai hama dan penyakit. Hama dan Penyakit yang lazim menyerang tanaman cabe adalah tungau, busuk daun, antraknosa, kutu daun, ulat dan sebagainya. apabila tanaman sudah mulai terserang cukup parah maka segera buang bagian tanaman yang terserang supaya tidak cepat menyebar.

cara tanam cabe hidroponik
Sistem hidroponik sederhana – cara tanam cabe hidroponik

Dengan perawan yang baik maka pertumbuhan tanaman juga akan baik, dan hasilnya pun akan baik. Tanaman budidaya cabe hidroponik Anda dapat berbuah dan dapat dipanen setelah menginjak 2-3 bulan setelah tanam.

Peluang usaha hidroponik: Wow, Peluang Usaha Hidroponik Raih Keuntungan 50 Juta / bulan

sumber gambar: kingbain, kampoengilmu

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

Kurma Tropis

Gila! Ternyata Budidaya Kurma Tropis Bisa Untung 900 Juta/Tahun

Kurma Tropis – Berbeda dengan menu sarapan keluarga lain, keluarga Muaimin Iqbal setiap paginya sering …

5 Langkah Mudah Cara Tanam Cabe Hidroponik Bagi Pemula


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Langkah Mudah Cara Tanam Cabe Hidroponik Bagi Pemula